Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHealthcareTerpopuler

5 Tips Efektif Dalam Mengelola Stres bagi Perempuan Karier

tips mengatas stres kerja

Madingmu.com – Seiring dengan berjalannya waktu, perempuan malah menghadapi tekanan ganda dari tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab rumah tangga. Tidak heran jika hal ini menimbulkan stres berlebih, apalagi jika kamu tidak ada waktu untuk istirahat sama sekali.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara efektif dalam mengelola stres bagi perempuan yang berkarier dalam menjaga kehidupan seimbang. Jika stres tidak dikelola dengan baik, dampak negatif dari kesehatan fisik dan mental bisa muncul menghantui kehidupan kamu. Bahkan, stres bisa menurunkan performa kamu di tempat kerja, lho.

Kamu nggak mau dipecat karena tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik akibat stress kan,  kamu jangan khawatir, dilansir dari laman detikHealth dan Forbes, berikut ini sejumlah cara mengelola stres efektif bagi perempuan karier.

  1. Membagi Waktu

069137500 1522224115 soudapromessadotcomdotbr

Kamu bisa buat jadwal teratur dan realistis yang memungkinkan tugas profesional serta tanggung jawab pribadi berjalan seimbang.

Contohnya, kalau kamu sedang berada di kantor, usahakan untuk memfokuskan pikiran pada pekerjaan. Tapi, saat di rumah, fokuslah pada urusan rumah tangga dan ambil waktu untuk diri sendiri.

Dengan menetapkan prioritas dan mengatur waktu dengan baik, perempuan dapat menghindari tekanan akibat kelebihan beban kerja. Selain itu, penting juga untuk memanfaatkan waktu luang dengan cara bermanfaat untuk mengurangi stres.

  1. Melakukan Perawatan Kecantikan

Entertaiment Perawatan Wajah Di Salon Freepik 1200x675 1

Perawatan kecantikan dapat mengurangi stres bagi perempuan berkarier karena memberikan kesempatan untuk merawat diri dan merasa lebih baik tentang penampilan. Saat perempuan mengalami tekanan dari tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab lainnya, mengalokasikan waktu untuk perawatan diri dapat menjadi bentuk penghargaan diri yang penting.

Kamu bisa melakukan perawatan sederhana, seperti perawatan kulit, pijat, atau perawatan rambut. Ini bisa membuat kamu merasa lebih rileks dan terhubung dengan diri sendiri.

Selain itu, perawatan kecantikan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Ketika kamu merasa baik tentang penampilan, maka kamu akan lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan menghadapi tantangan di tempat kerja.

Kamu bisa baca aneka jenis buku, mulai dari novel, komik, biografi, sampai buku pengetahuan. Pilih saja buku yang sesuai dengan selera kamu dan nikmati waktu luang untuk membaca sebagai pengalihan stres.

  1. Olahraga

olahraga

Tahukah kamu jika olahraga bisa menjadi sarana efektif dalam melampiaskan beban kerja yang menumpuk? Berolahraga secara teratur telah terbukti sebagai metode efektif dalam mengurangi tingkat stres.

Dengan meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik, seperti berlari, berenang, atau yoga, perempuan dapat melepaskan ketegangan tubuh. Aktivitas ini juga meningkatkan produksi endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Secara tidak langsung, olahraga bukan hanya memberikan manfaat kesehatan fisik, tetapi juga membantu meningkatkan fokus dan produktivitas di tempat kerja. Untungnya lagi, olahraga juga menjadi wadah untuk mengekspresikan diri dan memperoleh ketenangan pikiran.

  1. Membaca Buku

ManfaatBuku

Membaca buku dapat menjadi pelepas stres efektif bagi perempuan yang berkarier. Baca buku bisa memberikan kesempatan bagi kamu untuk melarikan diri dari tekanan dan tuntutan pekerjaan sejenak. Dengan membenamkan diri dalam dunia cerita atau pengetahuan baru, perempuan dapat merasakan relaksasi pikiran yang menyegarkan.

Selain itu, membaca buku dapat menjadi bentuk pengalaman meditatif yang membantu mengurangi tingkat stres. Proses membaca yang fokus dan mendalam dapat mengalihkan perhatian dari kekhawatiran akibat beban kerja.

Kamu bisa baca aneka jenis buku, mulai dari novel, komik, biografi, sampai buku pengetahuan. Pilih saja buku yang sesuai dengan selera kamu dan nikmati waktu luang untuk membaca sebagai pengalihan stres.

  1. Mendengarkan Musik

manfaat mendengarkan musik bagi 20230308031006

Mendengarkan musik bisa jadi cara yang efektif untuk melepas stres dan meningkatkan suasana hati. Dengan mengalirkan alunan musik yang menenangkan, perempuan dapat mengalami relaksasi. Hal ini dapat membantu meningkatkan fokus dan produktivitas untuk menghadapi tugas-tugas pekerjaan dengan lebih baik.

Selain itu, mendengarkan musik juga menjadi bentuk ekspresi diri dan cara mengekspresikan emosi yang mungkin terpendam. Melalui lirik-lirik atau melodi yang bermakna, perempuan dapat mengekspresikan perasaan dengan lebih baik dan merasa terhubung dengan diri mereka sendiri.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.