Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Kenapa Aceh Dijuluki Serambi Mekkah? Ini Dia Alasannya

20230424 salinan dari kpknl banda aceh1

Madingmu.com – Provinsi Aceh adalah provinsi paling barat Indonesia yang berada di Pulau Sumatera. Aceh merupakan salah satu wilayah yang mendapat gelar daerah istimewa dari pemerintah Indonesia. Kemudian Kota Aceh juga sangat kental dengan syariat Islam dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Ada yang unik lho dari kota ini, yaitu sebutan Serambi Mekkah yang sudah lama melekat. Tahukah kamu kenapa Aceh dijuluki dengan Serambi Mekkah? Ini dia jawabannya.

Aceh Disebut Serambi Mekkah

Dilansir dari laman Pemerintah Aceh, julukan Serambi Mekkah berawal dari masuknya agama Islam di sini. Aceh adalah wilayah pertama dalam masuknya agama Islam di Indonesia serta wilayah pertama yang munculnya kerajaan Islam, yaitu Peureulak dan Samudera Pasai.

Kerajaan yang didirikan oleh Sultan Ali Mughayatsyah yang beribu kota di Bandar Aceh Darussalam atau yang sekarang dikenal dengan nama Banda Aceh perlahan-lahan mengembangkan sayapnya. Wilayahnya mencakup pantai barat dan timur Sumatera hingga semenanjung Malaka.

Daerah ini semakin bertambah kuat dengan lahirnya Kesultanan Aceh yang mempersatukan kerajaan-kerajaan kecil di wilayah itu. Kesultanan ini mencapai puncak kejayaannya pada awal abad ke-17 di bawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Ketenaran budaya Islam di masyarakat Aceh saat itu menjadi alasan mengapa kota ini dijuluki dengan julukan Seuramo Mekkah atau Serambi Mekkah.

Selain itu, julukan Aceh sebagai Serambi Mekkah juga terdapat di dalam sebuah kitab yang bernama kitab Bustanul Salatin yang ditulis oleh Nuruddin ar-Raniri pada tahun 1636. Kitab ini memiliki arti taman raja-raja.

Dilansir dari artikel yang berjudul Aceh Serambi Mekkah (Studi tentang Peran Ibadah Haji dalam Pengembangan Peradaban Aceh) milik IAIN Malikussaleh dalam jurnal yang bernama Islam Futura, disebutkan bahwa Aceh adalah Serambi Mekkah.

Dalam kitab itu terdapat ungkapan berikut:

“Banyaklah negeri yang di bawah angin dan atas angin kita melihat, di istana segala raja-raja yang besar-besar, tiada seorang jua pun seperti perintah menjelis Duli Hadahrat tuan kita ini. Sesungguhnyalah negeri Aceh Darussalam ini Serambi Mekkah Allah yang Mahamulia.”

Menurut Nuruddin ar-Raniri, Aceh dikenal sebagai Serambi Mekkah karena Aceh merupakan tempat yang istimewa. Dikatakan istimewa karena Aceh adalah tempat persinggahan para jamaah haji sebelum berangkat menunaikan haji ke Makkah.

Di Aceh, para jamaah haji akan memperdalam ilmu agama Islam dan rukun haji sebagai tanda seseorang mampu berhaji. Setelah itu, mereka akan mendapatkan ijazah sebagai tanda bahwa ilmu mereka sudah cukup untuk melakukan ibadah haji. Kemudian mereka akan diizinkan untuk berangkat ke tanah suci.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.