Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineKilas Pendidikan

8 Sistem Pendidikan di Berbagai Negara, Mana yang Terbaik?

pexels max fischer 5212345
Foto oleh Max Fischer: https://www.pexels.com

madingmu.com – Budaya berpikir generasi di setiap negara terkait dengan sistem pendidikan yang mendasarinya. Beberapa negara memiliki sistem pendidikan terbaik karena mereka meluluskan generasi dengan budaya berpikir yang unggul.
Memang, setiap sistem pendidikan memiliki kekuatan dan tantangannya sendiri, yang mencerminkan konteks budaya, sosial, dan ekonomi masing-masing negara.

Pendidikan itu sendiri memiliki arti yang sangat penting bagi individu dan masyarakat luas.

Terlepas dari lokasi geografis atau latar belakang budaya yang berbeda, sangat penting untuk mempertahankan dan memelihara sistem pendidikan untuk memastikan pelestarian dan peningkatan pengetahuan, seperti yang dikutip dari India Today.

Negara-Negara Nordik Dikenal dengan Sistem Pendidikan Terbaik

Sejauh ini, negara-negara Nordik seperti Finlandia, Denmark, Swedia, dan Norwegia dikenal memiliki sistem pendidikan yang baik di seluruh dunia.

Hal ini dikarenakan, di negara-negara tersebut, pendidikan berfokus pada siswa dan pembelajaran individual. Hasilnya, setiap individu memiliki kemampuan berpikir yang unggul dengan karakteristiknya masing-masing.

Dalam pemeringkatan yang dibuat oleh New Jersey Minority Educational Development (NJ MED) pada tahun 2023, Denmark berhasil menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Menyusul di peringkat kedua adalah Korea Selatan, dan peringkat ketiga adalah Belanda.

Berikut ini adalah ulasan untuk melihat perbedaan sistem pendidikan di berbagai negara.

8 Sistem Pendidikan di Berbagai Negara:

1. Sistem Pendidikan Finlandia

Finlandia tidak hanya dikenal sebagai negara paling bahagia di dunia, tetapi juga salah satu negara dengan pendidikan terbaik.

Sistem pendidikan Finlandia dikenal dengan fokusnya pada kesejahteraan siswa, kesempatan yang sama, dan pembelajaran individual. Hanya ada sedikit penekanan pada pengujian standar, dan guru memiliki otonomi yang signifikan di kelas.

2. Sistem Pendidikan Denmark, Swedia, dan Norwegia

Negara-negara Nordik lainnya seperti Denmark, Swedia, dan Norwegia juga dikenal dengan sistem pendidikan mereka yang sangat baik. Negara-negara ini memprioritaskan akses yang sama terhadap pendidikan, kesejahteraan siswa, dan pembelajaran praktis. Mereka menekankan kreativitas, pemikiran kritis, dan kolaborasi.

3. Sistem Pendidikan Belanda

Di Belanda, siswa harus bersekolah dari usia 5 hingga 16 tahun. Namun, banyak yang memulai pada usia 4 tahun. Mereka akan melanjutkan sekolah sampai mereka memiliki kualifikasi dasar atau berusia 18 tahun.

Pendidikan menengah di Belanda sangat beragam. Dua dari enam aliran mengarah ke pendidikan tinggi. Kemudian empat dari enam aliran mengarah ke pendidikan kejuruan tingkat atas.

4. Sistem Pendidikan Jerman

Jerman menawarkan sistem pendidikan ganda yang menggabungkan pembelajaran di kelas dengan pelatihan kejuruan praktis. Siswa dapat memilih jalur akademis atau kejuruan, yang mengarah ke berbagai peluang karir.

5. Sistem Pendidikan Jepang

Sistem pendidikan di Jepang sangat dihargai dan menekankan pada kedisiplinan dan kerja keras. Kurikulum di Jepang juga sangat ketat, dan siswa sering mengikuti les tambahan atau sekolah yang menyediakannya. Di Jepang, rasa hormat terhadap guru dan otoritas sangat tertanam dalam budaya.

6. Sistem Pendidikan India

Sistem pendidikan India beragam dan mencakup pendekatan tradisional dan modern. Sistem ini sangat mementingkan hafalan, ujian kompetitif, dan mata pelajaran STEM (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

7. Sistem Pendidikan Inggris

Dikenal dengan perguruan tinggi favorit di dunia, Inggris memiliki sistem pendidikan yang mengikuti pendekatan terstruktur untuk pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.

Sistem ini menekankan pada mata pelajaran akademis dan sering kali mencakup ujian standar seperti GCSE dan A-level. Negara ini terkenal dengan institusi-institusi bergengsi, seperti Oxford dan Cambridge.

8. Sistem Pendidikan Amerika Serikat

Amerika adalah rumah bagi perguruan tinggi terbaik di dunia. Hal ini berkaitan dengan sistem pendidikan Amerika Serikat, yang bervariasi di setiap negara bagian, tetapi umumnya mencakup pendidikan sekolah dasar, menengah, dan atas.

Sistem pendidikan ini menekankan pada kurikulum yang luas, kegiatan ekstrakurikuler, dan pengujian standar. Pilihan pendidikan tinggi meliputi community college, universitas, dan sekolah kejuruan.

 

 

 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.