Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) Buka Seleksi Mandiri Jalur “Youtuber” Cek Syarat Dan Informasinya!

20230521 122623

Madingmu.com – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) membuka Seleksi Mandiri (SEMA) untuk jalur konten kreator YouTuber. Pendaftaran ini sudah dibuka mulai tanggal 2 Juni hingga 23 Juni 2023 mendatang

Salah satu jalur prestasi yang disediakan oleh UPNVJ bagi calon mahasiswa yang aktif di YouTube adalah jalur Konten Kreator YouTuber. Prosedur seleksi yang dikenal dengan jalur prestasi ini menggabungkan persyaratan kelulusan jalur akademik dengan prestasi akademik maupun non akademik.

Kuota untuk jalur prestasi di UPNVJ adalah 10%, meliputi 2% untuk jalur konten kreator Youtuber, 2% untuk jalur Olimpiade Sains, 2% untuk jalur Olah Raga dan Seni, 2% untuk jalur Hafiz Al Quran, dan 2% untuk jalur Ketua OSIS.

Sama halnya dengan jalur prestasi Hafidz Al-Qur’an, pendaftar program Youtuber juga akan mengikuti tes keterampilan dan tes yang diselenggarakan oleh UPNVJ. Berikut Syarat pendaftarannya :

Baca Juga : Gubernur Jawa Barat Uji Coba Motor Listrik Buatan Siswa SMKN 1 Majalengka

Syarat Daftar Jalur Youtuber UPNVJ 2023

  1. Memiliki subscribers asli dengan jumlah minimal 10.000 subscribers
  2. Memiliki minimal dua video dengan masing-masing minimal 100.000 penonton. Kriteria konten harus bermanfaat, mendidik, kreatif, inspiratif, orisinal, menarik, dan memenuhi standar editing, dan kualitas gambar yang baik.
  3. Pendaftar wajib mengunggah bukti screenshot dari profil YouTube dan menyertakan alamat tautan kanal youtube yang selanjutnya akan divalidasi oleh tim seleksi.
  4. Wajib mengikuti uji keterampilan berupa pembuatan video berdurasi 3 – 5 menit dengan tema yang ditetapkan oleh Panitia SEMA UPNVJ dengan menggunakan peralatan atau perlengkapan masing-masing.
  5. Wajib mengunggah surat pernyataan kesediaan berkontribusi bagi UPNVJ minimal membuat 1 konten promosi UPNVJ per semester.
  6. Waktu dan tempat pelaksanaan uji keterampilan konten kreator youtube bagi pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat akan diumumkan pada Senin, 26 Juni 2023.
  7. Wajib mengikuti uji keterampilan yang akan dilaksanakan pada Senin, 3 Juli 2023.
  8. Uji keterampilan konten kreator youtube bertempat di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Lantai 4, Gedung Rektorat, Kampus Pondok Labu UPNVJ.

Baca Juga : 12 Jurusan SMK yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan, Lengkap!

Tata Cara Daftar Jalur Youtuber UPNVJ 2023

  1. Masuk ke laman https://penmaru.upnvj.ac.id/
  2. Mengisi nama lengkap, tempat & tanggal lahir, nomor peserta UTBK – SNBT 2023, NISN, NPSN, nomor telepon seluler, dan alamat email untuk mendapatkan Nomor Formulir dan Personal Identification Number (PIN).
  3. Konfirmasi data UTBK – SNBT 2023. Apabila sesuai maka dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan klik “Simpan”. Jika tidak sesuai maka Pendaftar diminta untuk mengecek kembali data pendaftaran UTBK – SNBT 2023.
  4. Pendaftar akan diberikan informasi mengenai Nomor Formulir dan PIN yang akan dikirimkan melalui email. Namun demikian, Pendaftar harap tetap mencatat dan menyimpan Nomor Formulir dan PIN (Foto/screenshot).
  5. Membayar biaya pendaftaran melalui BNI, BSI dan atau BTN untuk mengaktifkan PIN.
  6. Setelah melakukan pembayaran, Nomor Formulir dan PIN sudah bisa digunakan untuk login.
  7. Mengunggah pas foto
  8. Mengisi data pribadi yang meliputi biodata dan data orangtua atau wali
  9. Mengisi data asal sekolah
  10. Memilih program studi pilihan 1 dan 2 (Merdeka Bertanggung Jawab)
  11. Memilih jalur seleksi (Akademik atau Prestasi)
  12. Mengunggah dokumen seleksi (untuk Jalur Prestasi)
  13. Menyatakan kesanggupan pembayaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)
  14. Mengunduh, mencetak, mengisi, dan mengunggah surat pernyataan kesanggupan membayar SPI dan UKT
  15. Memeriksa data yang telah diisi. Jika sudah sesuai maka klik “Finalisasi”. Jika sudah klik” Finalisasi” maka data akan terkunci dan tidak dapat di edit (pastikan data yang diisi benar)
  16. Mencetak Kartu Peserta Pendaftaran SEMA UPNVJ
  17. Mencetak Kartu Peserta Ujian SEMA UPNVJ sesuai jadwal.

Informasi lengkapnya bisa langsung kunjungi website UPNVJ

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.