Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHealthcareTerpopuler

Saat Sedang Menstruasi, Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Ganti Pembalut?

idealnya seberapa sering sih harus ganti pembalut saat menstruasi

Madingmu.com – Menjaga kebersihan daerah kewanitaan selama menstruasi sangatlah penting. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah mengganti pembalut secara berkala setiap harinya.

Setiap perempuan mempunyai gejala dan siklus menstruasi yang berbeda-beda. Sehingga, berapa kali waktu untuk mengganti pembalut tentu saja dapat disesuaikan dengan tingkat kenyamanan setiap orang.

Akan tetapi membiarkan menggunakan pembalut dalam waktu lama juga bisa berdampak terhadap masalah kewanitaan lho. Oleh karena itu pentingnya untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk ganti pembalut. Dilansir dari Healthline berikiut waktu yang tepat untuk ganti pembalut.

  1. Saat Terasa Tidak Nyaman

f38df809e809fc6fa16864b1a3a4ac42

Pembalut memang sebaiknya harus diganti sebelum penuh hal ini bertujuan agar menghindari kebocoran. Kondisi pembalut yang terlalu basah juga biasanya dapat menimbulkan bau tidak sedap di sekitar area kewanitaan.

Oleh karena itu, kamu harus memantau seberapa penuhnya selama beberapa kali. Jika pembalut sudah terasa basah atau tidak nyaman, maka segeralah ganti dengan pembalut yang baru.

  1. Ganti Setiap 4 Jam

425a36b2a8aac0ed0629menstruasi Mengapa Perlu Ganti Pembalut Setiap 4 Jam

Berdasarkan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), asosiasi kedokteran ini merekomendasikan untuk mengganti pembalut setidaknya setiap 4 hingga 8 jam sekali. Pernyataan tersebut hanya berdasarkan kisaran umum tergantung pada aliran deras dan jenis pembalut yang digunakan.

  1. Gunakan 4 Pembalut Setiap Hari

pembalut

Untuk menentukan jumlah pembalut yang bisa digunakan setiap harinya memang tidak menentu karena disesuaikan dengan kebutuhan. Perkiraannya, kamu bisa menghabiskan setidaknya 4 pembalut termasuk saat waktu tidur.

Tentu saja faktor lain seperti aliran darah terlalu deras mungkin akan memerlukan jumlah pembalut lebih banyak. Sebaiknya pilihlah jenis pembalut yang memiliki sayap lebar agar kamu bisa beraktivitas lebih nyaman.

  1. Setelah Beraktivitas

aturan beraktivitas fisik yang b 20220922100448

Aktivitas di luar ruangan seperti olahraga, rutinitas bekerja, atau menghadapi cuaca panas akan membuat pembalut menjadi basah dan bau. Hal Ini juga bisa membuat daerah kewanitaan menjadi terlalu lembab dan terasa panas.

Oleh karena itu, setelah beraktivitas di luar ruangan disarankan untuk segera mengganti pembalut meski aliran darah tidak begitu deras. Cara ini berguna untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap dan bakteri akibat keringat yang menempel di sekitar pembalut.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.