Selasa , 25 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHealthcareTerpopuler

5 Arti Warna Kuku yang Berbeda-beda Dapat Menunjukan Gejala Penyakit Berbahaya

penyakit kuku bisa jadi gejala penyakit serius

Madingmu.com – Tahukah kamu jika warna kuku sering kali dianggap sebagai sentuhan kecil yang kerap diabaikan dalam penampilan seseorang. Padahal jika diperhatikan lagi, hampir kebanyakan warna kuku bisa berbeda-beda lho antara satu orang dengan yang lainnya.

Misalnya ada orang yang warna kukunya putih, kuning, dan lain sebagainya. Perbedaan dari warna kuku tersebut bisa menandakan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti apakah kondisinya sehat atau justru menandakan adanya gejala dari sebuah penyakit berbahaya.

Dilansir dari Scripps, Meskipun tidak semua warna kuku menandakan hal tersebut, menurut Aracely Bonilla Navarrete, MD, dokter penyakit dalam di Scripps Coastal Medical Center Hillcrest, sering kali dalam beberapa kasus hal ini bisa menjadi tanda terjadinya masalah pada kesehatan, seperti mengalami ketidakseimbangan nutrisi atau adanya masalah tiroid.

Kemudian perubahan akibat gaya hidup atau cedera kuku juga bisa menjadi salah satu penyebab warna kuku menjadi berbeda dari warna kuku orang yang sehat. Sementara itu, untuk warna kuku sehat yang normal adalah berwarna merah muda dengan ujungnya berwarna putih. Lebih lanjut lagi, kuku yang sehat akan memancarkan kilauan halus, yang menandakan bahwa kutikula kuku terlihat sehat.

Apabila penampilan kukumu berbeda dari biasanya atau tidak seperti deskripsi warna kuku sehat di atas maka itu merupakan sinyal yang harus diwaspadai terkait kondisi kesehatanmu yang mungkin sedang tidak baik-baik saja. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui arti dari setiap warna kuku yang berbeda-beda.

Dirangkum dari beberapa sumber ini dia 5 arti warna kuku yang berbeda-beda.

  1. Kuku Putih

timbul garis putih pada kuku tangan ini penyebab leukonikia halodoc

Dilansir dari Netmeds jika kuku sebagian atau seluruhnya berwarna putih dengan bagian atas dasar kuku berwarna merah muda maka maka itu disebut kuku Terry. Biasanya, pada area bulan sabit berwarna putih di pangkal kuku yang disebut lunula tidak dapat dibedakan dari bagian kuku lainnya.

Warna kuku ini menandakan pembuluh darah di bawah kuku tubuh telah berubah, yang artinya menandakan adanya masalah kesehatan yang serius, seperti kekurangan protein, gagal ginjal kronis, sirosis hati, gagal jantung kongestif, atau anemia.

Selain itu, apabila warna kuku tersebut disertai bintik-bintik putih pada kuku maka menandakan tubuh sedang kekurangan zat besi, cedera pada dasar kuku, radang sendi, atau bahkan keracunan darah.

  1. Kuku Kuning

20220103 ilustrasi kuku kuning karena penumpukan nikotin

Salah satu penyebab warna kuku menjadi kuning adalah karena adanya infeksi jamur. Jika infeksi tersebut tidak segera diatasi hal ini bisa menyebabkan kuku menjadi tebal dan hancur. Namun, selain disebabkan oleh infeksi jamur, kuku kuning juga bisa terjadi pada perokok.

Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, ada juga yang disebut sebagai “Yellow Nail Syndrome (YNS)” atau “sindrom kuku kuning”, yang terjadi pada pasien dengan penyakit paru-paru serius dan pembengkakan pada ekstremitas (limfedema). Bahkan kuku kuning juga bisa disebabkan oleh adanya gejala penyakit berbahaya, seperti gangguan pada sistem limfatik, gangguan pernapasan, diabetes, atau kelainan hati.

  1. Kuku Biru

What Your Nails Can Tell You About Your Health Bluish Nails 1 e1504763015865

Kuku dengan tampilan kebiruan atau dengan warna dasar keunguan biasanya menunjukkan bahwa tubuh tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup dan mungkin mengindikasikan suatu kondisi yang disebut ‘lunula biru’, yang secara medis mengacu pada sianosis.

Selain itu, warna biru pada kuku juga dapat menunjukkan bahwa orang tersebut menderita argyria (keracunan perak), degenerasi hepatolentikular (penyakit Wilson), penyakit Raynaud (jari tangan dan kaki menyusut, kemudian membiru dan mungkin mati rasa atau nyeri jika terkena dingin), septikemia (keracunan darah), masalah paru-paru atau pernapasan (termasuk emfisema, penyakit paru obstruktif kronik, bronkitis kronis, atau asma).

Hal ini juga dapat mengungkapkan tingginya persentase bentuk hemoglobin abnormal dalam darah, bahaya pekerjaan, infeksi HIV atau efek samping obat-obatan tertentu.

  1. Kuku Hijau

fococlipping 20211228 125753

Jika kuku seseorang berwarna hijau maka kemungkinan orang tersebut mengalami infeksi bakteri akibat bakteri Bacillus, infeksi jamur lokal, emfisema parah, atau bahkan efek samping alergi terhadap bahan pembersih tertentu.

Dilansir dari American Osteopathic College of Dermatology (AOCD), kuku hijau juga bisa disebabkan oleh bakteri yang disebut Pseudomonas aeruginosa. Bakteri ini tumbuh subur di lingkungan basah, seperti jacuzzi, larutan lensa kontak, wastafel, dan spons mandi. Ketika tumbuh, ia menghasilkan pigmen hijau khas yang disebut pyocyanin dan pyoverdin. Pigmen yang sama ini memberi warna hijau pada kloronikia.

Dalam hal ini, ketika seseorang mengalami kuku lepas maka lapisan kedap air yang dibentuk oleh kulit pada kuku akan hilang. Hal ini menciptakan ruang subungual yang mengumpulkan kotoran dan serpihan yang memungkinkan masuknya Pseudomonas aeruginosa.

  1. Kuku Hitam dan Abu-abu

626e88ea73566

Beralih ke warna kuku selanjutnya. Jika kamu mengalami atau pernah melihat kuku seseorang berwarna hitam maka artinya hal ini menunjukkan bahwa adanya gejala anemia, infeksi bakteri, penyakit ginjal kronis, masalah adrenal, defisiensi B12, penyakit hati, timbunan perak, kanker atau melanoma (salah satu jenis kanker kulit yang serius), atau bisa juga karena cedera dan trauma pada kuku tersebut.

Sementara itu, pada kuku berwarna abu-abu bisa menandakan beberapa gejala dari gangguan kesehatan tertentu, seperti menandakan edema, malnutrisi, arthritis, glaukoma, masalah paru-paru, emfisema, penyakit jantung-paru, hingga efek samping pasca operasi.

itulah 5 arti warna kuku yang berbeda-beda. Meskipun perubahan warna kuku sering kali dikaitkan sebagai adanya tanda penyakit berbahaya. Namun, ada baiknya jika kamu mengalami salah satu dari warna kuku di atas untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter agar mendapatkan informasi yang lebih akurat, sebelum memutuskan untuk membeli obat bebas dengan mendiagnosiskannya sendiri.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.