Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

16 Tipe Kepribadian Manusia Berdasarkan Tes MBTI, Kamu Tipe yang Mana?

Madingmu.com – Tes MBTI adalah penilaian kepribadian yang digunakan untuk mengukur pandangan seseorang terhadap dunia dan proses pengambilan keputusan mereka, menurut situs web Kementerian Keuangan Indonesia. Tes ini pertama kali dirilis pada tahun 1962 oleh tim ibu dan anak bernama Katherine Briggs dan Isabel Myers, menurut skripsi Syamsul Kiflies, Gambaran Hasil Belajar Fisika Berdasarkan Kepribadian MBTI (Myers Briggs Type Indicator) Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar Angkatan 2020.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi ini memiliki tingkat validitas dan reliabilitas sebesar 80-90%. Hal ini didukung oleh pengujian software sistem pakar dengan menggunakan Metode Forward Chaining, yang menunjukkan bahwa kelayakan analisis tes MBTI sebesar 92,5%, yang dianggap sebagai hasil yang baik.

Baca Juga : Selain IQ Tinggi, Ini dia 6 Ciri-Ciri Orang Cerdas Menurut Penelitian

16 Jenis Kepribadian MBTI

1. ISTJ

Menurut buku Sobat Way karya Seta A. Wicaksana, mereka yang berkepribadian ISTJ menghargai fakta dan rasional, realistis, dan objektif. Mereka hanya berbagi dengan teman dekat dan merupakan pendengar yang pendiam, serius, dan pendengar yang baik.

2. ISFJ

ISFJ adalah personifikasi dari watak yang bijaksana, berhati-hati, teliti, dan metodis. Tipe kepribadian ini juga serius, pendiam, dan sensitif. Selain itu, mereka juga ramah, memperhatikan kebutuhan dan perasaan orang lain, dan pendengar yang baik. Dalam situasi sosial, mereka terorganisir, tepat, hati-hati, bertanggung jawab, dan dapat diandalkan.

3. ISTP

Tipe kepribadian ini memungkinkan mereka untuk mengesampingkan emosi dan berpikir secara analitis, rasional, kritis, dan objektif. Mereka sering menunjukkan kekakuan, kedinginan, kehati-hatian, dan pertimbangan. Mereka mahir dalam memecahkan masalah di bawah tekanan dan dapat menangani ketidaksepakatan dan kritik.

4. INFJ

INFJ sangat penyayang dan peka terhadap emosi orang lain. Mereka yang memiliki sikap ini juga antusias dan setia, tetapi biasanya terutama pada teman dan keluarga terdekat. Mereka sering berpikir tentang situasi menang-menang, idealis dan perfeksionis, serta mempercayai dan memaksimalkan orang lain.

Baca Juga : Filosofi Hidup Orang Jepang Yang Bisa Banget Kita Tiru!

5. ESTP

Spontan, lincah, cekatan, penuh perhatian, antusias, dan penuh variasi adalah karakteristik kepribadian ESTP. Mereka mahir dalam memperbaiki masalah dengan cepat, memiliki kemampuan untuk menangani konfrontasi dan kritik, tidak peduli, dan menikmati apa pun yang terjadi. Mereka toleran dan adaptif dalam situasi sosial.

6. ESFP

E-journal.uajy.ac.id menyatakan bahwa akronim ESFP mewakili sikap suka berteman, menyenangkan, ramah, hangat, dan menyenangkan. Mereka senang berkolaborasi untuk mencapai tujuan.

7. ISFP

ISFP sering kali sensitif, tenang, ramah, dan baik hati. Mereka menyukai memiliki tempat dan jadwal sendiri. Selain itu, mereka memiliki rasa komitmen dan kesetiaan yang kuat pada tujuan yang mereka dukung dan orang-orang yang dekat dengan mereka.

8. INFP

INFP memiliki pola pikir yang idealis, penuh pengabdian, ingin tahu, dan pengambil risiko. Mereka penyayang, suportif, fleksibel, dan mudah beradaptasi, namun mereka sering teralihkan oleh nilai-nilai yang bertentangan dengan nilai-nilai mereka.

9. INTJ

Orang dengan tipe kepribadian INTJ adalah pemikir kreatif yang unggul dalam mewujudkan ide ke dalam tindakan. Mereka memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap diri mereka sendiri dan orang lain, otonom, dan cepat melihat pola dalam suatu peristiwa.

Baca Juga : Riset : Pelupa Adalah Tanda Kecerdasan Tinggi, Otak Tidak Bisa Dibombardir Terus!

10. ENFP

ENFP menunjukkan kepribadian yang inventif dan selalu melihat kemungkinan dalam segala hal. Mereka mudah menginspirasi dan menghargai orang-orang di sekitar mereka.

11. ENTP

Orang dengan tipe kepribadian ENTP cenderung intelektual, jujur, dan senang mencari solusi untuk masalah-masalah yang sulit. Mereka mampu melakukan analisis konsep yang strategis dan mendalam.

12. ESFJ

Ciri-ciri kepribadian ESFJ meliputi kerja sama, ketekunan, dan kebaikan. Mereka menghargai keharmonisan, tanggap terhadap lingkungan sekitar, dan mencurahkan segalanya dalam pekerjaan mereka.

13. ENFJ

Secara umum, mereka yang memiliki kepribadian ENFJ sangat responsif, bertanggung jawab, dan penyayang. Mereka pandai menyeimbangkan kebutuhan, keinginan, dan motif mereka.

14. ENTJ

Orang dengan kepribadian ENTJ dapat dengan cepat mengenali prosedur yang tidak efektif dan membuat pilihan yang cerdas. Mereka dapat dengan cepat menemukan jawaban yang dapat diterapkan pada perencanaan jangka panjang dan pemecahan masalah.

15. ISTP

Orang dengan kepribadian ISTP biasanya penuh pengertian dan mudah beradaptasi dengan orang lain. Mereka mengawasi masalah saat muncul dan mengambil inisiatif untuk menemukan solusi terbaik.

16. INTP

Tipe kepribadian yang teoritis dan abstrak, INTP lebih suka memecahkan masalah daripada bersosialisasi dan suka mengeksplorasi ide-ide baru. Orang dengan kepribadian INTP cenderung pendiam, mudah beradaptasi, dan fleksibel.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.