Selasa , 25 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Inilah Alasan Kenapa Gen Z Lebih Sulit Punya Rumah Dibanding Milenial, Begini Kata Pakar

5 hal ini bikin generasi milenial sulit punya rumah

Madingmu.com – Semakin banyak laporan yang menunjukkan jika generasi Z kesulitan dalam memiliki rumah. Bahkan menurut pakar, Gen Z lebih sulit punya rumah dibandingkan dengan generasi milenial.

Dosen Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Novita Ratna Satiti, membeberkan perbedaan signifikan antara tantangan yang dihadapi oleh generasi Z dan generasi milenial dalam membeli rumah. Salah satunya terdapat pada faktor gaji.

Gaji Milenial Lebih Stabil

Ia menjelaskan jika kenaikan gaji generasi milenial jauh lebih stabil dibandingkan dengan Gen Z. Gen Z sering kali harus menghadapi stagnasi upah.

Di samping itu, generasi milenial juga dinilai lebih mudah mendapat kredit atau pinjaman pada masanya.

“Sedangkan Gen Z kini dihadapkan pada persyaratan yang lebih ketat dan suku bunga yang lebih tinggi,” paparnya dalam laman resmi UMM, dikutip Jumat (7/6/2024).

Situasi ekonomi pasca pandemi juga memengaruhi kemampuan Gen Z untuk memiliki rumah sendiri. Tak sedikit Gen Z yang bekerja di sektor informal dengan label gig economy atau perekrutan sistem kerja dengan jangka pendek yang tidak memiliki tunjangan kesehatan, pendidikan anak, dan jaminan hari tua.

Gen Z Lebih Melek Finansial

Kendati demikian, Novita mengakui jika Gen Z cenderung lebih melek terhadap teknologi dan lebih sadar akan pentingnya investasi sejak dini. Namun, pengetahuan dan kemampuan menggunakan teknologi juga harus dibarengi dengan locus of control dan behavioral finance yang baik.

Locus of control adalah kendali atas keputusan finansial dan tidak mudah terpengaruh oleh faktor eksternal, seperti tekanan gaya hidup dan adanya kemudahan dari aplikasi Pay Later.

“Sementara itu, pemahaman tentang behavioral finance juga dapat membantu mereka mengenali dan menghindari kesalahan dalam pengambilan keputusan keuangan, seperti kecenderungan untuk berbelanja impulsif atau mengambil risiko yang tidak perlu,” tegasnya.

Hal yang dapat dilakukan oleh Gen Z adalah dengan meningkatkan keterampilan dan pendidikannya. Pendekatan ini dapat membuka peluang pekerjaan yang lebih baik dan stabil.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.