Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

5 Jurusan Kuliah Ini Ternyata Sepi Peminat!

kuliah 2

Madingmu.com – Di fakultas, jurusan adalah bidang studi yang dipilih dan dikonsentrasikan oleh mahasiswa. Spesialisasi jurusan biasanya dibagi menjadi tiga kategori: humaniora, ilmu eksakta, dan ilmu sosial. Perlu diketahui bahwa istilah jurusan dan program studi dapat dipertukarkan.

1.Devisi grafis

Meskipun jurusan geografi sama kerennya dengan jurusan lain, calon mahasiswa UI tidak jarang yang mendekati jurusan ini. Mahasiswa di jurusan ini akan mendalami berbagai macam topik, mulai dari geografi penduduk hingga oseanografi. Dari prosedur seleksi sebelumnya, diketahui bahwa tidak ada korelasi yang erat antara daya tampung dan penerimaan. Daya tampung jalur SNMPTN adalah 20 orang, dengan persentase keketatan 15,50% pada tahun sebelumnya. Untuk jalur masuk SBMPTN, setidaknya ada 198 kandidat untuk setiap 30 orang yang terpilih, yang berarti keketatannya sekitar 15,66%. Jalur terakhir adalah SIMAK UI, di mana terdapat 1347 kandidat dan daya tampung sebanyak 50 orang. Hal ini menunjukkan bahwa persentase keketatannya adalah 3,71%.

2.Departemen Fisika UI

Jurusan Fisika yang merupakan jurusan berikut ini memiliki peminat yang lebih sedikit dibandingkan jurusan lainnya. Jurusan Fisika di UI berada pada daya tampung dan tingkat keketatan sebagai berikut: Jalur masuk SNMPTN memiliki tingkat keketatan 17,24%, jumlah pendaftar 116 orang, daya tampung 20 orang, dan tingkat keketatan 17,24%. Jalur SBMPTN yang memiliki daya tampung 30, dan 238 pendaftar, memiliki tingkat keketatan 12,61 persen. Jalur SIMAK UI, dengan daya tampung 50, dan keketatan 4,44 persen.

3. Jurusan Kimia UI

Nah, ternyata jurusan Kimia di UI juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang senang berhitung, selain jurusan Fisika, lho.Meskipun peminat di jurusan Kimia UI belum banyak, namun peluangnya cukup besar untuk masa depan.Mata kuliah di jurusan ini mencakup berbagai topik yang menarik, seperti kimia kuantum, kimia organik, kimia fisik, mineral, dan masih banyak lagi.Kapasitas dan tingkat keketatan departemen ini adalah sebagai berikut:

Dengan daya tampung 20 orang, tingkat keketatan pada jalur penerimaan SNMPTN mencapai 12,99% dengan jumlah peminat sebanyak 154 orang. Kemudian, jalur penerimaan SBMPTN memiliki keketatan 11,19% dengan daya tampung 30 dan jumlah pendaftar sebanyak 30. Lalu, dengan daya tampung 50 dan keketatan 2,65%, terdapat 1888 pendaftar untuk jalur SIMAK UI.

4. Departemen Geofisika UI

Jurusan Geofisika di UI adalah jurusan yang paling tidak disukai berikutnya. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa lulusan dari jurusan geofisika akan sangat diminati oleh dunia usaha, terutama di sektor pertambangan dan energi. Dan seperti yang sudah diketahui, pekerjaan di sektor pertambangan dan energi tidak diragukan lagi akan bergaji besar. Oleh karena itu, daya tampung dan daya tampung jurusan ini adalah sebagai berikut:

Untuk jalur penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN yang memiliki daya tampung 12 orang, terdapat 78 pendaftar dan keketatan 15,38%. Untuk jalur SBMPTN dengan daya tampung 18, terdapat 131 pendaftar dan keketatan 13,74%.Kemudian, di jalur SIMAK UI, terdapat 482 pendaftar dan daya tampung 30, sehingga persentase keketatannya adalah 6,22%.

5. Departemen Biologi UI

Jurusan Biologi di UI berada di peringkat kelima. Meskipun akan ada banyak hal yang bisa dipelajari di jurusan ini, mulai dari makhluk hidup hingga kuman, jurusan ini pasti akan menyenangkan untuk dipelajari. Tampaknya tidak banyak peminat di jurusan ini. Berikut ini adalah persentase sesak dan kapasitasnya: Dengan daya tampung 20 orang, terdapat 149 pendaftar dan persentase keketatan 13,42% pada jalur SNMPTN, lalu 10,58% pada jalur SBMPTN yang berkapasitas 30 orang dan 293 pendaftar. Kemudian, dengan daya tampung 50 orang dan 2083 pendaftar, SIMAK UI mengalami kenaikan sebesar 2,50%.

Demikianlah informasi mengenai lima jurusan yang kurang terkenal di UI, dan Anda harus mencobanya.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.