Senin , 24 Juni 2024
HeadlineEditor's PickHiburanTerpopuler

Menarik! Ini Dia 5 Negara Dengan Bahasa Tersulit di Dunia

bahasa

Madingmu.com – Pengumuman Ujian Tulis Berbasis Komputer di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (Bahasa adalah salah satu bentuk komunikasi yang digunakan oleh manusia. Dengan kemampuan berbahasa, kita juga bisa berhubungan dengan manusia lainnya dan menjalani kehidupan.

Dilansir dari laman USA Today, setidaknya ada lebih dari 7.100 bahasa lisan di dunia. Meskipun sulit untuk menghitung jumlah akurat penuturnya, diperkirakan lebih dari 63 juta orang berbicara lebih dari satu bahasa.

Bukan hanya orang dewasa, BBC Science Focus menjelaskan jika anak-anak adalah sosok yang paling mudah belajar bahasa baru. Pasalnya, mereka terpapar sekitar 10 ribu jam dalam empat tahun pertama kehidupan mereka.

Pada saat lahir, mereka mampu memahami dan membedakan sekitar 800 suara yang membentuk seluruh bahasa manusia. Namun, kemampuan itu akan semakin hilang di tahun pertama kehidupan dan terspesialisasi dalam ‘fonem’ suatu bahasa.

Lalu bagaimana dengan orang dewasa? Diperkirakan untuk menguasai suatu bahasa diperlukan waktu 400-2.000 jam tergantung pada siapa dan alasan mengapa mereka belajar.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang ingin belajar akan mampu memahami bahasa lebih efektif dibandingkan dengan orang yang terpaksa atau disuruh belajar. Meskipun itu bahasa tersulit sekalipun, seperti yang tersebar di lima negara berikut ini dikutip dari CNN Indonesia dan Unabel.

5 Negara dengan Bahasa Paling Sulit di Dunia

  1. China

Overview Great Wall of China

China atau bahasa Mandarin menjadi bahasa tersulit di dunia karena mengandalkan bunyi nada sebagai pemaknaan kata. Misalnya kata “da” dalam bahasa Mandarin bisa berarti menggantung sesuatu, menjawab, memukul, atau besar tergantung nadanya.

Tidak hanya penyebutan sistem penulisan Mandarin juga sulit, karena tidak menggunakan alfabet Latin dengan 100 ribu karakter. Namun menurut Chinese Learning Institute, kamu hanya perlu mengetahui sekitar 3 ribu karakter untuk menjadi fasih.

  1. Arab Saudi hingga Mesir

038722200 1513253979 20171214 Mesir AFP1

Berbagai negara di wilayah Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Mesir menggunakan bahasa Arab untuk berkomunikasi sehari-hari. Alasan mengapa menjadi bahasa tersulit karena bahasa ini memiliki lebih dari 25 dialek dan pembacaannya dimulai dari kanan ke kiri.

Namun, kini ada standar baru yakni melalui Modern Standard Arabic (MSA) untuk mempergunakan bahasa di keperluan formal maupun sehari-hari.

  1. Jepang

623577a478cb1

Jepang menjadi bahasa Asia ketiga yang sulit untuk dipelajari dengan tiga sistem penulisan independen yakni hiragana, katakana, dan kanji. Sehingga jumlah karakternya sangat banyak dan harus dikuasai sebelum mulai ke tahap belajar menulis.

Bahasa ini memiliki kemiripan genetik dengan bahasa Korea. Diketahui, Kanji menjadi sistem bahasa yang paling umum digunakan.

  1. Hungaria

097347700 1595665881 HUNGARY HISTORY ARMY NATIONAL DA 881336 01 02

Meski memiliki aturan tata bahasa yang sulit, bahasa Hungaria dituturkan oleh lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia. Tetapi, jumlah ini sedikit dibandingkan bahasa Eropa lainnya termasuk Inggris.

Untuk bisa menguasai bahasa Hungaria, perlu menguasai tata bahasanya lebih dulu. Sebab, bahasa ini bergantung beda idiom dan fonetik yang hampir sempurna.

Bunyi yang dikeluarkan dari penutur bahasa ini berasal dari tenggorokan dengan 14 vokal. Seluruh vokal dibedakan oleh berbagai aksen dengan arti yang berbeda pula.

  1. Korea

5e476c48df701

Kembali ke benua Asia, bahasa Korea menjadi bahasa kelima di dunia yang sulit dipelajari karena ada keterikatan sosial antar penutur. Setiap pengucapan dibedakan tergantung kita berbicara dengan siapa seperti berdasarkan usia, senioritas hingga keakraban.

Untuk tulisan, bahasa ini memiliki jenis Hangul yang dipenuhi dengan homonim. Homonim memiliki makna sebagai kata atau ejaan yang berbunyi sama tetapi punya arti yang beda.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.