Senin , 15 Juli 2024
BeasiswaEditor's PickHeadlineTerpopuler

Pendaftaran KIP Kuliah Jalur UTBK SNBT 2024 Sudah Dibuka, Begini Cara Daftarnya

kip kuliah dijital

Madingmu.com –  Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk jalur Ujian Tertulis Berbasis Tes Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 sudah dibuka, Rabu (20/3/2024).

Dilansir dari akun Instagram resmi @puslapdik_dikbud, diberitahukan bahwa pendaftaran KIP Kuliah jalur UTBK-SNBT 2024 dibuka mulai 20 Maret 2024.

“Jadwal pendaftaran KIP Kuliah jalur UTBK-SNBT 20 Maret – 4 April 2024,” tertulis di unggahan akun Instagram @puslapdik_dikbud dikutip Rabu (20/3/2024).

Sebagai informasi, pendaftaran dan penutupan pendaftaran KIP Kuliah memang biasa dilakukan setiap H-1 pembukaan atau penutupan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Proses seleksi KIP Kuliah ini bersifat kompetitif, sehingga para pendaftar harus memperhatikan dengan baik jadwal-jadwal seleksi masuk perguruan tinggi, baik yang dibuka secara nasional maupun perguruan tinggi negeri (PTN).

Selain memperhatikan jadwal seleksi masuk PTN, calon pendaftar KIP Kuliah juga harus memperhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima KIP Kuliah 2024 sebagai berikut ini:

Syarat Daftar KIP Kuliah 2024

  1. Pendaftar KIP Kuliah merupakan siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  3. Siswa mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  4. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Dimungkinkan pula untuk prodi dengan Akreditasi C dengan pertimbangan tertentu. Kriteria lainnya untuk KIP Kuliah adalah siswa difabel, berasal atau tinggal di daerah 3T, Papua dan Papua Barat, serta ada di kondisi khusus karena bencana atau lainnya.

Cara Daftar KIP Kuliah 2024

  1. Melakukan pendaftaran melalui di web Sistem KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.
  2. Klik menu “Login Siswa”, lalu input data pada NIK, NPSN, NISN, dan alamat email yang aktif.
  3. Menerima Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang dikirim melalui alamat email yang didaftarkan.
  4. Menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih (SNBP, SNBT, Mandiri, dan seterusnya).
  5. Apabila calon penerima KIP Kuliah sudah diterima di perguruan tinggi, dapat melakukan verifikasi kepada perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.