Senin , 15 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Kebiasaan Ini Saat di Pagi Hari Bisa Merusak Kulitmu Lho!

29B12780 2C9B 4EB7 B4C9 63B9A1BE1854

Madingmu.com – Sudah bukan rahasia lagi jika perawatan wajah harus dilakukan pada saat pagi dan malam hari. Dengan melakukan skincare routine, kesehatan kulit kamu  bisa lebih terjaga.

Tapi usaha perawatan kulitmu bisa jadi sia-sia lho, Hal ini terjadi apabila kamu menggunakan produk perawatan kulit wajah yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu dan melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu, terutama saat di pagi hari.

Kebiasaan buruk di pagi hari kerap sekali tidak disadari. Akibatnya kondisi kulit pun bisa perlahan mengalami kerusakan. Dilansir dari Bright Side, berikut ini kebiasaan pagi hari yang ternyata secara tidak sadar bisa merusak kulit.

  1. Tidak Menggunakan Pelembap

000239400 1624335855 Moisturizer

Saat pagi hari, beberapa orang merasa kulit wajahnya jadi kenyal dan sehat. Bahkan hal ini bertahan sampai ia selesai mandi. Karena merasa wajahnya sudah cukup kenyal, maka beberapa orang memilih untuk tidak menggunakan pelembap. Hal yang sama dilakukan oleh mereka yang memiliki kulit berminyak. Mereka menganggap penggunaan pelembap sudah tidak perlu lagi.

Padahal, anggapan ini super salah. Dalam kondisi kulit wajah seperti apa pun, pelembap tidak boleh di skip di perawatan pagi dan malam hari. Hal ini disebabkan karena fungsi pelembab sebagai pengatur dan pengunci kelembapan. Skip pelembap pada kulit berminyak hanya akan membuat produksi minyak jadi tidak terkontrol sehingga berpotensi membuat wajah berjerawat.

  1. Menggunakan Sunscreen Hanya Saat Keluar Rumah

ini waktu yang tepat pakai sunscreen sebelum keluar rumah37

Menggunakan sunscreen sudah pasti harus masuk ke dalam skincare routine di pagi hari. Oleh karena itu, jangan pernah skip untuk menggunakannya dalam kondisi apapun! Sayangnya, banyakorang kerap mengabaikannya. Jadi, mereka hanya menggunakan skincare hanya saat sedang beraktivitas outdoor.

Padahal, sinar matahari sejatinya bisa menembus rumah. Bahkan ketika kamu berada di dalam rumah, sinar matahari bisa terserap oleh kulit wajahmu. Terlalu banyak terpapar sinar matahari tidak langsung ternyata juga dapat membuat kulit wajah mengalami masalah-masalah tertentu mulai dari hiperpigmentasi, kerutan hingga jerawat.

  1. Terlalu Lama Mandi Air Hangat

Shower

Mandi air hangat berlama-lama di pagi hari memang sangat menyegarkan. Terlebih, saat cuaca sedang dingin-dinginnya dan badan sangat lelah di hari kemarin. Namun, secara tidak disadari hal ini dapat merusak kulit kamu.

Air hangat yang terlalu lama menyentuh kulit dapat membuat lapisan pelindung kulit mengalami gangguan. Gangguan inilah yang membuat lapisan pengunci kelembapan kulit jadi rusak. Akibatnya, kulit pun jadi kering sehingga proses penuaan bisa jadi lebih cepat. Oleh karena itu, hindari aktivitas pagi yang melibatkan air panas menyentuh kulit, terutama kulit wajah.

  1. Makan Oatmeal Saat Sarapan

637912753de20

Mengonsumsi oatmeal saat sarapan kerap menjadi pilihan yang paling praktis. Oatmeal mengandung kandungan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat hingga serat. Tidak heran jika menu sarapan ini kerap jadi pilihan bagi beberapa orang.

Akan tetapi di sisi lain, konsumsi oatmeal yang berlebihan ternyata tidak baik lho untuk tubuh. Pasalnya, jika terlalu sering makan oatmeal dapat menghilangkan nutrisi penting di dalam tubuh. Dengan begitu, kamu mungkin akan mengalami malnutrisi sehingga membuat kulit jadi kering dan bersisik.

  1. Minum Kopi di Pagi Hari

073c27bb 9091 443b a24a 0b4bf72a20cf 955149983

Kandungan kafein pada kopi memang terbukti dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Dengan manfaat ini, tidak heran jika banyak yang mengonsumsi kopi pada pagi hari. Tujuannya yaitu agar lebih semangat menjalani hari. Tapi di sisi lain, terlalu sering mengonsumsi kopi di pagi hari ternyata tidak baik, lho!

Hal ini karena kopi memiliki sifat diuretik (mempercepat pembentukan urine). Jika tidak dibarengi dengan minum air putih yang cukup, tubuh mungkin akan mengalami dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi pun akan membuat kulit wajah jadi kering dan rentan terhadap kerutan dini.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.