Kamis , 23 Mei 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Lolos UTBK-SNBT 2023 Tapi Tak Jadi Diambil, Ini Konsekuensinya

utbk 1

Madingmu.com – Jika kamu lulus UTBK-SNBT 2023 tapi memilih untuk tidak mengambilnya, ini akibatnya. Para siswa yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pasti memimpikan lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 yang merupakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Memang tidak mudah untuk bisa lolos seleksi UTBK-SNBT 2023 karena ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan. Namun bagaimana jika ternyata Anda tidak jadi mengambil dan berkuliah di jurusan tersebut setelah lulus UTBK SNBT 2023? Beberapa calon mahasiswa lain justru berebutan di jurusan tertentu di PTN dalam waktu yang bersamaan.

Jika kamu lulus UTBK-SNBT 2023 tapi memilih untuk tidak mengambilnya, ini hasilnya. Ini yang terjadi jika kamu lulus ujian UTBK-SNBT 2023 tapi tidak mengambilnya :

  • Jika calon mahasiswa sudah dinyatakan lulus UTBK SNBT 2023 namun memutuskan untuk tidak mendaftar di program studi yang dipilih, konsekuensinya bisa cukup berat.
  • Ia tidak bisa mengikuti Seleksi Mandiri di berbagai PTN sebagai akibatnya.
  • Hal ini dikarenakan salah satu syarat utama untuk mendaftar Seleksi Mandiri adalah nilai UTBK SNBT 2023. Artinya, siswa yang lulus SBMPTN namun memilih tidak mengikuti SNBT tidak akan bisa mendaftar Seleksi Mandiri PTN yang memperhitungkan nilai UTBK.
  • Sebagai catatan, Seleksi Mandiri dengan Nilai UTBK diberlakukan tidak hanya pada jenjang S1, tetapi juga pada jenjang Diploma 3 dan Diploma IV yang dianggap sebagai jenjang S1 yang dilamar. 5. Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus namun pindah jurusan juga harus melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap perguruan tinggi atau PTN yang membuka Seleksi Mandiri namun tidak memperhitungkan nilai UTBK.

Pertimbangan Sebelum Mengikuti Seleksi

Jadi, Anda harus cermat memilih jurusan sebelum mengikuti seleksi jika tidak ingin kebingungan dan menyesal karena sudah lulus tapi batal masuk jurusan yang dipilih. Selain menyukai jurusan tersebut atau atas permintaan orang tua, ada beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan, seperti jarak antara rumah dengan universitas dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti kegiatan di kampus, baik di dalam maupun di luar perkuliahan. Setelah dinyatakan dan diumumkan lulus UTBK SNBT, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan jika berhasil lolos seleksi. Tugas seleksi BT 2023 antara lain melakukan daftar ulang, verifikasi kelengkapan persyaratan, aktivasi KIP, mempersiapkan perlengkapan kuliah dan asrama, mengembangkan kemampuan manajemen waktu yang baik, dan lain-lain.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1493
Terpopuler1448
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.