Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Manfaat I’tikaf di Bulan Ramadan dan Tata Caranya

Niat dan Amalan amalan Itikaf di Masjid

Madingmu.com – Selama bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk beribadah sebanyak-banyaknya demi mendapatkan pahala. Salah satunya adalah dengan melakukan i’tikaf atau berdiam dalam masjid disertai niat dan puasa. Karena manfaat i’tikaf di bulan Ramadan sangat besar, seperti membantu menghapus dosa.

Dilansir dari laman detiknews, i’tikaf di bulan Ramadan paling afdol apabila dilakukan pada sepuluh malam terakhir untuk menyambut malam Lailatul Qadar.

Manfaat I’tikaf di Bulan Ramadan

Sebagaimana penjelasan pada sebelumnya, i’tikaf di bulan Ramadan bisa mendatangkan keberkahan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat i’tikaf di bulan Ramadan.

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Salah satu manfaat i’tikaf di bulan Ramadan adalah sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pasalnya, ibadah sunah ini dilakukan dengan memperbanyak bacaan zikir serta salat sunah.

Hal ini bertujuan untuk mengagungkan kebesaran-Nya, sehingga bisa menjadi bentuk upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  1. Taat kepada Ajaran Rasulullah

Keutamaan i’tikaf di bulan puasa berikutnya adalah sebagai bentuk ketaatan kepada ajaran Rasulullah. Sebab, Rasulullah menganjurkan kepada umat Islam untuk melakukan i’tikaf selama 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

  1. Dimohonkan Ampun oleh Malaikat

Manfaat i’tikaf di masjid pada bulan Ramadan selanjutnya adalah malaikat akan memohonkan ampun kepada orang-orang yang berdiam di masjid untuk menunggu waktunya salat dalam kondisi suci.

  1. Menghapus Dosa

Manfaat i’tikaf di bulan Ramadan lainnya adalah menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Sebab, selama melakukan i’tikaf, umat Islam akan mengharapkan pahala dengan terus berdoa dan berzikir. Hal ini bisa membuat dosa-dosa yang telah lalu diampuni.

  1. Dijauhkan dari Api Neraka

Keutamaan i’tikaf di bulan Ramadan berikutnya adalah berkesempatan untuk dijauhkan dari api neraka. Selama melakukan i’tikaf dengan mengharap rida Allah SWT, maka setiap Muslim akan dijauhkan dirinya dari api neraka.

Tata Cara Itikaf di Bulan Puasa

Setelah mengetahui sejumlah keutamaan i’tikaf di masjid selama bulan Ramadan, kamu juga perlu memahami tata caranya. Nah, Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk melakukan i’tikaf pada 10 hari terakhir bulan puasa.

Terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi umat Islam sebelum melakukan i’tikaf, antara lain.

  • Islam.
  • Berakal.
  • Suci dari haid, nifas, dan junub.
  • Membaca niat.
  • Berdiam di masjid.

Apabila syarat-syarat di atas sudah tercukupi, kamu bisa membaca niat i’tikaf terlebih dulu.

“Nawaitu; i’tikafa fi hadzal masjidil lillahi ta’aala”

Artinya: “Saya berniat melakukan i’tikaf di masjid karena Allah SWT.”

Setelah membaca niat, dianjurkan untuk memperbanyak bacaan zikir, salawat, membaca tafsir dan Alquran, maupun amalan-amalan lainnya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.