Kamis , 23 Mei 2024
Serba SerbiEditor's PickHeadlineHiburan

10 Karakter DC yang Ditiru Marvel!

marvel
Sumber:google/Koran-Jakarta.com

Madingmu.com – Masih ada persaingan yang kuat antara Marvel dan DC. Terutama sejak munculnya dunia sinematik, di mana para pembuat film berlomba-lomba untuk membuat koleksi film yang saling berhubungan. Namun, Marvel dan DC sudah terlibat dalam persaingan untuk menghasilkan kisah dan karakter buku komik yang menarik jauh sebelum itu.

Tentu saja, tujuan melakukan hal ini adalah untuk menarik lebih banyak pengagum. Terkadang langkah cepat diambil untuk memastikan bahwa tidak ada satu pun dari mereka yang tertinggal. seperti tindakan Marvel. Mereka sering menciptakan karakter yang menyerupai karakter DC yang lebih dulu memulai debutnya. Lalu, karakter DC apa saja yang ditiru oleh Marvel?

Deathstroke dan Deadpool

Salah satu “pembunuh” terbaik di DC Comics adalah sosok bernama Slade Wilson, yang juga dikenal sebagai Deathstroke. Sejak kemunculan pertamanya pada tahun 1980, karakter ini telah muncul di sejumlah komik saat ini. Versi buku komik Deathstroke secara signifikan lebih “gelap” daripada filmnya, jadi ada perbedaan yang signifikan antara keduanya.

Marvel kemudian mengembangkan versi humor Deathstroke daripada versi serius yang digambarkan DC, 11 tahun setelah Deathstroke memulai debutnya. Wade Wilson, yang lebih dikenal sebagai Deadpool, lahir pada tahun 1991. Patut dicatat juga bahwa Marvel tidak berusaha menyembunyikan fakta bahwa mereka telah mengambil karya Deathstroke dan membuat parodinya dalam Deadpool.

Catwoman, si kucing hitam

Memulai debutnya beberapa dekade setelah Catwoman adalah Black Cat. Ada terlalu banyak kesamaan di antara keduanya untuk diabaikan, meskipun pencipta karakter ini menyangkal bahwa Catwoman adalah hasil jiplakan. Keduanya pada awalnya diciptakan sebagai tokoh antagonis di alam semesta mereka sendiri.

Namun, karena mereka sering melanggar hukum sambil mempertahankan standar moral yang tinggi, karakteristik mereka tidak terduga. Keduanya bertindak seperti pencuri dan mengenakan pakaian gelap yang pas di badan. Selain itu, anak-anak tampaknya menggambar pahlawan super pria. Kita mungkin menganggap Black Cat dan Catwoman sebagai saudara jika ada persilangan antara alam semesta mereka.

Tuan Fantastic – Manusia yang Dipanjangkan

Elongated Man adalah karakter Marvel kedua yang dipinjam dari DC. Mayoritas dari Anda mungkin tidak familiar dengan karakter Elongated Man. Sebelum komik Fantastic 4 dirilis pada tahun 1960, DC sendiri yang memperkenalkan karakter tersebut.

Pada saat itu, Elongated Man merupakan sosok yang sangat terkenal dan memiliki banyak pengikut. Namun, Mister Fantastic adalah orang yang menyingkirkan Elongated dari posisinya sebagai tokoh terkenal setelah komik Fantastic 4 pertama diterbitkan pada tahun 1961. Elongated Man masih belum diingat. Baik Mister Fantastic maupun Elongated Man adalah manusia super dengan kemampuan untuk meregangkan tubuh mereka seperti karet.

Perbedaan utama di antara keduanya adalah dari mana Elongated Man mendapatkan kemampuannya-ia mendapatkannya dari minuman unik yang disebut Gingo.

Baca Juga:5 Tokoh Marvel yang Tak Tertiru Skrulls: Mereka Tak Terelakan!

Citra: Tornado merah

Popularitas Vision dalam buku komik lebih rendah daripada dalam film. Dalam buku komik Avengers yang diterbitkan pada bulan Oktober 1968, Vision memulai debutnya. Sejak saat itu, meskipun tidak sesering karakter Marvel lainnya yang lebih terkenal, karakternya lebih sering muncul.

Bagi Anda yang belum tahu, Marvel meniru karakter Vision dari superhero Red Tornado. Beberapa bulan sebelum Vision memulai debutnya, Red Tornado telah lebih dulu muncul.

Marvel mulai meniru Red Tornado setelah debutnya karena ia begitu sukses. Vision dan Red Tornado sama-sama merupakan android berkekuatan super. Mereka juga memiliki kesamaan gaya tertentu. Namun, kemampuan mereka sangat berbeda.

Solomon Grundy sebagai Hulk

Jika kita hanya mempertimbangkan buku komik, Spider-Man dan Hulk adalah pahlawan super yang paling sukses dan terkenal, bukan Iron Man atau Captain America. Tidak disangka bahwa Hulk bukanlah ciptaan Marvel.

Solomon Grundy, seorang antihero yang diciptakan oleh DC Comics, sudah ada jauh sebelum Hulk. Selain memiliki kekuatan super dan keabadian, Grundy pertama kali diperkenalkan pada tahun 1944. Hulk juga memiliki semua kemampuan ini.

Hulk sendiri pertama kali terlihat pada tahun 1962 dan memiliki kemampuan dan masalah yang sama dengan Grundy. Mereka berdua menerima paparan radiasi yang mematikan. Namun, ada perbedaan kecil di antara keduanya, yaitu Grundy tidak memiliki bentuk seperti manusia. Grundy juga tidak kehilangan ketenangannya, meskipun sama destruktifnya dengan Hulk, dengan mudah.

Dr. Strange dan Dr. Fate

Mungkin sulit untuk diterima, tapi Doctor Strange sebenarnya didasarkan pada Doctor Fate. Pertama, ada Doctor Fate, yang memulai debutnya pada tahun 1940. Doctor Fate, yang memiliki nama asli Kent Nelson, pada awalnya adalah seorang arkeolog yang menemukan makam Nabu dan kemudian dilatih oleh Nabu setelah sebuah insiden.

Hal yang sama juga berlaku untuk Doctor Strange, juga dikenal sebagai Stephen Strange, yang merupakan seorang jenius yang mengalami kecelakaan saat karirnya sedang berada di puncak. Setelah itu, dia menjalani pelatihan, dan sihir digunakan untuk menyembuhkan penyakitnya. 23 tahun setelah Doctor Fate, pada tahun 1963, kemunculan pertama Doctor Strange.

Darkseid dan Thanos

Thanos adalah karakter Marvel lainnya yang meminjam dari DC. Tampaknya semua orang menyadari betapa Darkseid dipengaruhi oleh Thanos. Thanos tampak sebagai tokoh antagonis yang jauh lebih kuat di MCU. Namun pada kenyataannya, Darkseid tidak mengalami kesulitan untuk mengalahkan Thanos dalam komik. Berbeda dengan Thanos yang memulai debutnya pada tahun 1973, Darkseid pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970.

Meskipun kedua karakter ini memiliki kekuatan super, kecerdasan, dan pada dasarnya abadi, Darkseid memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pikiran orang lain, termasuk telepati dan telekinesis. Ini adalah perbedaan yang signifikan. Thanos, di sisi lain, terpaksa mengandalkan alatnya, Infinity Gauntlet, yang akan memberinya kemampuan tersebut.

Wonder Woman, Sif

Berusia 81 tahun, Wonder Woman telah menjadi pahlawan super untuk salah satu periode waktu terlama. Karenanya, Wonder Woman telah muncul di DC Comics sejak tahun 1941. Dan Wonder Woman terus menjadi populer dan menguntungkan bagi DC Comics hingga saat ini.

Marvel kemudian melakukan berbagai upaya untuk menduplikasi kesuksesannya, dan salah satunya adalah dengan mengembangkan Lady Sif, yang terkenal sebagai kekasih Thor, sebagai karakter saingan.

Sif dikenal sebagai Dewi Prajurit, mirip seperti yang digambarkan dalam Wonder Woman, dan dia sebenarnya didasarkan pada Dewa Nordik dengan nama yang sama. Wonder Woman bergaya Yunani dan Romawi, sedangkan Sif bergaya Nordik.

Deadshot – Bullseye

Bertahun-tahun sebelum Bullseye, Deadshot pertama kali dirilis. Jelas sekali bahwa Bullseye didasarkan pada Deadshot jika Anda membandingkan kemampuan mereka. Deadshot pertama kali muncul sebagai penjahat dalam cerita Batman, dan keduanya telah berselisih sejak saat itu.

Meskipun Deadshot sering digambarkan sebagai pria yang baik hati, sebenarnya yang dia inginkan hanyalah uang. Belakangan, dia sering bergabung dengan Suicide Squad untuk menunjukkan kemampuan menembaknya yang sangat akurat. Bullseye memiliki kekuatan yang mirip dengan Bullseye, di satu sisi.

Dia memiliki akurasi yang sangat baik dengan semua senjata. Keduanya adalah penembak ahli yang jarang sekali meleset. Perbedaannya adalah bagaimana kejamnya Bullseye ditampilkan.

Silver Sable – The Flash

The Flash adalah karakter Marvel terakhir yang meniru DC. Salah satu pahlawan super yang paling dikenal yang pernah diciptakan adalah The Flash. Dia memulai debut buku komiknya pada tahun 1940 dan disebut-sebut sebagai manusia tercepat yang pernah ada. Ya, kekuatan utama The Flash adalah kecepatannya.

Patut dicatat juga bahwa beberapa perusahaan buku komik lain berusaha mengadaptasi kekuatan ini, dengan karakter Quicksilver dari Marvel sebagai salah satunya. Lebih dari dua dekade setelah The Flash memulai debutnya, Quicksilver pun demikian. The Flash dan Quicksilver sangat mirip. Banyaknya nenek moyang mereka yang berbeda membuat mereka berbeda.

Tapi mereka memiliki kekuatan yang sama. Keduanya memiliki kemampuan berlari secepat kilat dan dapat memancarkan petir ketika berlari untuk mengenang dewa Yunani, Hermes.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1493
Terpopuler1448
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.