Rabu , 26 Juni 2024
BeasiswaEditor's PickHeadlineTerpopuler

4 Pertanyaan Ini Sering Muncul saat Wawancara Beasiswa

wawancara beasiswa 3 1200x900 1

Madingmu.com – Mendapatkan beasiswa merupakan impian bagi sebagian besar mahasiswa. Melanjutkan studi dengan bantuan biaya tentu bisa meringankan beban keuangan yang harus ditanggung oleh mahasiswa dan keluarga.

Beasiswa biasanya diberikan oleh pemerintah atau sejumlah lembaga dari berbagai sektor. Namun, tidak semua pelamar bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Nah, untuk menyaring penerima beasiswa, akan diadakan tahap seleksi wawancara.

Tahap wawancara dianggap sebagai tahap yang paling penting dan menentukan apakah mahasiswa akan berhasil di dapat atau tidak. Oleh karena itu mahasiswa perlu mempersiapkan tahap wawancara dengan baik.

Dosen sekaligus Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Khoirul Anam membagikan trik dan pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara beasiswa. Simak berikut ini.

  1. Potensi Diri

Pertanyaan paling mendasar saat wawancara berlangsung ialah seputar diri sendiri. Pewawancara senang menanyakan hal yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan calon penerima beasiswa karena hal tersebut dapat menggambarkan karakter dari seseorang.

  1. Alasan Memilih Beasiswa

Pewawancara perlu mengetahui alasan mahasiswa mendaftarkan diri dalam beasiswa tersebut.

“Untuk memastikan kesungguhan pelamar dalam memperoleh beasiswa, sehingga pelamar beasiswa perlu memberikan alasan yang logis tanpa dibuat-buat,” ungkap Khoirul dikutip dari laman UM Surabaya, Selasa (6/2/2024).

  1. Motivasi

Motivasi menjadi poin penting untuk mengetahui seberapa kuat keinginan mahasiswa dalam memperoleh beasiswa. Motivasi juga digunakan untuk melihat daya juang mahasiswa tersebut.

  1. Problem Solving

Problem solving mencakup cara mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan dan hambatan yang tengah ia hadapi. Dari hal tersebut, pewawancara akan mengetahui cara seseorang dalam mengambil keputusan.

Terakhir, tidak memberikan argumen yang ngawur atau tidak bisa dipertanggung jawabkan. Saat sesi wawancara berlangsung setiap argumen yang diberikan pelamar adalah point penting dalam penilaian.

“Sehingga jangan sekali-kali mengarang jawaban sehingga terkesan baik padahal sebenarnya ngawur, hal itu dapat berdampak pada penilaian sikap yang kamu tampilkan,” pungkasnya.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.