Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Jangan Panik! Ini Dia Tips Mencegah Ledakan dan Kebakaran Gas LPG

8d81fde328a78403d223cebfeeeec764

Madingmu.com – Jagat media sosial Tengah dihebohkan dengan video yang memperlihatkan seorang perempuan terjungkal gegara tabung gas LPG di dapur meledak. Insiden itu melukai seorang asisten rumah tangga (ART) berinisial I yang bekerja di Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat Kamis, 6 Juni 2024 lalu.

Berdasarkan keterangan dari pemilik rumah, ledakan gas LPG terjadi karena selang regulator gas yang longgar dan terlepas. Saat gas meledak, ART tersebut sedang mencuci piring di wastafel yang ada di dekat gas LPG diletakkan.

Belajar dari kasus ini, sebenarnya ada beberapa penyebab gas LPG bisa meledak hingga terbakar. Kamu bisa mengidentifikasi dan mencegah ledakan gas LPG terjadi.

Penyebab Ledakan dan Kebakaran Gas LPG

Ada beberapa penyebab ledakan dan kebakaran gas LPG yang sering terjadi di Indonesia. Sayangnya, masyarakat jarang sekali memperhatikan penyebab ini.

  1. Kebocoran Gas

cara mengatasi gas bocor 1.width 800

Kebocoran gas menjadi pemicu utama ledakan hingga kebakaran gas LPG. Gas yang bocor terperangkap di dalam ruangan dan terakumulasi hingga menyebabkan ledakan.

Gas yang bocor disebabkan karena selang rusak atau sudah getas, regulator tidak terpasang dengan benar atau rusak, hingga karet pengaman rusak. Jika terjadi kebocoran gas, maka terdengar suara mendesis di regulator, dan tercium bau gas.

  1. Kelalaian Manusia

images 27

Selain faktor alat, faktor kelalaian manusia juga sering jadi penyebab gas LPG meledak hingga kebakaran. Terkadang seseorang justru akan menyalahkan kompor saat tercium bau gas, lupa mematikan katup kompor padahal kompor tidak menyala, atau membeli tabung gas kedaluwarsa.

  1. Kualitas Alat Yang Buruk

1483785669

Ledakan hingga kebakaran juga sering terjadi karena kualitas alat yang buruk, dan tidak memenuhi standar keamanan. Jangan pernah gunakan regulator dan selang yang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), karena bisa memicu rusaknya regulator valve atau selang menjadi mudah getas.

Kualitas kompor dan tabung gas juga harus sesuai SNI untuk menghindari ledakan hingga kebakaran.

  1. Penggunaan LPG dan Perlengkapan Yang Tidak Bijak

97b992fefa188fb757b38a12e3c10226

Pemasangan regulator yang tidak tepat, selang regulator tertindih atau tertekuk, menempatkan kompor dan tabung di tempat yang tidak rata, klem regulator kompor tidak terpasang benar bisa menyebabkan ledakan LGP hingga kebakaran.

Cara mencegah ledakan LPG

  • Pakai peralatan LPG seperti tabung, kompor, regulator dan selang yang sudah sesuai SNI.
  • Taruh kompor dan tabung LPG di tempat datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Dapur harus memiliki ventitasi di dinding bawah, dan pintu dapur harus terbuka.
  • Selang harus terpasang dengan baik di klem regulator dan kompor.
  • Tabung LPG harus berada jauh dari kompor atau sumber api lain, usahakan tidak terpapar panas.
  • Pastikan regulator terpasang erat dari katup tabung dan selang tidak tertindih atau tertekuk.
  • Pastikan karet pengaman di katup tabung dalam keadaan ulet dan kenyal.
  • Cek selalu masa kedaluwarsa tabung gas sebelum membeli. Penulisan kedaluwarsa berupa Alfa Code (A: Januari-Maret, B: April-Juni, C: Juli-September, D: Oktober-Desember). Contohnya, B 24 berarti April-Juni tahun 2024.

Jika terjadi ledakan hingga kebakaran jangan langsung panik, siram api dengan air. Jangan mematikan atau menyalakan lampu listrik untuk menghindari percikan api, dan memicu kebakaran yang lebih besar.

Langsung cabut regulator dari tabung, maka api akan langsung pada dengan sendirinya. Jika masih ada api di sekitarnya, langsung siram dengan air.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.