Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

Kisah Inspiratif Wiwit: Meraih 4 Gelar Akademik pada Usia 25 Tahun

wiwit
Sumber: Google/beritainspiratif

Madingmu.com – Wiwit Nurhidayah, usia muda 25 tahun, meraih 4 gelar akademik: S.Farm., Apt., M.Si., dan Dr. Melalui beasiswa PMDSU Kemendikbud Ristek RI, Wiwit meraih gelar Doktor di bidang Kimia dari Universitas Padjadjaran (Unpad).

Memenangkan beasiswa dari PMDSU Pada akhir tahun 2018, Wiwit meraih gelar sarjana farmasi dari Fakultas Farmasi Unpad. Tak lama kemudian, ia mendaftar di program Profesi Apoteker dan mengajukan aplikasi untuk program beasiswa PMDSU. Tak disangka, Wiwit berhasil mendapatkan beasiswa dan diizinkan untuk mendaftar di Program Magister dan Doktor Kimia di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unpad. Ia sangat efisien dalam memanfaatkan waktu belajarnya.

Evaluasi Seluler dan Praklinis [125/131] Ialpha Mangostin sebagai Kandidat Radiofarmasi untuk Kanker Payudara, judul disertasi yang berhasil dipertahankannya, membuatnya meraih gelar sarjana dengan predikat sangat memuaskan. Pada hari Rabu, 8 September 2023, Wiwit dikutip dari laman Unpad mengatakan, “Jujur, saya tidak menyangka bisa sampai S-3, bahkan tidak terbayang akan menjadi dokter.”

Wiwit mengakui bahwa tujuan awal pendidikannya hanya sebatas gelar Master. Ia baru mulai menabung untuk program doktoral setelah itu. Selama masa kuliah S1, ia juga mengetahui tentang beasiswa PMDSU dari dosen pembimbingnya.

Wiwit tertarik dengan ide tersebut setelah mencari tahu lebih lanjut. Perempuan kelahiran Garut, 2 April 1998 ini mengatakan, “Awalnya saya menargetkan untuk mendapatkan PMDSU pada tahun 2021, tapi Alhamdulillah bisa lebih cepat di tahun 2019.”Wiwit Nurhidayah, meskipun memilih Program Kimia untuk studinya, merasa belum sepenuhnya menguasai ilmu kimia. Namun, ia diberi dukungan luas, termasuk dari teman seangkatannya, Prof. Dr. Toto Subroto, dan tim promotornya. Wiwit berbagi pembelajaran dengan teman-teman yang lebih paham dan meneruskan risetnya tentang potensi buah manggis dalam tesis dan disertasi. Hasil penelitiannya menghasilkan dua publikasi ilmiah dalam jurnal Q-1.

Selain dipromotori oleh dosen Unpad, Prof. Tomoya Uehara dari Chiba University, Jepang juga mendukung riset Wiwit. Meski telah meraih empat gelar akademik, Wiwit tak berhenti di situ. Ia bermaksud melanjutkan studi post-doctoral sebagai langkah awal, merasa perjalanan ilmunya baru dimulai. Meski sudah menjadi doktor, ia tetap ingin terus belajar dan berkembang.

 

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga: Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.