Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Belajar Sambil Dengerin Musik, Emang Bisa??

ini pilihan jenis musik untuk belajar

Madingmu.com – Tidak sedikit yang bilang kalau belajar sambil mendengarkan musik bisa meningkatkan konsentrasi dan semangat belajar. Tapi, gak sedikit juga yang bilang kalau belajar sambil dengerin musik itu malah menghilangkan konsentrasi. Jadi, apakah belajar sambil dengerin musik itu efektif? Yuk, simak pembahasan singkatnya!

Dilansir dari Gramedia.com, mendengarkan musik memang bisa menghilangkan rasa jenuh saat belajar. Karena saat musik masuk ke gendang telinga, sinyal suara akan dihantarkan kepada otak dan berubah menjadi sinyal listrik. Nah, sinyal listrik yang direspon akan meningkatkan hormon dopamin yang memicu rasa bahagia sehingga tubuh menjadi rileks dan bikin belajar kamu jadi nyaman

Dilansir dari healthline.com, musik memang dapat menambah semangat, meningkatkan mood, dan mengurangi stress, membantu menghafal, dan meningkatkan fokus untuk banyak orang. Namun, tidak semua orang menganggap musik dapat membantu mereka saat belajar. Terutama saat memerlukan fokus. Sehingga mendengarkan musik disebut sebagai distraksi.

Efek buruknya, musik dapat mengalihkan fokus saat belajar, menurunkan tingkat pemahaman saat membaca karena terdistraksi oleh musik. Akan tetapi, jika kamu merasa musik adalah teman belajar terbaikmu, genre musik apakah yang harus dipilih?

Genre musik terbaik sebenarnya tergantung setiap individu. Ada yang mengatakan kalau musik santai, musik klasik adalah pilihan yang terbaik untuk mengelola stress. Namun, ada juga yang mengatakan musik ceria dapat menambah semangat belajar dan meningkatkan proses berpikir.

Tips ini bisa kamu coba saat kamu ingin belajar sambil mendengarkan musik agar tetap fokus;
1. Pilih musik instrumental dengan tempo yang lambat.
2. Hindari musik dengan lirik dengan bahasa yang kamu pahami.
3. Atur volume agar tidak terlalu tinggi.
4. Pilih musik yang tidak terlalu kamu sukai agar tetap fokus saat belajar.
5. Pilih musik dengan ritme tetap dan hindari musik eksperimental agar otak tidak mengalihkan perhatian dari belajar ke musik.

Nah, supaya musik bisa tetap menjadi teman tanpa mengalihkan fokus kamu saat belajar, kamu bisa cobain tips yang tadi. Kalau kamu, tipe orang yang suka belajar sambil dengerin musik atau lebih suka belajar di suasana yang hening?

Penulis : Nareswari Nirwasita
Sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/19/160000120/manfaat-belajar-sambil-mendengarkan-musik-menurut-survei?page=all#:~:text=%22Mendengarkan%20musik%20sambil%20belajar%20bisa,dalam%20membantu%20pengalaman%20pendidikan%20mereka.%22; https://www-healthline-com.translate.goog/health/does-music-help-you-study?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
Sumber Foto : https://pin.it/s8ekOx8

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.