Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineSerba Serbi

Bung Karno: Kecap Blitar Terenak di Dunia, Benarkah Itu?

dsc 0619 m1r65h
Kecap Cap Tomat Lombok sebelum didistribusikan Foto : Melisa Mailoa/Detik.com

madingmu.com – Tentu kamu pernah, atau mungkin hobi menikmati kelezatan bumbu yang umum bagi orang Indonesia yang bernama kecap, tentang kecap ini cukup tricky bagi saya untuk menyebutkan rasa yang kita dapat ketika menikmati kelezatannya, kalau garam rasanya asin, sambal rasanya pedas tapi kalau kecap rasanya seperti apa saya tidak bisa ungkapkan.

Sama seperti kelezatan kecap yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, pengalaman pertama saat masih merantau di pinggiran kota bandung di sebuah rumah kos, makan nasi hanya kerupuk sebagai lauk dengan kecap secukupnya saja sudah luar biasa guys apalagi kalau sate kambingnya dibumbui dengan sambal tomat, kenikmatan kuliner yang tiada duanya.

Untuk sejarahnya sendiri, menurut Bondan Winarno, kecap pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh para pedagang Cina lebih dari 3000 tahun yang lalu, sebuah mahakarya yang terbuat dari kacang kedelai dengan rasa yang asin, namun karena kurang menyukai tekstur kecap Cina yang encer dan asin, akhirnya orang Indonesia menambahkan gula merah pada bahan pembuatan kecap, sehingga jadilah kecap seperti sekarang ini yang kental dan memiliki rasa yang lebih manis.

Hampir semua kecap di Indonesia memiliki rasa manis, namun setiap daerah memiliki cita rasa tersendiri dan juga merupakan satu-satunya kecap manis di dunia, kecap manis juga dapat dikatakan sebagai menu wajib bagi sebagian masyarakat Indonesia, khususnya penggemar kecap.

Banyaknya penggemar kecap di Indonesia membuat pabrik kecap menjamur hingga lebih dari ratusan di berbagai daerah di Indonesia dengan beberapa merek besar seperti Bango, Indofood dan ABC.

Namun dari sekian banyak pabrik dan daerah yang memproduksi kecap, belum ada kepastian kecap mana yang paling enak, setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing, namun jika merujuk pada perkataan Bung Karno sekitar tahun 1960-an yang mengundang para wartawan untuk makan bersama di Istana Negara dan kemudian menyatakan di depan para wartawan bahwa kecap dari Blitar adalah kecap yang paling enak di dunia.

 

kecap sie wie bo favorit bung karno 3 43
Kecap Sie Wie Bo (Foto: Erliana Riady/detikJatim)

Kalau kecap produksi dari daerah, seperti kecap Cap Pulau Djawa dari Pekalongan, kecap Kentjana dari Kebumen, kecap Tin Tin dari Garut dan kecap Blitar, saya kurang tahu karena belum pernah mencicipinya, mungkin kalian pernah mencicipi kecap dari Blitar, seperti apa ya rasanya sehingga saya malah penasaran bagaimana rasa kecap yang dikatakan Bung Karno sebagai kecap terenak di dunia itu?

Almarhum Bondan Winarno sendiri pernah menyebut kecap manis Indonesia sebagai satu-satunya produk kecap manis di dunia dalam bukunya yang berjudul Kecap Manis: Warisan Kuliner Nusantara,

“Kecap manis adalah produk khas Indonesia, dan ada satu atau dua perusahaan kecap manis di Malaysia, tetapi mereka tidak memiliki sejarah kecap manis dan hanya meniru Indonesia dalam membuat kecap manis.”

Sekedar menulis tentang kecap dan serba-serbi salah satu bumbu masak yang paling enak, namun kecap juga bisa menjadi tambahan menu makanan kita sehari-hari loh, Guys, karena kecap sangat baik untuk kesehatan dengan berbagai macam efek positif bagi tubuh, seperti,

1). Menjaga kesehatan saluran pencernaan
2). Mengurangi gejala-gejala menopause
3). Mencegah osteoporosis
4). Mencegah kanker

Masuk juga sebagai pelengkap berbagai makanan kecap ini, mulai dari sayur asem, sayur sop, ikan, daging, tempe, kerupuk, dan sayur lodeh. Walaupun kamu penggemar kecap, kalau roti dikasih kecap, rasanya tetap enak kok, Guys.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.