Selasa , 23 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Begini Asal Usul Kue Nastar dan Bisa jadi Kue Favorite Saat Lebaran

1711618809 66053af9949ad i9d8GNQZyOdFiy95NWUK 1

Madingmu.com – Kue nastar selalu menjadi salah satu kue kering yang nggak pernah absen dari toples kue lebarannya orang-orang yang ada Indonesia. Dari tahun ke tahun, pasti kamu sudah menyadari jika kue yang memiliki cita rasa manis dan sedikit masam ini selalu ada di meja tamu orang lain dan juga di meja tamu rumahmu.

Kue kering dengan isian nanas ini biasanya hadir berderetan bersama kue kering lainnya, seperti putri salju, kastangel, sagu keju, lidah kucing, dan sebagainya.

Tapi tahukah kamu jika sebenarnya kue nastar bukanlah berasal dari Indonesia? Lantas berasal dari negara mana sih? Simak penjelasannya dibawah ini

Kue Nastar Hadir di Indonesia kue nastar

Kue nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu Ananas/nanas dan Taart/tart/pie, yang artinya kue tar nanas. Pelafalannya kemudian dipermudah menjadi nastar, yang diartikan tar dengan isian selai nanas.

Kemudian dalam bahasa Inggris, nastar sering disebut pineapple tarts atau pineapple nastar roll.

Dilansir dari laman detikEdu, hadirnya kue nastar di Indonesia merupakan pengaruh dari Belanda saat menjajah dulu. Dijelaskan oleh Serajawan kuliner Universitas Padjajaran, Fadly Rahman, sederet kue kering yang populer di Indonesia ini sebenarnya baru dikenal, saat orang Indonesia mulai mengenal makanan khas Belanda.

“Kue-kue ini sebetulnya relatif baru dikenal pada masa peralihan abad ke-19 ke 20, ketika orang-orang Indonesia mulai mengenal makanan khas Belanda, termasuk kue-kue,” ucap Fadly.

Sederet kue kering yang kini populer, biasanya dibuat dalam tradisi Natalnya orang-orang Belanda. Akan tetapi saat lebaran, orang-orang Belanda juga mengirimkan hantaran kue pada keluarga bangsawan pribumi seperti priyayi.

Sejak saat itulah kue kering seperti kue nastar menjadi kebiasaan yang dihadirkan orang Indonesia saat momen lebaran. Padahal, dulunya hanya bisa dicicipi oleh kalangan bangsawan saja.

Adanya Perubahan dari Negara Aslinya

Dilansir dari Indonesian Chef Association. Resep kue nastar terinspirasi dari pie yang dibuat dalam loyang-loyang besar berisi blueberry, strawberry, dan apel, kemudian adonannya terdiri dari tepung terigu, telur, mentega, dan bahan-bahan lainnya.

Namun, saat masa penjajahan buah-buahan yang umumnya dipakai untuk pembuatan isi pie tersebut sangat susah ditemukan di Indonesia. Sehingga di gantilah dengan buah nanas yang mudah ditemukan di Indonesia, yang notabene-nya negara tropis. Itulah alasan kenapa penggunaan isian buah nanas pada kue nastar,

Saat ini, kue nastar pun telah mengalami banyak sekali modifikasi bentuk. Dari yang sebelumnya berbentuk cake, mirip seperti roti ulang tahun yang melingkar, di Indonesia kini kue nastar berbentuk bulat dan kecil.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan219
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa168
Beasiswa308
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1677
Terpopuler1627
Opini10
Serba Serbi699




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.