Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineInfo LokerTerpopuler

4 Waktu Terbaik Kirim Lamaran Kerja Via Email

tired sleepy asian young business man glasses with head hands sitting sleeping workplace table white wall
Tired sleepy asian young business man in glasses with head on hands sitting and sleeping at workplace at the table over white background

Madingmu.com – Selain membuat CV yang menarik dan mengandung informasi yang jelas, pemilihan waktu terbaik pada saart mengirim surat lamaran kerja juga ada hal yang wajib kamu perhatikan. Kamu gamau kan setelah susah payah membuat cv, mencari loker sana sini eh surat lamaran kamu malah menumpuk dan ga di lirik sama sekali. Madingmu punya tips memilih waktu terbaik untuk mengirimkan lamaran kerja, simak informasinya!

Baca Juga : Pekerjaan yang Paling Banyak Dibutuhkan Tahun 2023! Cocok Untuk Fresh Graduate

1. Segera kirim saat loker pertama kali dipublish

Kamu harus gercep melihat peluang ini. Biasanya, di hari pertama lowongan kerja dipublikasikan, lamaran yang masuk tidaklah banyak. Ini adalah kesempatan bagus untuk kamu, agar lamaranmu dapat menjadi yang tercepat dilihat oleh HR.

Untuk melakukan trik ini, kamu harus mempersiapkan CV yang baik dari jauh jauh hari . Jadi, saat ada informasi lowongan tidak perlu repot membuat ulang, kamu hanya perlu menyunting cover letter-nya saja.

2. Kirim di jam kerja (Office Hour)

Saat kamu mengirim lamaran diluar jam kerja tentu saja lamaran kamu tidak akan langsung dibuka oleh HR. Mengirim dijam kerja akan memberikan peluang lamaran kamu cepat diterima dan dibaca oleh HR. Jadi jika lamaranmu tidak mau menumpuk lebih baik dikirim di hari senin saja,  karena biasanya hari senin merupakan hari pertama di mana HRD akan mengecek seluruh pekerjaan melalui email untuk seminggu ke depan.

3. Sebelum jam istirahat maksi (jam 06.00 s/d 10.00)

Dilansir dari www.jobscan.co, Di jam-jam ini, biasanya perekrut belum disibukkan dengan pekerjaan, sehingga mereka akan menghabiskan waktunya untuk menyortir email masuk lebih dulu.

Baca Juga : Tersedia 5.884 Lowongan Kerja Job Fair Kabupaten Cirebon 2023 Diserbu Pencari Kerja

4. Kirim di Jam Makan Siang

Dilansir dari www.usnews.com, waktu yang tepat untuk mengirim lamaran adalah setelah makan siang, atau jam 14.00 WIb. Selain pagi, HRD juga akan mengecek email setelah jam makan siang. Usahakan jangan mengirim lamaran di atas pukul 14.00. Selain kemungkinan diliriknya kecil, email yang masuk pada pukul ini juga biasanya akan dibuka keesokan harinya.

Itu dia tips mengirim lamaran ala madingmu.com, tips diatas bisa kamu gunakan pada saat kamu mencoba untuk bekerja di perusahaan-perusahaan pemerintah dan lainnya. Tapi jika kamu mencoba bekerja di industry kreatif seperti agency dan lainnya, tips diatas belum berlaku ya. Karena industry kreatif biasanya lebih fleksibel waktunya.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.