Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganRuang SiswaTerpopuler

Tips Hemat Untuk Anak Kos dan Mahasiswa

manage uang

Madingmu.com- Setiap anak kos harus tahu seperti apa tips hemat yang paling efektif agar bisa bertahan hidup di perantauan. Harus kuliah diluar kota tentunya bukanlah hal yang mudah. Sayangnya masih banyak anak kos yang lebih sering melakukan pemborosan dan tidak bisa mengelola keuangan lebih bijak. Kalau tidak pinter manage uang pasti bakal selalu boros setiap akhir bulan. Yuk simak beberapa tips hemat untuk anak kos dan mahasiswa berikut ini.

1. Lebih Baik Masak daripada Beli Diluar

Dengan memasak kita bisa menghemat pengeluaran sebesar 50% atau kalian bisa masak nasi terus lauknya beli diluar. Selain hemat masak sendiri juga bisa lebih sehat dan lebih higienis.

2. Kurangi Jajan

Saat keluar kos, kamu mungkin akan tergoda untuk membeli jajanan. Sebisanya, coba untuk menahan diri untuk tidak membelinya. Jajan bukanlah hal yang buruk dan tetap bisa dilakukan, tapi harus tetap dikontrol sesuai dengan budget yang ada. Salah satu cara menyiasati jajan adalah membeli makanan ringan yang cukup murah tapi bisa disimpan dan dimakan cukup lama.

3. Meminimalisir Pengeluaran Sekecil Apapun

Misal kalau kamu akan transfer uang ke teman kamu tapi rekening mereka beda, otomatis harus bayar untuk biaya admin kalau akan transfer uangnya. Jika akan membeli sesuatu, diusahakan untuk membeli keperluan yang paling penting dan tidak boleh membuang uang hanya untuk hal yang tidak perlu.

4. Kurangi Biaya Transportasi

Jika kamu akan bepergian pada jarak yang dekat diusahakan untuk berjalan kaki, jika tidak memungkinkan pakai transportasi umum seperti angkot agar harganya terjangkau. Karena kalau pakai ojek online akan menyedot pengeluaran yang lumayan jika sering digunakan dari jarak yang dekat. Jadi pakailah ojek online apabila jarak tempuhnya lumayan jauh.

5. Catat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Anak kos wajib yang sudah memiliki daftar anggaran bulanan harus mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara rutin. Memiliki daftar anggaran bulanan dan mencatat setiap pengeluaran akan memudahkan untuk melacak kemana perginya uang yang telah dikeluarkan. Saat ini mencatat pemasukan dan pengeluaran tidak perlu ribet karena sudah banyak aplikasi keuangan yang bisa dimanfaatkan.

Nah itu dia beberapa tips hemat untuk anak kos dan mahasiswa yang semoga bisa membantu dalam me-manage keuangan dengan bijak.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.