Senin , 15 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Mayoritas Beragama Islam, Berikut 9 Kehidupan Warga Turki Saat Bulan Ramadan

Kekeluargaan Orang Turki Sangat Kuat.jpg

Madingmu.com – Turki merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Oleh karena itulah, suasana Ramadan di negara tersebut begitu hikmat dan Islami.

Yuk, kita intip bagaimana kehidupan dan kebiasaan warga negara di Turki selama bulan Ramadan.

  1. Kemeriahan di Jalanan

Dilansir dari Turkey Travel Blog, suasana di kota-kota Turki selama Ramadan sangatlah semarak. Jalan-jalan biasanya akan dihiasi lampu dan dekorasi warna-warni.

Pasar-pasar pun ramai dengan pembeli makanan dan camilan untuk berbuka puasa maupun makan malam.

  1. Permainan Drum

Dilansir dari Ikamet, yang menarik selama Ramadan di negara Turki adalah sebelum matahari terbit terdengar permainan drum di berbagai wilayah.

Tujuan dari permainan drum ini adalah untuk membangunkan masyarakat agar tidak menyia-nyiakan waktu untuk beraktivitas. Ritual kuno ini juga sekaligus untuk menandakan dimulainya waktu imsak sebelum puasa dimulai.

  1. Layanan Transportasi

Layanan transportasi di Turki umumnya beroperasi normal dan mungkin terjadi kemacetan lalu lintas di jam-jam menjelang buka puasa. Sebab, masyarakat terburu-buru pulang untuk buka puasa bersama keluarga dan melaksanakan salat maghrib.

  1. Larangan di Bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan penduduknya diimbau untuk tidak makan, minum, dan merokok di depan umum. Selain itu, penduduknya juga dianjurkan untuk tidak memutar musik keras-keras di tempat umum, berpakaian terbuka, menunjukkan keintiman di depan umum, dan mengonsumsi alkohol di tempat publik.

  1. Pesta Bertema Ramadan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, melansir New Inn, bulan Ramadan di Turki dimeriahkan dengan berbagai acara. Contohnya, pameran budaya, pameran buku, malam puisi, acara seni tradisional, seni kaligrafi, pertunjukan musik sufi, dan ceramah keagamaan untuk menghidupkan semangat berbuat baik dan melaksanakan ibadah puasa.

  1. Restoran Tetap Buka Seperti Biasa

Di Turki umumnya restoran masih buka dan menyajikan hidangan seperti hari-hari biasanya. Restoran-restoran dan kedai minuman tetap melayani orang-orang yang tidak menjalankan ibadah puasa agar tetap bisa makan dan minum sesuai jamnya. Hal ini tidak menjadi masalah yang berarti di Turki.

  1. Tradisi Berbuka Puasa Bersama

Dilansir dari Angel Homes, buka puasa biasanya dipestakan. Di beberapa daerah, termasuk Fethiye, dewan mengadakan acara buka puasa bersama dan menyediakan makanan dalam jumlah besar di taman bermain sekolah, alun-alun kota, atau taman.

Acara makan-makan ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Bahkan, orang asing pun sering diundang agar mereka bisa lebih memahami bagaimana budaya Ramadan di Turki dan budaya Muslim. Di acara ini, setiap orang dipersilakan untuk bergabung, termasuk yang tidak beragama Muslim.

  1. Tempat Wisata

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Turki di bulan Ramadan, kamu dapat menikmati keindahan masjid-masjid bersejarah di Istanbul, ke pasar yang ramai, melihat jalanan Istanbul yang terang, hingga Pantai Aegean yang tenang. Pun, masih banyak lagi destinasi wisata yang beroperasi dan bisa dikunjungi selama bulan Ramadan.

  1. Budaya Diş Kirası

Berakar dari tradisi lama zaman Ottoman, setelah berbuka puasa, masyarakat yang terbilang ‘mampu’ secara ekonomi biasanya memberikan koin emas atau perak ke kantong orang-orang yang membutuhkan. Kantong ini disebut “dis kirasi”.

Pemberian kantong ini merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih tuan rumah kepada tamu yang menerima undangan makan atau buka puasa bersama.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.