Senin , 15 Juli 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Anak Muda Wajib Tau, 5 Cara Mengontrol Keuangan Habis Gajian

uang

Madingmu.com – Kesehatan finansial merupakan hal yang perlu diupayakan. Tidak perlu menunggu hingga tua untuk menaruh perhatian pada kesehatan finansial. Sebab, semua itu dapat dimulai Ketika kamu masih muda. Bahkan, disaat usia muda lah hal ini dapat diupayakan dan berpotensial menjadikan banyaknya sumber daya yang dapat dimaksimalkan.

Oleh karena itu, para anak muda, sudah harus dan diwajib kan untuk mengontrol keuangan pribadi sebaik mungkin agar tujuan ke depannya dapat dengan mudah tercapai, dilansir dari laman Harvard Business Review, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol keuangan pribadi:

  1. Membuat anggaran cukup jelas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat anggaran. Tujuannya membuat anggaran ini adalah untuk melacak dan menggambarkan secara akurat bagaimana kondisi keuangan kamu. Lakukan dengan rinci dan realistis setiap rencana pengeluaran nya.

Dengan demikian, kamu dapat mengetahui tentang seberapa banyak uang yang dimiliki, dibelanjakan, dan yang dapat disimpan. Hal ini merupakan langkah realistis untuk menuju kebebasan finansial. Untuk membuat anggaran ini, kamu dapat memanfaatkan program seperti Google Spreadsheet, software, ataupun Microsoft Excel.

  1. Jujur pada diri sendiri

Perlunya melihat kembali setiap dana yang dialokasikan dalam memenuhi kebutuhan. Misalnya, kondisi yang masih terlilit hutang. Hal itu berarti pengeluaran kamu lebih besar dari pada pendapatan. Di sisi lain mungkin karena kamu menjadi bagian dari generasi sandwich yang artinya menanggung anggota keluarga lain dalam hidup.

Dalam kondisi apapun itu, tentu saja kondisi yang dapat diupayakan adalah menambah sumber penghasilan. Untuk mendapat tambahan penghasilan Saat ini banyak sekali peluang yang bisa dilakukan seperti seperti menjadi freelancer dan dapat bekerja dari mana saja.

Apabila kamu belum mendapatkan tambahan penghasilan, maka cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi pengeluaran. Salah satu pengalokasian dana yang dapat ditekan adalah biaya sewa tempat tinggal. Mungkin kamu dapat mengambil keputusan untuk pindah ke tempat tinggal baru yang lebih terjangkau.

  1. Membuat dana darurat

Membuat dana darurat sangat lah ini penting? Hal ini bertujuan agar lebih efektif dalam mengurangi tekanan finansial. Oleh sebab itu,  berusahalah menyisihkan sebagian pendapatan sebagai dana darurat. Hal ini dapat dilakukan secara konsisten.

Semisal terjadi kondisi yang tidak diinginkan yang membutuhkan besaran dana tertentu, maka dana darurat dapat dialokasikan. Hal ini juga turut menghindarkan kamu dari kemungkinan berhutang

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan yang Simpel untuk Generasi Milenial dan Gen Z, Yuk Merapat!

  1. Melacak kemauan yang dibuat

Setelah kamu merencanakan keuangan dengan baik dan mulai mempraktikkannya, maka kamu pun penting untuk melakukan tracker terkait kemajuan yang telah dibuat. Misalnya saja, jumlah tabungan yang meningkat, hutang yang sedikit demi sedikit terbayar dan lainnya. Dengan mengetahui setiap progress keuangan yang terjadi, dapat membantu meningkatkan motivasi dan mengurangi stres terkait kondisi finansial yang sedang dialami.

  1. Konsultasi keuangan

Bukan sebuah rahasia lagi jika saat ini telah tersedia berbagai macam layanan profesional seperti konsultan keuangan. Hal ini dapat dijadikan salah satu tujuan untuk mendapatkan perencanaan keuangan yang bagus. Terlebih lagi jika sudah merasa stagnan dan butuh masukan yang didasari pada ilmu keuangan yang jelas. Oleh karenanya, jangan ragu untuk datang dan meminta bantuan pada jasa seperti ini.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.