Senin , 15 Juli 2024
BeasiswaEditor's PickHeadlineTerpopuler

Ini Dia Cara Cek Penerima Beasiswa PIP Enterprise Kemdikbud Maret 2024

ilustrasi penerima bansos pip 2024 169

Madingmu.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) saat ini kembali menggelar Program Indonesia Pintar (PIP), hal ini bertujuan sebagai bagian dari upaya jangka panjang untuk menanggulangi hambatan finansial yang kerap dapat menghalangi akses pendidikan berkualitas kepada para peserta didik.

PIP juga bertujuan untuk mengurangi angka putus sekolah dan mempersiapkan generasi muda yang lebih terdidik dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini.

Program ini memberikan dukungan finansial kepada siswa dari keluarga dengan kondisi keuangan yang kurang menguntungkan, terutama pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), anak-anak dari keluarga miskin atau rentan terhadap kemiskinan, dan mereka yang memerlukan perhatian khusus.

Cara Cek Penerima PIP Enterprise 2024

Untuk memastikan penyaluran bantuan berjalan efisien, Kemdikbud Ristek telah memperkenalkan sistem online yang memudahkan pemeriksaan status penerima.

Siswa dan orang tua hanya perlu mengakses situs pip.kemdikbud.go.id dan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) untuk mendapatkan informasi terkait penerimaan bantuan.

Dana bantuan yang disediakan melalui Program Indonesia Pintar disesuaikan berdasarkan jenjang pendidikan siswa, yaitu:

  • Untuk Siswa SD/SDLB/Paket A: Sejumlah Rp450.000 per tahun, yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dasar seperti buku pelajaran, seragam sekolah, dan perlengkapan belajar lainnya.
  • Siswa SMP/SMPLB/Paket B: Menerima Rp750.000 per tahun, yang disesuaikan dengan meningkatnya kebutuhan pendidikan seperti biaya transportasi dan materi pelajaran yang lebih kompleks.
  • Siswa SMA/SMK/SMALB/Paket C: Mendapatkan bantuan sebesar Rp1.800.000 per tahun, mengingat mereka berada di jenjang yang membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk persiapan ujian dan transisi ke perguruan tinggi atau dunia kerja.

Kemdikbud Ristek berharap dengan adanya Program Indonesia Pintar, siswa dapat lebih berkonsentrasi pada proses pembelajaran tanpa harus terbebani oleh masalah ekonomi.

Program ini menjadi bukti nyata dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional dan memastikan bahwa setiap anak di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.