Senin , 26 Februari 2024
Serba SerbiEditor's PickHeadlineTerpopuler

Meriahkan Hari Batik Nasional 2023: Agenda Penuh Warna dan Kebudayaan!

hari batik
Sumber: freepik/desantos

Madingmu.com – Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2023 akan dirayakan, dan Museum Batik Indonesia memiliki sejumlah acara menarik yang direncanakan, banyak di antaranya ditujukan untuk demografi yang lebih muda. Yayasan Batik Indonesia (YBI) dan Museum Batik Indonesia membuat konsep peringatan Hari Batik Nasional 2023 dengan tema “Batik Bangkit” sebagai upaya untuk melestarikan budaya batik Indonesia.

Industri batik yang sempat terpuruk di era pandemi diharapkan dapat bangkit kembali melalui implementasi rencana ini baik dari sisi produksi, perdagangan, inovasi, dan pengembangan. Menurut Shanty Leksono, Ketua Panitia Hari Batik Nasional di Jakarta, “YBI memperingati Hari Batik Nasional tahun ini dengan berbagai edukasi kepada masyarakat tentang keragaman batik di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.” Yayasan Batik Indonesia mengedukasi generasi muda, terutama Gen Z, tentang keragaman budaya batik di seluruh Nusantara. Mereka memamerkan 730 koleksi batik dengan beragam motif di Museum Batik Indonesia, Jakarta. Koleksi ini dipamerkan secara bergilir karena ruang pameran terbatas. Yayasan ini juga berupaya mengembangkan minat generasi muda terhadap batik dengan agenda menarik.

Hari Batik Ini dia agendanya

Pada Hari Batik Nasional 2023, sejumlah agenda menarik dapat disaksikan dan diikuti secara langsung di Museum Batik Indonesia, antara lain:

  1. Pemecahan Rekor Muri

Agenda pemecahan rekor Muri membatik bersama seluruh sentra batik di Indonesia akan memeriahkan Hari Batik Nasional 2023. Menurut jadwal, beberapa pengrajin batik yang telah dipilih dengan cermat dan sangat berprestasi akan menghasilkan karya batik untuk menciptakan karya seni bagi IKN.

  1. Lomba karya tulis batik

Lomba karya tulis ilmiah tentang batik, yang telah diadakan sebelumnya, menambah kemeriahan perayaan Hari Batik Nasional dengan tujuan edukasi. Pemenang dari kompetisi ini, yang terbagi dalam kategori pelajar SMA, mahasiswa, dan masyarakat umum, akan diumumkan pada puncak perayaan.

  1. Edukasi membatik bagi siswa sekolah

Pengenalan batik kepada siswa sekolah, yang dapat mengunjungi Museum Batik Indonesia dan membatik bersama para pembatik dari berbagai daerah, menambah kemeriahan Hari Batik Nasional. Diana melanjutkan, “Nantinya pengunjung akan berkesempatan untuk merasakan langsung bagaimana cara membatik dengan lilin hingga pewarnaan.”

  1. Peragaan busana menggunakan batik

Tanpa peragaan busana yang menampilkan beragam busana yang terinspirasi dari batik, perayaan Hari Batik Nasional akan terasa kurang lengkap. Tujuan dari agenda ini adalah untuk menampilkan tradisi batik Indonesia dari berbagai tempat. Nantinya, sejumlah pengrajin batik dari berbagai daerah di Indonesia juga akan hadir untuk memamerkan hasil karya mereka. “Agenda ini bisa menjadi ajang untuk mengangkat dan mempromosikan budaya batik Indonesia yang tersebar dari Sumatera hingga Papua,” ujar Archangela Yudi Aprianingrum, Kepala Unit Museum Batik Indonesia dan Sub-Koordinator Museum Nasional Indonesia dan Museum Batik Indonesia.

 

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com. Follow juga : Instagram @Madingmu.id  

Sumber: Agenda Menarik Menyambut Hari Batik Nasional 2023 (kompas.com)

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa135
Beasiswa226
School lifehack131
Hiburan180
Editor's Pick1115
Terpopuler1074
Opini10
Serba Serbi464

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.