Selasa , 23 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Kamu Mudah Mengantuk Saat Puasa? Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya Beserta Solusinya!

016392500 1649817769 Badan Lemas Saat Puasa Mungkin Anda Mengalami Kondisi Ini

Madingmu.com – Tidak Terasa sudah 22 hari kita berpuasa dan salah satu tantangan terbesar saat berpuasa Ramadan adalah menghadapi rasa ngantuk. Kantuk yang melanda seringkali sangat mengganggu aktivitas dan mengurangi produktivitas di tempat kerja ataupun mengurangi konsentrasi saat mengikuti perkuliahan.

Meski mengantuk saat puasa adalah hal yang dinormalisasi, kamu juga tetap bisa meminimalisir rasa ngantuk tersebut lho. Caranya adalah dengan mengidentifikasi penyebabnya dan menemukan solusinya. Ada apa saja sih penyebab mengantuk saat puasa?

  1. Pola Tidur yang Berubah Selama Bulan Ramadan

641d74598f966 cara mengatur pola tidur saat puasa olret

Ibadah andalan di bulan Ramadan tidak hanya puasa. Ibadah lainnya seperti tarawih, tadarus Quran, dan salat sunnah umum dilakukan di waktu malam sehingga rentan dalam memicu kebiasaan begadang.

Terlebih kamu pun harus bangun dini hari untuk menyantap sahur sehingga waktu tidur menjadi semakin berkurang. Tak heran jika di siang harinya kamu dilanda kantuk yang sangat luar biasa.

Untuk itu, kamu perlu mengubah pola tidur dengan cara membatasi waktu begadang di maksimal pukul sebelas malam. Jika waktu tidur masih kurang, kamu bisa tidur siang sejenak agar tubuh kembali bugar saat bangun dan kembali menjalankan aktivitas.

  1. Turunnya Kadar Gula dalam Darah

diabetes 1724617 1920

Selama menjalankan puasa Ramadan, seseorang perlu menghentikan konsumsi makanan dan minuman dari semenjak subuh hingga maghrib tiba. Terbatasnya asupan makanan dapat membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, kadar gula dalam darah juga ikut turun sehingga kamu akan mudah lemas, ngantuk, dan kurang konsentrasi.

Lalu bagaimana sih solusinya? Selain segera berbuka ketika sudah waktunya, kamu juga jangan sampai utuk nmelewatkan sahur. Sahur di akhir waktu dengan makanan dan minuman yang bernutrisi bisa dicoba dengan tidak meninggalkan komposisi karbohidrat, protein, sayur, dan buah.

Dengan sahur yang bernutrisi, tubuh pun akan kenyang lebih lama sehingga kamu tidak mudah lemas dan mengantuk.

  1. Kurang Gerak

pexels miriam alonso 7622523 d970b9a19a754cc9ecd9f9b6f7df74c6 2db8c84dab4dbf6eb8e8b9fe1d53d845

Puasa Ramadan terkadang seringkali dijadikan alibi oleh beberapa orang untuk tidak melakukan banyak aktivitas dengan dalih menghemat energi. Rebahan sambil scroll media sosial memang hal yang cukup nyaman untuk dilakukan akan tetapi akan mudah dalam mengundang rasa kantuk. Terlalu banyak rebahan justru bisa membuat tubuh kamu menjadi lemas karena kurang gerak lho.

Alih-alih rebahan saat puasa, kamu bisa berolahraga agar badan menjadi bugar dan terhindar dari rasa kantuk. Olahraga yang dilakukan tentunya olahraga yang ringan seperti jalan santai, joging, atau yoga. Waktu untuk berolahraga pun juga disesuaikan dengan kondisi tubuh, seperti setelah sahur atau sebelum berbuka.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan219
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa168
Beasiswa308
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1677
Terpopuler1627
Opini10
Serba Serbi699




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.