Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

Untuk Daftar Beasiswa, Lebih Baik Pakai TOEFL atau IELTS? Ini Dia Penjelasannya

3 Keuntungan Jadi Mahasiswa Aktif Selagi Kuliah 1

Madingmu.com – Mendaftar beasiswa ke luar negeri diperlukan beberapa dokumen penting. Salah satunya ialah sertifikat bahasa Inggris. Sertifikat bahasa Inggris memiliki banyak jenisnya. Misalnya yang umum digunakan adalah TOEFL dan IELTS. Akan tetapi dari kedua jenis ini, mana sih yang lebih baik digunakan untuk mendaftar beasiswa? Perlu diketahui dulu bahwa TOEFL atau Test of English as a Foreign Language memiliki banyak jenis tes nya.

Sementara itu, IELTS atau International English Language Testing System adalah tes untuk bahasa Inggris dengan aksen British.

Mana Yang Lebih Baik Untuk Beasiswa?

Dari kedua tes tersebut, mana yang lebih baik untuk mendaftar beasiswa? Dilansir dari laman bimbingan belajar bahasa Inggris untuk persiapan ke luar negeri, Titik Nol English, berikut merupakan penjelasannya.

  1. Tujuan Studi di Kawasan Asia

Jika tujuan studi kamu adalah di kawasan Asia, calon mahasiswa bisa menggunakan TOEFL ITP. Jenis tes ini masih diterima di kawasan Asia. Selain TOEFL ITP, TOEFL iBT, dan IELTS Academic sebagai persyaratan.

TOEFL memiliki beberapa jenis dan skor yang berbeda. Berikut adalah jenis TOEFL beserta kisaran skornya :

  • TOEFL PBT (Paper Based Test): 200-600
  • TOEFL CBT (Computer Based Test): 0-300
  • TOEFL iBT (Internet Based Test): 0-120
  • TOEFL ITP (Institutional Testing Program): 310-677
  • TOEFL Prediction: 200-600

TOEFL ini banyak dipilih oleh mahasiswa karena bahasa Inggris yang digunakan aksennya lebih sering didengar.

  1. Tujuan Studi di Luar Asia

Untuk tujuan studi di luar Asia biasanya persyaratan bahasa Inggris yang umum adalah TOEFL iBT dan IELTS Academic. IELTS adalah tes bahasa Inggris berstandar internasional yang digunakan untuk keperluan studi, bekerja, dan imigrasi ke negara-negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utama nya.

IELTS memiliki dua jenis tes yaitu :

  • IELTS Academic : digunakan untuk keperluan studi dan beasiswa keluar negeri
  • IELTS General Traininge : digunakan untuk keperluan pekerjaan, pelatihan, dan imigrasi

Terkadang universitas di luar negeri juga menerima sertifikat kemampuan bahasa Inggris lain, seperti sertifikat Duolingo, TOEIC, GMAT, PTE, dan CAE.

  1. Tujuan Beasiswa Dalam Negeri

Beasiswa dalam negeri seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) biasanya menerima sertifikat TOEFL ITP sebagai persyaratan. Atau, kamu juga bisa menggunakan IELTS Academic jika kamu punya sertifikat tes ini.

  1. Tujuan Working Holiday Visa

Working Holiday Visa atau WHV adalah jenis visa yang bisa kamu gunakan untuk berlibur sambil bekerja di luar negeri. WHV memerlukan IELTS General Training sebagai salah satu persyaratan.

  1. Tujuan Persyaratan Kerja

Sebagian pekerjaan memerlukan jenis tes bahasa Inggris sebagai salah satu persyaratannya. Untuk yang satu ini kamu bisa menggunakan semua jenis tes bahasa Inggris, termasuk TOEFL Prediction.

Namun, terkadang beberapa perusahaan mengecualikan TOEFL prediction sebagai persyaratan.

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Karena kedua tes ini sama-sama menguji kemampuan berbahasa Inggris, kamu perlu tahu perbedaannya selain dari pada pengertian yang ada di atas.

  1. Biaya tes
  • Untuk biaya IELTS lebih mahal, yaitu kisaran Rp 3 juta. Sama halnya dengan TOEFL iBT juga berkisar di harga tersebut. Untuk TOEFL PBT, CBT, dan ITP, harganya berkisar di angka Rp 500.000.
  • Untuk TOEFL Prediction lebih murah, yaitu mulai dari Rp 50.000 saja.
  1. Bahasa Inggris Yang Digunakan

IELTS menggunakan British English, sedangkan TOEFL menggunakan American English. Ada perbedaan ejaan, aksen, dan idiom di antara keduanya. Jadi, jika keperluan kamu adalah pergi ke UK, kamu bisa mempersiapkan IELTS. Jika ke Amerika, siapkan TOEFL.

  1. Durasi Tes
  • TOEFL memiliki durasi yang lebih panjang, yaitu hampir 4 jam.
  • IELTS memiliki durasi sekitar 2 jam 45 menit.
  1. Sesi Reading
  • Tes TOEFL memberikan sekitar 3-5 teks bacaan dengan pilihan ganda.
  • Tes IELTS memberikan 3 teks bacaan dengan beberapa tipe pertanyaan.
  1. Sesi Speaking
  • TOEFL yang terdapat sesi speaking adalah TOEFL iBT. Di tes ini sesi speaking dilakukan dengan cara merekam jawabanmu dengan fitur yang tersedia di komputer.
  • IELTS mengharuskan kamu berbicara secara langsung selama 12-14 menit dan temanya adalah menceritakan tentang diri sendiri dan beberapa topik diskusi.
  1. Sesi Writing
  • TOEFL mengharuskan kamu menulis esai berdasarkan cuplikan audio yang diberikan. Kamu harus menulis esai yang berhubungan dengan audio tersebut. Selain itu, kamu juga harus menuliskan opini atau pengalaman pribadi mengenai sebuah topik.
  • IELTS kamu diharuskan menjelaskan informasi dari informasi visual, seperti diagram, grafik, dan gambar-gambar yang memuat informasi. Selanjutnya kamu juga harus menulis sebuah esai dengan menanggapi argumen atau permasalahan terkait sudut pandang.
  1. Sesi Listening
  • TOEFL iBT, kamu akan mendengarkan cuplikan audio berupa percakapan dan pengajaran dengan durasi 40-60 menit. Setelah itu kamu harus mencatat semua informasi penting yang ada dalam teks tersebut.
  • IELTS, kamu harus mendengarkan berbagai jenis cuplikan audio pendek dan kamu harus menjawab pertanyaan secara langsung sambil mendengar cuplikan audio.

Itulah penjelasan mana yang lebih baik buat daftar beasiswa antara TOEFL dan IELTS serta perbedaannya. Semoga membantu.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan184
Editor's Pick1149
Terpopuler1108
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.