Jumat , 24 Mei 2024
HeadlineHiburanSerba SerbiTerpopuler

Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan di Jepang, Mirip Burung Unta

dinasaurus
sumber:google/kompas.com

Madingmu.com – Spesies dinosaurus baru yang menyerupai burung unta telah ditemukan oleh para ahli paleontologi dari Universitas Prefektur Fukui dan Museum Dinosaurus Prefektur Fukui di Jepang. Antara 121 dan 113 juta tahun yang lalu, selama zaman Kapur Awal, spesies dinosaurus ini diketahui telah ada.

Spesies dinosaurus yang merupakan anggota keluarga dinosaurus Ornithomimosauria ini diberi nama Tyrannomimus fukuiensis setelah dilakukan penelitian terhadap penemuan tersebut.

Menurut ilmuwan utama Dr. Soki Hattori, “Ornithomimosauria mencakup dinosaurus yang meniru burung unta, yang sebagian besar menunjukkan adaptasi cursorial (berlari), yang sering kali menunjukkan ciri-ciri yang mengindikasikan herbivora.”

Dinosaurus theropoda seukuran burung unta

Ornithomimosaurus pertama kali muncul pada masa Kapur Awal dan bertahan hingga Kapur Akhir, menurut para peneliti. Karena sisa-sisa fosil mereka langka di sedimen Aptian-Albian, Hattori menjelaskan, “bagian awal dari sejarah mereka masih belum jelas.

Penemuan-penemuan terbaru telah meningkatkan pengetahuan kita tentang sejarah evolusi mereka, termasuk perbedaan antara Ornithomimidae dan Deinocheiridae pada zaman Kapur Awal. Ornithomimosaurus adalah dinosaurus theropoda yang menyerupai burung unta omnivora/herbivora dalam hal ukuran dan bentuk.

Rahang mereka ditutupi dengan paruh bertanduk, dan mereka biasanya memiliki gigi ompong, mirip dengan herbivora. Mereka memiliki lengan dan kaki yang sangat panjang. Fosil mereka telah ditemukan di Laurasia, yang meliputi Afrika modern, Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Baca Juga : 9 Hewan Purba Paling Mengerikan

Fosil terbaru yang ditemukan di Jepang terletak di tambang dinosaurus Formasi Kitadani di dekat Katsuyama, Fukui, Jepang tengah. Temuan ini terdiri dari beberapa tulang belakang, fragmen tulang, dan dua buah tempurung otak.

Para ahli paleontologi melaporkan bahwa banyak kerangka ornitomimosaurus yang hidup menyendiri baru-baru ini ditemukan di Formasi Aptian Kitadani.

Termasuk Tyrannomimus fukuiensis (Genus & Spesies Baru)

Para peneliti menjelaskan bahwa Ornithomimosaurus Kitadani yang baru ditemukan ini termasuk dalam genus dan spesies baru Tyrannomimus fukuiensis berdasarkan hasil deskripsi dan analisis filogenetik.

Hal ini dikarenakan kemiripannya dengan spesies dinosaurus yang sebelumnya diyakini sebagai tyrannosaurus purba, Tyrannomimus fukuiensis, atau Aviatyrannis jurassica. Para peneliti percaya bahwa penemuan ini sangat memperluas distribusi Ornithomimosauria dengan menjadi ornithomimosaurus pertama dari Jura Akhir di Eropa.

Penemuan ini mendukung catatan fosil tertua Maniraptora dari Jura Tengah yang menunjukkan adanya garis keturunan Ornithomimosaurus berusia 20 juta tahun yang misterius, dan konsisten dengan teori yang menyatakan bahwa jangkauan

biogeografis mereka sangat luas sebelum pecahnya Pangea di Kimmeridgian, antara 155 hingga 149 juta tahun yang lalu, demikian menurut penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Scientific Reports.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.