Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

5 Wisata Edukasi di Sidoarjo, Isi Libur Tahun Baru

Alun alun sidoarjo

Madingmu.com – Masa liburan sekolah dan tahun baru menjadi momen yang pas bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Salah satu yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah dengan mengunjungi wisata edukasi.

Tak hanya rekreasi, wisata edukasi juga bisa menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati liburan sambil menambah pengetahuan atau wawasan. Bagi yang berencana liburan di Sidoarjo, jangan lewatkan mengunjungi wisata edukasi berikut ini.

  1. MuseumMpuTantular

Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Tepatnya disebelah barat Jembatan Layang Buduran. Jarak dari pusat Kota Sidoarjo ke museum ini sekitar 4,1 kilometer atau 11 menit perjalanan.

Museum yang dibangun di atas lahan seluas 3,28 hektare ini memiliki 11 bangunan. Museum Mpu Tantular dapat dijadikan pilihan untuk liburan sambil menambah pengetahuan.

Museum ini memiliki koleksi lengkap. Mulai dari geologika (batuan) biologika, etnografika (hasil warisan budaya), historika, teknologika, numismatika (mata uang atau koin), keramologika (keramik atau gerabah), dan masih banyak lagi.

Tiket masuknya juga cukup terjangkau hanya Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Museum Mpu Tantular buka hari Selasa hingga Minggu pukul 08.00-15.00 WIB. Hari Senin dan libur nasional tutup.

  1. Holiday Mini Zoo

Bagi kamu yang menghabiskan waktu liburan di Sidoarjo, jangan lewatkan untuk wisata edukasi ke Holiday Mini Zoo. Wisata kolaborasi antara Jatim Park Eco Green Park dan Lippo Plaza Sidoarjo ini digelar di parkiran mobil barat Lippo Plaza Sidoarjo mulai tanggal 14 Desember-7 Januari 2024.

Pengunjung dapat melihat dan belajar tentang satwa secara langsung di sini. Ada puluhan koleksi satwa di Holiday Mini Zoo, di antaranya llama, keledai, kuda pono, kambing kacang, phyton, rakun, iguana, nutria, dan masih banyak lagi. Dan kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 50.000 untuk dapat melihat dan belajar dunia satwa. Jam operasional Holiday Mini Zoo mulai pukul 13.00-21.00 WIB.

  1. Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis dapat menjadi pilihan wisata edukasi untuk mengenal pembuatan batik. Batik sendiri telah ditetapkan sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity (Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi) sejak 2009.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mendalami dan mengenal batik lebih dekat lagi. Di kampung ini, pengunjung dapat menjumpai lokasi pembuatan batik yang ada di setiap rumah, proses pembuatan batik, hingga penjualan batik.

Pengunjung juga dapat menjumpai motif batik khas yang dimiliki Sidoarjo, seperti motif beras utah, kembang tebu, kembang bayem, dan sekardangan. Kampung Batik Jetis di Kelurahan Jetis, Kecamatan Kota Sidoarjo ini buka setiap hari pukul 08.00-22.00 WIB.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi di Jakarta

  1. Kampung Edukasi Sampah

Kampung Edukasi Sampah berlokasi di Jalan Pesona Sekar Gading Nomor 3 Blok EE, Plipir, Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Di sini kamu dapat belajar melestarikan lingkungan, terutama pengelolaan sampah. Para wisatawan akan diajarkan bagaimana cara memilah dan mengolah sampah.

  1. Kebun Jeruk dan Jambu Miracle Kurnia Farm

Berlokasi di Gang Masjid Nomor 18, Sambibulu, Taman, Kabupaten Sidoarjo, Kebun jeruk dan jambu miracle kurnia farm ini menghadirkan wisata perkebunan jeruk dan jambu. Mulanya agrowisata ini merupakan kebun pribadi. Hingga pada tahun 2018, perkebunan ini dijadikan sebagai objek wisata.

Di sini wisatawan diajak menanam serta memetik buah. Variasi tanaman yang dibudidayakan, di antaranya jeruk siem, jeruk lemon, jambu biji merah, jambu kristal, hingga peternakan kambing dan sapi. Agrowisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuk Rp 15.000.

Itu dia destinasi wisata edukasi yang dapat dikunjungi di Sidoarjo. Mau berkunjung ke mana nih? Yuk berwisata sambil menambah pengetahuan dan wawasan dengan berkunjung ke wisata edukasi tersebut.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.