Kamis , 29 Februari 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Museum di Jawa Barat yang Cocok Dikunjungi Pada Libur Akhir Tahun

6380e54e2fc79

Madingmu.com – Menikmati libur akhir tahun tak selamanya harus pergi ke tempat destinasi wisata. Akan tetapi kamu juga bisa menikmati libur akhir tahun dengan berkunjung ke museum yang ada di Jawa Barat.

Jawa Barat memiliki banyak museum bersejarah yang dapat memberikan nilai-nilai edukasi bagi para pengunjung. Jawa Barat bahkan pernah menjadi tuan rumah pada peringatan Hari Museum Indonesia (Harmusindo) 2022.

Museum-museum di Jawa Barat memamerkan berbagai koleksi yang memiliki nilai sejarah, seni dan budaya, dan juga ilmu pengetahuan. Dengan berkunjung ke museum yang ada di Jawa Barat, pengunjung bukan hanya bisa melihat beraneka ragam benda tapi juga bisa memperoleh ilmu pengetahuan.

Museum yang ada di Jawa Barat tersebar di beberapa daerah seperti Bandung, Cirebon, dan Bogor. berikut 5 museum di Jawa Barat yang cocok dikunjungi pada libur akhir tahun:

  1. Museum Keraton-Keraton di Cirebon

Museum Keraton-Keraton di Cirebon merupakan bangunan peninggalan Kesultanan zaman dahulu seperti Keraton Kacirebonan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kasepuhan.

Museum Keraton-Keraton di Cirebon terletak di Jl. Kasepuhan dan Jl. Pulasaren, Kota Cirebon, Jawa Barat. Museum ini menyimpan banyak benda-benda bersejarah seperti kereta kencana, senjata kuno, hingga jubah Sunan Gunung Jati.

Berkunjung ke Museum Keraton-Keraton di Cirebon bisa menjadi sarana pembelajaran bagi para pengunjung, apalagi koleksi benda-benda bersejarah yang ada masih terawat hingga saat ini.

  1. Museum Zoologi

Museum Zoologi berada di Jl. Ir. H. Juanda No.9, RT.04/RW.02, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Museum Zoologi berada tepat di samping pintu masuk Kebun Raya Bogor sehingga lokasinya sangat strategis untuk dikunjungi wisatawan pada libur akhir tahun.

Museum Zoologi menyuguhkan berbagai informasi tentang fauna (hewan), sehingga museum ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin belajar tentang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Di museum ini pengunjung akan melihat hewan-hewan yang diawetkan mulai dari jenis mamalia, ikan, aves (burung), reptil, serangga, dan invertebrata.

Selain itu, Museum Zoologi juga memiliki koleksi fauna yang menarik perhatian yaitu fosil paus biru yang berukuran lebih dari 20 meter.

  1. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi terletak di Jl. Lembong No.38, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Pada mulanya, Museum Mandala Wangsit Siliwangi merupakan salah satu markas militer di Kota Bandung.

Bahkan, Museum Mandala Wangsit Siliwangi pernah dijadikan sasaran utama serangan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang berada di bawah komando Kapten Raymond Westerling.

Kaya akan sejarah, Museum Mandala Wangsit Siliwangi menyimpan banyak koleksi sisa-sisa perjuangan tentara di masa penjajahan. Di museum ini juga terdapat koleksi beberapa jenis senjata tradisional seperti keris, pedang bambu, klewang, dan kujang.

  1. Museum Konferensi Asia-Afrika

Museum Konferensi Asia-Afrika merupakan salah satu museum yang bersejarah di Indonesia. Museum Konferensi Asia-Afrika menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang digelar pada tahun 1955 di Kota Bandung.

Museum bersejarah ini menyimpan berbagai koleksi bersejarah seperti diorama, benda-benda bersejarah, serta foto-foto dokumenter peristiwa Pertemuan Tugu, Konferensi Kolombo, Konferensi Bogor, dan Konferensi Asia Afrika sendiri.

Adapun lokasi Museum Konferensi Asia-Afrika terletak di Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Menariknya lagi, Museum Konferensi Asia-Afrika sering dijadikan tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan seperti kegiatan pendidikan, kesenian dan budaya, pameran, diskusi buku, hingga diskusi film.

  1. Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju)

Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat merupakan museum yang menceritakan peristiwa penting masyarakat Jawa Barat pada saat melawan penjajah. Perjalanan panjang rakyat Jawa Barat dalam melawan penjajah terlihat dari sebuah relief yang terdapat pada sisi kanan dan kiri Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat menjadi salah satu landmark penting yang ada di Kota Bandung. Museum Monju menyediakan beberapa ruangan dan fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung di antaranya auditorium, ruang dokumenter, ruang diorama, ruang pamer benda bersejarah, dan perpustakaan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa229
School lifehack131
Hiburan183
Editor's Pick1130
Terpopuler1089
Opini10
Serba Serbi466

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.