Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Ternyata Konsumsi Gula Berlebih Dapat Sebabkan 3 Penyakit Berbahaya Ini lho, No. 2 Bikin Takut

1668054825106 mengenal jenis jenis gula dan kegunaannya

Madingmu.com – mengkonsumsi gula untuk makanan dan minuman dalam keseharian pastinya adalah hal yang wajar dan umum. Akan tetapi segala sesuatu yang berlebihan itu tidak lah baik, salah satunya apabila mengonsumsi gula berlebih dapat berdampak pada kesehatan seseorang.

Terdapat banyak ancaman penyakit yang bisa hinggap, jika seseorang mengonsumsi gula dalam takaran yang melebihi batas seharusnya. Terdapat anjuran konsumsi gula dari Kemenkes, per harinya yaitu sebanyak 50 gram atau empat sendok makan saja.

Apa saja sih bahaya konsumsi gula secara berlebih yang bisa memicu penyakit berbahaya, Simak dibawah ini :

  1. Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Untuk penyakit berbahaya yang satu ini, mungkin sudah tak asing karena sering dikaitkan dengan gula. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi gula dapat menyebabkan diabetes, namun terdapat hubungan yang kuat.

Yang mana, hal ini dapat dikaitkan dengan obesitas yang menjadi faktor diabetes paling kuat. Mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak dalam jangka panjang dapat mendorong resistensi terhadap insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas yang mengatur kadar gula darah.

Resistensi insulin menyebabkan kadar gula darah meningkat dan sangat meningkatkan risiko diabetestipe 2.

Sebenarnya, masih banyak lagi penyakit lain yang dapat disebabkan oleh konsumsi gula yang berlebihan seperti masalah kulit, meningkatkan risiko depresi, masalah jerawat dan lainnya.

Sehingga, sudah saatnya untuk memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi gula sesuai anjuran kesehatan.

  1. Tingkatkan Risiko Kanker

Maraknya makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, memungkinkan seseorang untuk kecanduan. Dan hal itu bisa berdampak parah dan serius jika terus menerus dilakukan, bahkan bisa memicu risiko kanker.

Pola makan yang kurang sehat adalah salah satu sumber penyakit, selain bisa menjadikan seseorang menjadi obesitas hal itu juga dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan risiko kanker.

Dilansir dari laman Healthline, sebuah studi menganalisa 37 studi kohort porspektif menemukan bahwa dalam dua dari lima studi mengenai konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan risiko kanker sebesar 60 hingga 95%.

Penelitian lain menemukan, asupan gula dapat dikaitkan dengan jenis kanker tertentu. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 22.720 orang pria selama lebih dari sembilan tahun menemukan bahwa peningkatan konsumsi gula dari minuman manis dapat dikaitkan dengan risiko kanker prostat.

Sementara itu, studi lainnya menemukan bahwa kanker kerongkongan dikaitkan dengan peningkatan sukrosa atau gula serta makanan dan minuman penutup yang manis.

  1. Memicu Perlemakan Hati

Penyakit berbahaya selanjutnya adalah memicu perlemakan hati, asupan fruktosa yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut. Fruktosa merupakan jenis gula yang umum, dengan salah satu sumber utamanya adalah sirup jagung, biasanya fruktosa yang tinggi digunakan untuk mempermanis permen, serela, soda dan lainnya.

Sebuah studi menemukan jika mengonsumsi fruktosa secara berlebihan dapat menyebabkan perlemakan hati.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.