Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

8 Jenis Buah dan Sayuran yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas, No. 4 Bikin Orang Keliru!

Screenshot 2021 04 24 07 50 38

Madingmu.com – Kamu tau ga sih kalau ternyata banyak jenis buah dan sayur yang sebenarnya tidak boleh disimpan ke dalam kulkas, lho. Ternyata, suhu dingin dan kelembaban lemari es dapat berdampak negatif pada beberapa produk segar dan bahan makanan, termasuk buah dan sayuran.

Penasaran jenis buah dan sayuran apa yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas? Dilansir dari laman Southernliving berikut ini 8 buah dan sayur yang tidak boleh disimpan dikulkas.

  1. Bawang Bombay

Bawang bombay paling baik disimpan pada suhu ruangan, sebaiknya di dapur, jauh dari sinar matahari langsung, dan jauh dari sisa panas kompor atau oven.

Sebaiknya simpan sendiri saja daripada disandingkan dengan sayuran lain, termasuk kentang, atau buah-buahan. Bawang bombay dapat mengeluarkan bau atau residu yang tidak sedap.

Kalau mau disimpan di dalam kulkas, alangkah baiknya potong bawang bombay terlebih dulu dan simpan di dalam wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

  1. Kentang

Suhu dingin cenderung dapat memengaruhi tekstur kentang dengan memecah pati. Dapur adalah tempat terbaik untuk menyimpan kentang yang ditaruh di keranjang atau kantong kertas.

  1. Bawang Putih

Bawang putih jika disimpan dalam kulkas akan jadi mudah berjamur. Bahkan, daging bawang putih juga akan berubah warna dan teksturnya akan berubah jadi seperti karet.

  1. Tomat

Banyak di antara kamu yang kerap kali menyimpan tomat di dalam kulkas bukan? Dengan dalih, biar tetap segar sebelum digunakan, ternyata tomat menjadi jenis sayuran yang tidak boleh disimpan di dalam lemari es lho.

Udara dingin dan lembab di dalam lemari es dapat memengaruhi tekstur tomat sebelum kamu menggunakannya. Tomat ceri adalah satu-satunya varietas yang cenderung tahan lama di lemari es tanpa terlalu cepat menjadi lembek atau bertepung (muncul putih-putih di kulit luar).

  1. Alpukat

Kulkas akan memperlambat proses pematangan alpukat. Suhu dingin juga dapat membuat tekstur alpukat yang sudah matang menjadi keras. Kalau sudah dipotong, baru lah simpan bagian yang terbuka ke dalam kantong atau wadah di lemari es.

  1. Buah Persik

Pernah menggigit buah persik yang sekeras batu? Itu adalah eksperimen yang mungkin tidak ingin kamu ulangi. Biarkan buah batu ini pada suhu ruangan hingga melunak dan menjadi manis.

Menempatkannya di dalam kantong kertas dapat membantu mempercepat prosesnya. Kamu bisa memasukkan buah persik ke dalam lemari es setelah matang, namun perlu diingat bahwa udara kering pada akhirnya akan menyebabkan dehidrasi dan membuat buah menjadi keriput.

  1. Pisang

Jenis buah yang satu ini juga sering disimpan di dalam kulkas. Agar pisang mendapatkan rasa terbaik, sebaiknya disimpan pada suhu ruangan, terutama jika memerlukan pemasakan lebih lama.

Begitu pisang mulai berubah warna menjadi coklat, segera gunakan sebagai selai roti atau bekukan untuk nanti. Perlu diketahui, pisang dapat menyebabkan buah-buahan di dekatnya lebih cepat matang, jadi aturlah dengan tepat.

  1. Melon

Karena sejumlah alasan, melon utuh yang baru saja dibeli sebaiknya disimpan di meja. Bahkan pada suhu ruangan, melon akan terasa lebih manis, lembut, dan juga segar.

Meskipun melon tidak selalu matang setelah dipetik, buah yang satu ini sensitif terhadap gas etilen dari apel dan produk lainnya di lemari es.

Itulah deretan jenis buah dan sayuran yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Semoga bermanfaat.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa141
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan185
Editor's Pick1150
Terpopuler1110
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.