Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Wajib Tahu! 5 Tips Menetapkan Rencana Keuangan Jangka Panjang Bagi Para Freelancer!

Perencanaan Keuangan Sribuu scaled 1

Madingmu.com – Meski saat ini kamu menjadi seorang freelancer dan memiliki waktu kerja yang fleksibel, kamu juga tetap harus menetapkan tujuan jika ingin sejahtera dalam jangka panjang seperti rencana keuangan. Memiliki perencanaan keuangan yang baik dapat memudahkan kamu dalam menggapai karier dan masa depan impian.

Kesejahteraan jangka panjang adalah tentang menciptakan pertumbuhan dan stabilitas bagi diri kamu sendiri. Ketika kamu mencapai tujuan keuangan, kesuksesan dan kepuasan karier akan menghampiri.

Dilansir dari laman Social Buzz Hive, berikut ini 5 tips menetapkan rencana keuangan yang wajib diterapkan bagi para freelancer.

  1. Menetapkan Tujuan SMART

Smart Goal Metode yang Tepat untuk Menetapkan Target Bisnis Anda 800x305 1

SMART merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant and Time-Bound. Hal ini bisa membantu kamu dalam mencapai hasil keuangan jangka panjang maupun jangka pendek. Tujuan jangka pendek bisa terjadi dalam satu tahun, sedangkan tujuan jangka panjang bisa terjadi dalam 5 atau 10 tahun kemudian.

Tujuan keuangan SMART bagi para freelancer adalah meningkatkan pendapatan sebesar 20 persen pada akhir tahun dengan cara berfokus pada peningkatan jumlah klien.

  1. Sisihkan Dana Pensiun

Persiapan Dana Pensiun

Merencanakan masa pensiun sangatlah penting terutama ketika bekerja untuk diri sendiri. Berbeda dengan bekerja di bawah perusahaan, seorang freelancer harus bergantung pada diri sendiri untuk menyisihkan dana pensiun.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

mencari penghasilan tambahan

Menjadi seorang freelancer memberi kamu fleksibilitas untuk mengejar berbagai aliran penghasilan untuk memenuhi tujuan keuangan kamu. Mengambil pekerjaan lepas lain memberikan peluang tambahan untuk mendiversifikasi pendapatan. Pastikan mengambil pekerjaan lepas lain yang sesuai dengan keahlian kamu.

  1. Berinvestasi dalam Pengembangan Profesional Diri

1700479316 Screenshot 2023 11 20 182134

Berinvestasi dalam pengembangan profesional diri sangat kondusif untuk mengoptimalkan potensi penghasilan kamu. Semakin kamu mengasah keterampilan untuk menyesuaikan dengan tren industri terkini dan memperluas jaringan profesional, semakin baik juga kamu dalam memanfaatkan keunggulan kompetitif di antara freelancer lain.

  1. Memiliki Dana Darurat

Dana Darurat LB Blog jpg 1200x900 1

Sebagai seorang freelancer, mungkin tidak selalu ada aliran penghasilan yang konsisten seperti yang kamu dapatkan sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan. Para ahli menyarankan untuk menyisihkan setidaknya tiga hingga enam bulan tabungan untuk menutupi biaya darurat. Mengotomatiskan dana ini juga merupakan cara terbaik untuk memastikan kamu memiliki cukup aset untuk tetap bertahan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.