Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Yuk Cobain! 5 Tips Menabung untuk Beli Hewan Kurban

hvCwd5SF5UajWy5lJfzU 1

Madingmu.com – Tidak terasa Hari Raya Idul adha akan segera tiba. Satu hal yang sangat identik dengan Hari Raya Idul adha ini adalah kurban. Tidak heran jika banyak orang yang menyebutnya juga sebagai Hari Raya Kurban.

Dilansir dari NU Online Hukum berkurban adalah sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dikuatkan. Oleh karenanya, berkurban adalah hal yang sangat dianjurkan.

Hal ini diperkuat oleh Hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah shalllallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Siapa yang memiliki kemampuan untuk berkurban, tetapi ia tidak mau berkurban, maka sesekali janganlah ia mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)”.

Mengingat keutamaan dan anjuran berkurban ini, tentu nya kita dapat berupaya semampu kita. Salah satunya adalah dengan menabung untuk membeli hewan kurban. Untuk kamu yang mungkin masih galau atau bingung dengan kiat-kiat menabungnya seperti apa, simak penjelasan di bawah ini.

  1. Menentukan Target dan Jadwal Menabung

Canva Savings Tracker on Brown Wooden Surface 1

Tentukanlah jenis hewan kurban yang ingin dibeli beserta estimasi harganya. Setelah itu, buatlah jadwal menabung yang realistis.

Untuk pemilihan jenis hewan kurban sendiri, kamu bisa menentukan apakah sapi, kambing, domba, kerbau, ataupun hewan lainnya yang masih masuk kategori hewan kurban. Kemudian buat jadwal menabung, misalnya selama 12 bulan. Jangan lupa untuk menentukan jumlah yang harus ditabung setiap bulannya.

  1. Membuat Anggaran Bulanan

Cara Membuat Anggaran Bulanan 2023 11 24

Untuk membuat anggaran bulanan, pertama-tama kamu perlu menganalisis pengeluaran. Caranya dengan mencatat semua pengeluaran bulanan kemudian lihat area atau bagian yang bisa dihemat.

Setelah menganalisis pengeluaran, lanjutkan dengan menyisihkan dana menabung di awal. Caranya dengan memisahkan dana menabung sebelum menggunakan sisa uang untuk keperluan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membuat tabungan atau rekening khusus untuk hewan kurban.

  1. Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

pemasukan

Kita semua paham bahwa yang namanya menabung memang butuh effort tersendiri. Salah satunya adalah kesanggupan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Mengapa ini penting? Karena dengan mengurangi pengeluaran, kamu bisa menambahkan nominal lebih ke dalam Tabungan. Oleh karena itu hindarilah pengeluaran yang impulsif.

Hal ini bisa kamu siasati dengan membuat daftar belanja sebelum perlu ke toko atau supermarket. Kemudian, hindari belanja online tanpa rencana. Selain itu, cobalah untuk menghemat pengeluaran rutin. Memasak di rumah dan menggunakan transportasi umum saat bepergian dapat menjadi beberapa cara strategis untuk menghemat.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Cari Uang Tambahan di Internet Seperti Apa

Mencari penghasilan tambahan guna mempercepat tercapainya target tabungan. Misalnya dengan mencari pekerjaan paruh waktu atau freelance, menjual barang bekas yang tidak terpakai dan lainnya.

Semakin banyak tambahan penghasilan yang bisa didapatkan, hal ini berpotensi dalam mempercepat proses menabung. Alhasil, target menabung untuk membeli hewan kurban bisa lebih cepat dari yang direncanakan.

  1. Memanfaatkan Program Kelompok Tabungan

Tabungan ib kelompok

Mengikuti kelompok tabungan atau semacam arisan bisa menjadi salah satu cara efektif lho untuk menabung secara disiplin. Cobalah untuk membentuk kelompok tabungan dengan teman atau keluarga. kemudian, tentukan aturan dan jadwal penyetoran bersama. Selain membuat uang terkumpul, kamu juga bisa mendapatkan motivasi dan semangat untuk terus menabung karena dilakukan bersama-sama dengan orang-orang bertujuan sama.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.