Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaSchool lifehack

Kegiatan Produktif Bagi Mahasiswa S1, Untuk ke Luar Negeri Secara Gratis

group asia young creative people smart casual wear smiling arms crossed creative office workplace diverse asian male female stand together startup coworker teamwork concept

Madingmu.com –  Ketika menjadi mahasiswa ada banyak sekali kegiatan produktif yang bisa diikuti untuk memperkaya soft skills dan hard skills. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, mahasiswa akan dapat memperoleh wawasan praktis tentang industri ataupun disiplin ilmu tertentu, yang seringkali sulit diperoleh melalui pembelajaran teoritis di dalam kelas.

Kegiatan-kegiatan produktif juga bisa membawa kamu untuk memperluas dan membangun relasi secara global, bahkan bisa memperoleh kesempatan untuk pergi ke luar negeri tanpa biaya alias gratis.

Dilansir dari laman lembaga persiapan studi ke luar negeri Kobi Education, Berikut ini merupakan 4 kegiatan produktif bagi mahasiswa S1 untuk ke luar negeri secara gratis :

  1. Mengikuti program summer school

Program summer school merupakan program akademik yang ditawarkan oleh beberapa universitas yang ada di dunia selama bulan musim panas berlangsung dan tidak ada kegiatan perkuliahan reguler. Melalui partisipasi di program ini, siswa bisa mendapatkan pengetahuan akademis yang berharga sambil eksplorasi negara serta budaya baru. Beberapa program bahkan menawarkan bantuan keuangan atau beasiswa untuk membantu biaya perjalanan dan akomodasi.

Rekomendasi summer school yang bisa kamu ikuti :

  • Warwick Summer School di University of Warwick, Inggris
  • Inha University Summer School, Korea Selatan
  1. Mengikuti pertukaran pelajar

Salah satu cara untuk memperoleh pengalaman internasional adalah dengan mengikuti program pertukaran pelajar. Ada banyak universitas yang menawarkan kesempatan ini di berbagai negara yang ada di seluruh dunia. Dengan mengikuti program ini, kamu dapat menghabiskan satu semester atau bahkan satu tahun di luar negeri, mengikuti kuliah, dan terlibat dengan budaya lokal di sana.

Program ini sering kali menawarkan biaya kuliah atau bahkan memberikan tunjangan hidup, sehingga memungkinkan kamu untuk belajar di luar negeri tanpa beban keuangan tambahan.

Rekomendasi program pertukaran pelajar:

  • Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), tujuannya bisa ke berbagai negara.
  • Korean Government Support Program for Foreign Exchange Student, di Korea Selatan.
  • AMINET Global Undergraduate Exchange Program, di Amerika Serikat.
  • Chulalongkorn University One Semester Scholarship, di Thailand.
  1. Ikut konferensi atau seminar di luar negeri

Konferensi atau seminar ini menyediakan platform untuk berbagi dan mendiskusikan pengetahuan terbaru dalam berbagai bidang studi. Hal ini juga merupakan kesempatan emas untuk bisa berinteraksi dengan para ahli, peneliti, dan mahasiswa dari berbagai negara. Peserta konferensi atau seminar sering kali memiliki kesempatan untuk bisa mempresentasikan penelitian atau karya ilmiah mereka, yang dapat menjadi langkah penting dalam membangun reputasi akademik mereka.

Banyak konferensi dan seminar yang menawarkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa atau bantuan keuangan bagi peserta, terutama bagi mereka yang mempresentasikan karya ilmiah yang berpotensi berkontribusi signifikan pada bidang studi tertentu.

  1. Terlibat dalam kegiatan pengabdian atau volunteer di tingkat internasional

Terlibat di dalam kegiatan pengabdian dan relawan di tingkat internasional merupakan cara lain untuk memperluas wawasan serta memberikan dampak positif di komunitas global. Kamu dapat bergabung dengan organisasi atau klub yang memiliki fokus internasional, contohnya seperti klub bahasa atau kelompok pengembangan sosial. Selain mendapatkan pengalaman berharga, hal ini juga dapat menjadi poin penting untuk CV.

Rekomendasi kegiatan volunteer yang bisa kamu ikuti :

  • AIESEC Global Volunteer.
  • SEAMEO RIHED’s Asian International Mobility for Students (AIMS) Programme.
  • Six University Initiative Japan Indonesia-Service Learning Program (SUIJI SLP).

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.