Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Tempat Wisata Edukasi Di Tasikmalaya

1680074897 1673711715 sabtu4a

Madingmu.com – Wisata edukasi gak melulu harus ke museum, kamu juga bisa menuju desa wisata maupun taman wisata, Tasikmalaya merupakan salah satu nama daerah yang ada di Jawa Barat. Tasikmalaya pun memiliki sebutan yaitu Mutiara dari Priangan Timur. Tasikmalaya bisa menjadi salah satu pilihan wisata untuk kamu dan keluargamu berlibur loh. Terdapat beberapa wisata edukasi yang berpadu dengan keindahan alam dan keramahan masyarakatnya.

Mau tau tempat wisata edukasi yang ada di tasikmalaya?

Kampung Naga

Kampung Naga merupakan salah satu desa tradisional yang masih kental dengan budaya Sunda. Kampung Naga bisa menjadi tempat wisata edukasi untuk kamu yang tertarik dengan budaya Sunda, seperti kegiatan sehari-hari masyarakat setempat, rumah tradisional, hingga adat istiadat.

Setibanya di sini, kamu akan disuguhi dengan deretan rumah tradisional berbahan bambu, ijuk, dan tanpa listrik yang berpadu dengan alam. Namun, tempat ini pun sudah dilengkapi dengan toilet dan warung makan sebagai fasilitas untuk wisatawan yang berkunjung.

Desa Wisata Taraju

Desa Wisata Taraju terletak di Desa Taraju, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya. Desa wisata ini, merupakan juara satu untuk kategori Digital dan Kreatif dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Di des aini kamu dapat menikmati keindahan alam berupa air terjun, aliran sungai, hamparan sawah, hingga perkebunan teh. Selain itu, kamu juga dapat melihat atau terlibat langsung dalam proses daur ulang limbah rumah tangga yang nantinya akan menjadi berbagai produk industri kreatif seperti tas dan tikar.

Kamu juga bisa belajar seni dan budaya di Desa Wisata Taraju, seperti kacapi suling, kuda lumping, dulag, dll. Buat kamu pecinta teh maupun kopi, kamu bisa mencoba wisata petik teh atau kopi hingga melihat proses pengolahannya.

Sedangkan, untuk kamu yang suka kulineran, kamu bisa mencicipi makanan khas Sunda. Seperti nasi timbel, sate ciranti, dan nasi liwet. Kalau belum puas, kamu juga bisa menginap di homestay yang telah tersedia loh. Kamu juga bisa memilih paket tertentu dengan harga beragam.

Museum Sukapura

Buat kamu yang ingin wisata edukasi terutama tentang sejarah, kamu dapat mengunjungi Museum Sukapura. Museum ini terletak di Sukapura, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya. Museum ini disebut juga dengan nama Museum Alit dan baru diresmikan pada tanggal 19 Agustus tahun 2000.

Bangunan museum tersebut memang tidak besar, tetapi cukup untuk menampung berbagai koleksinya. Ada dua ruangan berbeda yang salah satunya tidak bisa dimasuki sembarang orang. Namun, kamu tetap bisa melihat dan memotret koleksi yang berada di saru ruangan lainnya.

Didalam nya terdapat koleksi peninggalan pemerintahan Sukapura yang dibentuk oleh Belanda pada tahun 1682. Di antaranya seperti tombak, kujang, keris, Meriam, bonang, binokasih hingga siger.

Jika kamu ingin mengunjungi museum ini, kamu bisa datang pada hari Senin-Sabtu, pukul 08.00-16.00 WIB.

Wisata Batu Mahpar Galunggung

Nama Batu Mahpar Galunggung berasal dari batuan bekas aliran lava dari erupsi Gunung Galunggung zaman dahulu. Kemudian, membentuk aliran sungai dan menjadi geopark.

Kamu pun dapat mengunjungi beberapa spot menarik, seperti beberapa air terjun, museum mini, kolam renang, hingga mini zoo. Ada tiga museum mini dengan nama dan koleksi berbeda, Museum Galunggung, Museum Islam Malik Al Hindi, dan Museum Bumi Awi Maharani.

Museum Galunggung menampilkan sejarah dan budaya Tasikmalaya, Galunggung, hingga artefaknya. Museum Islam Malik Al Hindi menyajikan sejarah masuknya Islam dan perkembangannya dari zaman Rasulullah hingga ke Tatar Sunda Sukapura. Sedangkan Museum Bumi Awi Maharani memiliki sekitar 1.000 koleksi bambu awi dan berbagai jenis tanaman langka.

Baca Juga : Liburan, Tempat Wisata Lembang Bandung yang Paling Diminati oleh Wisatawan!

Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik berada di Jalan Dr. Moh. Hatta Nomor 331, Desa Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya. dekat sekali dengan pondasi jembatan yang menjadi saksi peristiwa bersejarah, Agresi Militer pada tahun 1947.

Meski tidak berada di pusat kota, tetapi jalur yang dilalui merupakan jalur antar provinsi dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini memiliki Taman Bermain Air, Wonderland, Taman Bunga, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kemudian anak-anak  dapat mengunjungi Rumah Pintar Polisi untuk belajar rambu-rambu lalu lintas dan mengetahui tugas dari polisi. Ada pula Farm House yang dilengkapi dengan wahana outbound dan kamu bisa berinteraksi dengan hewan jinak, seperti kelinci.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.