Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Bye-bye Bau Badan dan Keringat! 4 Pakaian ini Cocok Kamu Gunakan Saat Cuaca Panas

close up clothes hanging rack scaled 1

Madingmu.com – Belakangan ini, cuaca di berbagai wilayah Indonesia terasa sangat panas. Bahkan, BMKG mencatat, suhu tertinggi pada April lalu mencapai 37,8 derajat celcius. Jika kamu tidak mengenakan pakaian yang tepat, kamu bisa merasa lebih kepanasan dan berkeringat berlebih lho.

Berkeringat berlebih, ditambah dengan pemilihan baju yang tidak tepat untuk di pakai, ternyata berisiko membuat kamu bau badan. Bau badan disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri di kulitmu. Bau badan yang tak sedap tidak hanya membuat kamu merasa minder, akan tetapi dapat juga mengganggu kenyamanan orang lain. Terlebih lagi jika kamu bepergian dengan transportasi umum sehari-hari.

Namun baju seperti apa sih yang baik untuk dikenakan saat cuaca panas? Berikut ini jenis-jenis baju dan bahan yang bisa menjadi pilihan kamu untuk digunakan saat cuaca sedang panas.

  1. Memakai Baju Bersiluet Longgar

13a072fe623051c3ac26be11ff1c873aiaga

Dilansir dari laman CNN, kamu disarankan untuk mengenakan baju dengan siluet longgar. Baju yang longgar memberikan sirkulasi udara yang baik untuk tubuh, sehingga bisa membuat kamu merasa lebih adem.

Kemudian baju yang longgar juga dapat membantu tubuh kamu dalam mengeluarkan panas dan memberikan celah untuk keringat berevaporasi dari tubuh. Alhasil, badanmu tidak akan bermandikan keringat, meminimalisasi risiko bau badan.

  1. Memilih Baju Berbahan Ringan dan Breathable

pexels sam lion 5709665 d435ce93525b3ca5080eb74123d2d291

Memilih baju dengan bahan yang tepat sangat krusial di hari-hari yang panas. Dilansir  dari laman ABC, pakailah baju yang terbuat dari katun atau linen. Bahan-bahan tersebut dikenal breathable atau memberikan ruang bagi kulitmu untuk bernapas, ringan, dan mampu menyerap keringat.

Meskipun katun dan linen bisa menyerap keringat, dua bahan ini cenderung tidak menghasilkan bau tak sedap. Buat kamu yang bekerja di kantor setiap hari, pilihlah kemeja yang tipis dan berbahan katun atau linen. Untuk hari-hari yang lebih santai, pilihlah kaus katun atau linen.

Selain katun dan linen, kamu juga bisa memilih pakaian dengan bahan alami lainnya. Kain campuran linen-rayon, linen-viscose, dan jersey bisa jadi opsi yang baik, sebagaimana dilansir ABC.

  1. Menghindari Layering Berlebih

colorful layeringjpg 20210927120055

Layering atau mengenakan baju berlapis memang stylish. Namun, jika terlalu berlebihan, layering bisa membuat kamu merasa panas dan akhirnya berkeringat. Oleh karena itu, hindari memakai outer atau baju luaran seperti kardigan atau jaket yang tebal.

Jika kamu ingin melakukan layering agar tetap fashionable, pilihlah outer yang tipis dan berbahan ringan. Kamu juga bisa mengenakan vest atau rompi berbahan ringan.

  1. Tidak Memakai Baju dengan Bahan Sintetis dan Tebal

095111500 1580130643 linen 542866 1920 1

Hindari mengenakan baju dengan bahan sintetis dan tebal. Kain-kain tersebut adalah nylon, polyester, wool, dan acrylic.

Dilansir dari laman HuffPost, bahan sintetis bisa memerangkap minyak alami tubuh dan bakteri, sehingga menyebabkan bau yang tak sedap. Sebab, nylon, polyester, dan acrylic terbuat dari petroleum, membuat mereka serupa dengan plastik. Ketika bau tidak sedap menempel di kain, bau itu akan sulit untuk dihilangkan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.