Selasa , 23 April 2024
HeadlineKilas Pendidikan

12 Jurusan SMK yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan, Lengkap!

20191014 090405 3457418162
Salah satu contoh kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan SMKN 1 Jepara

madingmu.com – Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK merupakan salah satu jenis sekolah menengah yang memiliki banyak jurusan. Jurusan SMK diperuntukkan bagi siswa yang ingin memiliki keahlian khusus di satu bidang, seperti kecantikan, teknik, atau perkantoran.

Bersekolah di SMK adalah tempat yang tepat untuk mempersiapkan diri jika Anda berencana untuk langsung bekerja setelah lulus SMA. Karena SMK berfokus pada praktik kerja yang sebenarnya. Apa saja jurusan SMK yang bisa menjadi pilihan Anda? Simak ulasan berikut ini sebagai referensi.

12 Daftar Jurusan SMK yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan
Bagi Kamu yang berencana melanjutkan pendidikan ke SMK, berikut ini adalah penjelasan mengenai berbagai jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan dan banyak diminati di Indonesia. Bisa jadi referensi, yuk simak!

1. Administrasi Perkantoran

Jurusan SMK pertama saya adalah administrasi perkantoran. Prospek karir jurusan administrasi perkantoran antara lain sebagai admin, resepsionis, atau sekretaris. Di jurusan ini, kamu tidak hanya akan belajar tentang tugas-tugas yang berhubungan dengan perkantoran, seperti tugas-tugas.

Kamu juga akan belajar tentang etika dasar di lingkungan kerja, mulai dari cara mengangkat telepon dan berbicara di depan umum yang baik saat mempresentasikan pekerjaan hingga cara mempersiapkan kebutuhan untuk rapat.

2. Akuntansi

Selain administrasi perkantoran, jurusan kejuruan yang paling populer berikutnya adalah akuntansi. Saat memasuki jurusan ini, Kamu akan belajar tentang pengetahuan teori dan praktik akuntansi dari dasar.

Prospek karir jurusan ini juga cukup bagus. Pasalnya, setiap perusahaan pasti membutuhkan jasa akuntan untuk mengelola urusan keuangan. Gajinya pun tergolong tinggi untuk lulusan SMK, sekitar Rp3-5 juta per bulan.

3. Farmasi

Farmasi merupakan jurusan yang cukup populer sebagai pilihan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, beberapa SMK juga menyediakan jurusan ini. SMK Farmasi berfokus pada pembelajaran tentang biologi dan kimia untuk memproduksi obat-obatan.

Selain itu, di jurusan farmasi, Kamu juga akan belajar tentang seluk beluk administrasi kesehatan. Jadi, saat lulus nanti kamu akan siap menjadi asisten apoteker dan memahami peraturan-peraturan mengenai distribusi obat-obatan.

4. Keperawatan

Jurusan SMK yang satu ini juga berhubungan dengan kesehatan. Ya, SMK keperawatan menjadi jurusan yang banyak diincar oleh para siswa. Hal ini karena prospek kerja seorang perawat cukup terbuka lebar, antara lain sebagai asisten laboratorium, asisten dokter gigi, atau home care.

Gaji seorang perawat juga tergolong tinggi, lho. Jika ditambah dengan tunjangan, kamu bisa mendapatkan sekitar Rp 5-7 juta per bulan. Jika Kamu menjadi siswa SMK keperawatan, Kamu akan belajar tentang penyakit-penyakit yang umum terjadi, cara membaca hasil laboratorium, dan yang paling penting adalah cara berkomunikasi dengan pasien.

5. Multimedia atau Desain Grafis

Jika Kamu bercita-cita menjadi seorang content creator, ini adalah program kejuruan yang bisa Kamu pilih untuk menunjang kemampuan multimedia Kamu. Desain grafis merupakan salah satu jurusan vokasi yang mudah mendapatkan pekerjaan karena Kamu bisa membangun bisnis sendiri melalui keahlian ini.

Di jurusan MM yang merupakan singkatan dari nama jurusan Multimedia SMK, Kamu akan banyak belajar mengenai cara menggunakan software editing seperti Adobe Premier, Photoshop atau After Effects. Selain itu, ketika masuk jurusan Multimedia, Anda harus memiliki kreativitas yang tinggi.

6. Bisnis dan Pemasaran

Jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah Bisnis dan Pemasaran. Dengan keahlian di bidang ini, Kamu bisa bekerja di mana saja, atau bisa juga membuka usaha sendiri!

Saat masuk jurusan bisnis dan pemasaran, Kamu akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan bisnis. Hal-hal tersebut meliputi kemampuan manajemen bisnis, inovasi produk, administrasi transaksi, dan lain-lain.

7. Perhotelan

Di SMK perhotelan, Kamu akan mempelajari banyak hal, tidak hanya tentang bagaimana melakukan perawatan hotel, tetapi juga cara berkomunikasi yang baik, kepariwisataan, tata graha, bahasa asing, tata boga, dan administrasi perhotelan.

Seiring berkembangnya pariwisata di Indonesia, jumlah hotel dan akomodasi juga semakin bertambah. Hal ini berarti kebutuhan tenaga kerja di bidang ini juga semakin tinggi. Prospek kerja bagi mahasiswa jurusan perhotelan antara lain sebagai resepsionis, room service, asisten koki, dan lain sebagainya.

8. Seni Kuliner

Selain desain busana, SMK juga menyediakan jurusan yang cocok jika Kamu suka memasak. Tata boga adalah salah satu jurusan yang paling menyenangkan karena Kamu akan banyak bereksperimen dengan menu-menu baru.

Namun, tata boga tidak hanya sebatas belajar memasak saja, tapi kamu juga akan memahami cara menyajikan hidangan, pengukuran gizi, dan manajemen bisnis kuliner. Lantas, bagaimana setelah lulus? Kamu bisa menjadi chef atau asisten chef di restoran atau membuka usaha kuliner sendiri.

9. Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak sangat erat kaitannya dengan teknik informatika, ilmu yang mempelajari tentang pembuatan dan pemeliharaan perangkat lunak. Satu hal yang tidak akan lepas dari jurusan ini adalah pelajaran tentang coding, algoritma, dan desain.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan digitalisasi, kemampuan tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Karir yang menanti lulusan jurusan software engineering seperti software engineering, development, atau programming.

10. Keuangan Syariah

SMK menyediakan jurusan perbankan, termasuk perbankan/keuangan syariah juga. Jika memilih jurusan ini, kamu akan mempelajari lembaga keuangan syariah, ekonomi syariah dasar, asuransi syariah, dan etika pelayanan nasabah bank.

Setelah lulus dari SMK jurusan perbankan/keuangan syariah, Kamu bisa berkarir sebagai staf administrasi bank, customer service, atau teller di bank syariah.

11. Perancang Busana

Fashion Designer adalah nama program kejuruan dalam bahasa Inggris untuk desain busana. Jurusan kejuruan ini cukup populer di kalangan pelajar. Jurusan ini tidak hanya terbatas pada wanita saja, banyak juga pelajar pria yang tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang desain dan fashion.

Dengan mempelajari ilmu fashion, Kamu akan memiliki kesempatan yang sangat baik untuk menjadi seorang desainer atau membangun bisnis pakaian yang kini sedang populer.

Bidang industri ini juga dapat memberikan masa depan yang cerah, kamu pasti sudah sering mendengar beberapa acara penting seperti Paris Fashion Week atau New York Fashion Week. Kamu bisa ikut berpartisipasi di dalamnya jika Kamu memiliki keahlian di bidang ini.

12. Tata Rias (Kecantikan)

Salah satu cara untuk memilih jurusan kejuruan adalah dengan mengetahui bakat dan minat Kamu. Jika Kamu memiliki minat yang tinggi terhadap kecantikan, jurusan ini mungkin cocok untuk Kamu.

Dengan mengambil jurusan tata rias atau kecantikan, Kamu dapat mengembangkan minat dan meningkatkan kemampuan tata rias Kamu. Hal ini karena kamu akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kecantikan, seperti perawatan wajah, tata rias wajah, cara menata rambut, dan lain sebagainya.

Prospek jurusan ini cukup cerah, lho. Kamu pasti pernah mendengar MUA (Makeup Artist) yang dibayar hingga jutaan rupiah untuk sekali merias wajah. Nah, Kamu juga bisa menjadi seperti mereka!

Nah, itu dia sederet berbagai jurusan SMK yang paling banyak diminati dan memiliki prospek karir yang bagus di masa depan. Sudahkah Anda memikirkan jurusan apa yang akan dipilih saat SMK nanti?

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.