Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineMading DigitalSerba Serbi

Tradisi Bakar Batu, Ritual Syukuran Masyarakat Papua

cdc3678b18075843b0868fddccc5e45d

Madingmu.c0m – Masih banyak yang belum familiar dengan istilah ini. Bakar Batu merupakan kegiatan masak memasak dalam jumlah besar di hari-hari tertentu. Sama halnya dengan kegiatan syukuran, Bakar Batu diadakan saat menyambut kebahagiaan. Seperti penobatan kepala suku, perkawinan, kelahiran, menyambut sanak saudara, dan kelulusan.

Bakar Batu juga dilakukan sebagai bentuk perdamaian setelah adanya perang suku, maupun permasalahan yang melibatkan banyak orang. Dikatakan sebelum memasuki bulan puasa, masyarakat Papua juga mengadakan tradisi ini sebagai momen agar saling memaafkan.

Tradisi ini juga menjadi simbol kesederhanaan masyarakat Papua dalam menjunjung kekompakan, kebersamaan ketulusan dan keikhlasan yang membawa pada perdamaian. Karena ritual ini merupakan kegiatan besar yang memerlukan banyak pihak.

Membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk memasak makanan sampai matang, namun kembali lagi dengan jumlah dan jenis makanan yang dimasak. Prosesnya cukup lama maka dari itu saat prosesi ritual, makanan yang dimasak tidak sedikit karena tanggung.

Sebelum memulai masak, masyarakat menggali lubang besar terlebih dahulu, lalu membakar kayu di dalamnya, kemudian ditumpuk dengan batu-batu besar. Setelahnya ditutupi oleh dedaunan kering untuk kembali dibakar.

Setelah panas batu-batu besar tadi disusun rapi sebagai media memasak. Makanan yang sudah siap dibakar dibungkus oleh daun pisang terlebih dahulu agar tidak kotor. Kemudian kembali ditumpuk oleh batu-batu panas.

Walaupun membutuhkan waktu yang lama karena memanaskan batu tidak sebentar, semuanya terbayarkan saat menikmati hasil masakannya karena rasanya yang lezat. Sembari menunggu, biasanya para pemuda menghabiskan waktunya dengan menari-nari. Hal ini dilakukan karena tujuannyayaitu berpesta, berkumpul dan bersenang-senang.

Penulis: Nareswari Nirwasita

Sumber: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditwdb/bakar-batu/ https://arsip.jubi.id/makna-upacara-bakar-batu-suku-dani/amp/#:~:text=Upacara%20bakar%20batu%20dilakukan%20oleh,lainnya%20yang%20melibatkan%20orang%20banyak.https://www.orami.co.id/magazine/upacara-bakar-batu

Sumber Foto: https://pin.it/2N4W5Z2

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.