Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

3 Cara Menulis Esai IISMA dari Awardee di Ceko, Personal Branding Jadi Kuncinya Lho!

B100741 Cover 1536x806 1

Madingmu.com – Pendaftaran Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) 2024 saat ini telah dibuka hingga tanggal 14 Februari 2024. Sebelum mendaftar ada baiknya kamu cari tahu dulu tentang cara menulis esai IISMA dari awardee.

IISMA adalah beasiswa Kemendikbudristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mendukung pertukaran mahasiswa RI ke universitas dan industri terpercaya yang ada di luar negeri. IISMA terbuka untuk mahasiswa sarjana dan vokasi.

Salah satu penerima IISMA, Wahidah Mevi Nihayah, membagikan pengalamannya dalam mengikuti IISMA. Dari pengalamannya itu ia dapat menjalin hubungan internasional dengan teman dari berbagai belahan dunia. Kemudian ia juga mengasah kemampuan cultural intelligence-nya. Bertemu dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda dan hidup di negara yang budayanya unfamiliar membuatnya belajar.

“IISMA memberikan kita kesempatan untuk belajar mata kuliah yang tidak linier dengan program studi kita. Pada akhirnya, aku sangat bersyukur karena pengetahuan di bidang disiplin ilmu lain itu mampu memperkuat dan melengkapi apa yang sudah aku pelajari di Ilmu Komunikasi UNAIR,” ujarnya dalam laman Unair, Selasa (6/2/2024).

Ia pun membagikan tantangan yang sempat dihadapi selama IISMA. Awardee IISMA di Ceko itu merasakan perbedaan cuaca antara Ceko dengan Indonesia. Selain itu, budaya jalan kaki dan makanan menjadi kendala baginya.

Baca Juga : Beasiswa IISMA 2024 Sudah Dibuka, Berikut Syarat, Tahapan, dan Jalur Seleksinya

“IISMA is not just all about the rainbows. Di samping keuntungan yang kurasakan, pastinya ada tantangan juga. Akan tetapi, lambat laun aku bisa beradaptasi dengan perbedaan itu,” ungkapnya.

Ia juga membagikan cara menulis esai bagi mahasiswa yang tertarik untuk mendaftar IISMA. Simak berikut ini.

Cara Menulis Essay IISMA dari Awardee

  1. Tujuan yang Unik

Esai merupakan salah satu dokumen yang sangat krusial dari IISMA. Oleh karena itu, Mevi menyarankan agar pelamar IISMA bisa menuliskan tujuan yang unik dan sebenarnya.

“Temukan sesuatu yang mampu merepresentasikanmu dan keunikanmu. Dikarenakan alasan klise sudah disampaikan oleh ribuan pendaftar sehingga itu tidak membuatmu outstanding,” ucap Mevi.

  1. Personal Branding

Menentukan personal brand yang ingin dipresentasikan di esai. Mevi mengungkapkan bahwa untuk menentukan personal brand, dirinya melakukan refleksi diri dengan 3 aspek, yakni pengalaman di masa lalu, keahlian saat ini, dan cita-cita.

“Kemudian cari benang merah untuk menggabungkan 3 aspek dan personal brand kamu dengan tujuan mendaftar IISMA serta pemilihan kampus dan courses,” ujarnya.

  1. Riset Soal Kampus

Lakukan riset mendalam soal kampus dan mata kuliah yang akan dipilih. Karena kampus ini akan menjadi tempat kamu belajar selama satu semester mendatang.

“Tips terakhir dariku adalah melakukan riset mendalam tentang kampus dan courses yang kamu pilih,” pungkasnya.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.