Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Untuk Para Pelajar Sekolah ! 7 Tempat Wisata Edukasi Yang Ada Di Bandung

Observatorium Boscha Bandung 2

Madingmu.com – Jika berbicara tentang Kota Bandung, pastinya akan selalu teringat dengan banyaknya tempat wisata yang memiliki panorama alam menakjubkan. Tidak hanya keindahan alamnya saja, Bandung juga mempunyai tempat wisata edukasi yang cocok untuk didatangi oleh para pelajar sekolah maupun masyarakat umum, sebagai sarana pengetahuan dan objek memperluas wawasan.

Meskipun hanya memiliki konsep wisata dan edukasi, akan tetapi ruang yang ditampilkan sebagai sarana pembelajaran di tempat tersebut tak kalah keren dan uniknya dengan tempat rekreasi pada umumnya. Pengujung yang datang pun tidak hanya mendapatkan informasi bermanfaat dari tempat tersebut, namun akan mendapatkan pengalaman yang tidak biasa.

Dibawah ini merupakan 7 tempat edukasi bagi pelajar sekolah yang bisa kamu kunjungi :

  1. Observatorium Bosscha

Wisata edukasi selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Observatorium Bosscha, tempat ini merupakan pusat pengamatan tata surya atau benda langit modern pertama di Asia Tenggara.

Tempat ini berada di Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dan mulai terkenal pada tahun 2000-an karena pernah tampil dalam scene film Petualangan Sherina, yang diperankan oleh Sherina Munaf dan Derby Romero.

Pengunjung yang datang ke Observatorium Bosscha akan diajak bekerliling ke beberapa area bangunan peninggalan Karel Albert Rudolf Bosscha tersebut. Selain itu, ditempat ini juga terdapat terpong bintang raksasa yang digunakan untuk memantau pergerakan benda langit di malam hari seperti bintang, planet, dan satelit yang jaraknya sangat jauh dari bumi.

Untuk dapat berwisata ke lokasi ini, pengunjung diwajibkan melakukan boking tiket secara online terlebih dahulu, karena jumlah kunjungan per hari dibatasi sekitar 50 orang saja. Dan harga tiket per orang sebesar Rp50.000, serta jam maupun hari bisa dipilih sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pihak pengelola observatorium. Dan pemesanan tiket dapat dilakukan pada link ini :

https://bosscha.itb.ac.id/id/publik/kunjungan/jadwal-daftar/

  1. Museum Geologi

Museum Geologi merupakan tempat yang memiliki sarana edukasi dan informasi dibidang kebumian serta satu-satunya yang ada di Indonesia. Lokasinya berada didekat dengan Gedung Sate, Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

Para pelajar ataupun masyarakat umum yang berkunjung ke tempat ini dapat melihat dan mengamati berbagai macam benda-benda purba yang ada disana seperti fosil dinosaurus, batu-batuan, hingga mineral.

Wisata edukasi ini juga memiliki tiga kategori seperti sejarah kehidupan, geologi Indonesia, dan Geologi kehidupan manusia. Museum geologi Buka pada pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB, libur setiap hari Senin dan Jumat. Harga tiket masuk untuk Pelajar Rp2.000 dan untuk umum Rp5.000.

  1. Udjo Ecoland

Ingin bertamasya sambil belajar konservasi di Bandung? Kamu bisa mengunjungi Udjo Ecoland yang merupakan tempat argowisata dan dikelola oleh Saung Angklung Udjo.

Tempatnya berada di Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pengunjung atau para siswa yang sedang melakukan karya wisata akan belajar tentang tata cara seperti bertani, berternak, dan berkonservasi dengan cara yang sangat menyenangkan. Dengan memiliki luas area sebesar 5 hektar serta terdapat beberapa program edukasi yang ditujukan kepada anak-anak sekolah, komunitas, dan keluarga. Seperti argo camp, argo walk, dan macam-macam workshop. Kemudian harga tiket masuk udjo ecoland sebesar Rp10.000 per orang.

  1. Edutaiment Dirgantara Indonesia.

Edutaiment Dirgantara Indonesia merupakan wisata edukasi yang diselenggarakan oleh pihak PT Dirgantar Indonesia (PTDI) dan merupakan pusat informasi kepada masyarakat untuk mengenal satu-satunya industri pesawat terbang yang ada di Asia Tenggara, tempat ini berada di PTDI Jalan Pajajaran No 154 Kota Bandung. Dan Jika ingin mengenal tentang sejarah penerbangan Indonesia, para pengunjung bisa datang ke Edutaiment Dirgantara Indonesia yang berada di dekat Bandara Husein Sastranegara Bandung. Pengunjung juga akan diajak untuk berkeliling menggunakan bus Bandros dan melilhat beberapa koleksi pesawat yang menjadi kebanggaan Indonesia. Tempat ini buka pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB, harga tiket masuk nya sebesar Rp30.000 per orang.

  1. Wisata Kampung Adat Cirendeu

Wisata Kampung Adat Cirendeu berada di Cireundeu, Kel. Leuwigajah, Kec. Cimahi Sel, Kota Cimahi, Jawa Barat. Wisata ini merupakan salah satu sarana edukasi yang unik, pasalnya kampung tersebut masih menjaga tradisi kepercayaannya.

Seperti mengkonsumsi singkong merupakan makanan pokok sehari-hari masyarakat tersebut. Selain itu masyarakatnya juga masih menjaga adat istiadat Sunda, terbukti dengan adanya bangunan berbahan dasar kayu yang disebut Bale. Adapula bangunan rumah yang terbuat dari kayu juga, dan didalamnya berisi macam-macam alat musik tradisional seperti angklung, kecapi, suling dll. Terdapat juga papan-papan yang berisikan aksara Sunda.

Pengunjung yang datang kebanyakan berasal dari luar daerah Bandung dan Cimahi, ada yang sekedar berwisata edukasi atau pun melakukan penelitian. Biasanya jika ada kunjungan dari para siswa sekolah, masyarakat kampung cirendeu akan mengajarkan cara mengolah singkong, membuat kerajinan dari janur, dan diajak menjelajah ke puncak salam yang berada di sekitar lokasi.

  1. Puspa Iptek Sundial

Di pusat Iptek Sundial, para pengunjung akan mengenal banyak hal tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tempat ini memiliki ikon khas berupa jam matahari yang berada luar ruangan.

Tempat ini juga menjadi Science Center terbesar yang ada di Jawa Barat. Ada beberapa alat yang menjadi koleksi unik dan menarik, diantaranya kursi berpaku, meja cahaya, parabola suara, sepeda gantung, dll.

Wisata edukasi tersebut berada di kawasan Kota Baru Parahyangan, Jl. Raya Padalarang No.427, Kertajaya, Kec. Padalarang, Bandung, Jawa Barat

Buka pada pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB, tiket masuk seharga Rp20.000 per orang.

  1. Perpus Alam Malabar

Membaca buku sambil menikmati panorama alam hanya dapat kamu lakukan di Perpus Alam Malabar. Meskipun tempatnya tergolong masih sederhana, namun sarana edukasi tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh anak sekolah sekitar lingkungan bahkan untuk umum. Lokasi nya terletak di Suka Negara, Mekarsari, Kec. Pacet, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Selain melakukan aktivitas membaca, pengunjung juga akan diajak untuk bercocok tanam, serta mengenal macam-macam tumbuhan, dan akan diajak berkeliling pematang sawah oleh sang pengelola.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.