Selasa , 25 Juni 2024
HeadlineEditor's PickHiburanTerpopuler

5 Bahasa Unik Yang Ada di Masyarakat Dunia

Silbo Gomero

Madingmu.com – Semua bahasa terasa aneh dan asing bagi siapapun yang tidak mengenal dan menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Namun lewat ilmu tata bahasa, ada beberapa bahasa yang dianggap paling aneh dan unik di seluruh dunia.

Menurut Tyler Schnoebelen, ahli tata bahasa dari Stanford, ada sekitar 2.676 bahasa yang digunakan oleh masyarakat dunia. Selain memiliki bahasa nasional, beberapa suku juga memiliki bahasa ibu sendiri-sendiri.

Berikut ini 5 bahasa aneh yang ada di dunia, dinilai dari ilmu tata bahasa dan beberapa aspek lainnya:

  1. Chalcatongo Mixtec

Bahasa ini digunakan oleh sekitar 6000 penduduk Oaxaca di Meksiko. Dilansir dari laman Ranker,  bahasa ini adalah bahasa paling aneh menurut Tyler Schnoebelen. Chalcatongo dinilai tak memenuhi kaidah tata bahasa umum layaknya bahasa-bahasa lain yang ada di dunia.

Yang paling unik dari bahasa ini adalah, hampir tak ada pembeda dari kalimat tanya ya dan tidak. Seperti kalimat tanya, “bukankah ini aneh?” dan kalimat pernyataan, “Ini aneh”  keduanya tak memiliki perbedaan dalam tata bahasa dan pelafalan.

  1. Tuyuca

60a2502a95c82

Bahasa Tuyuca adalah bahasa masyarakat Amazonas di Brazil. Pada tahun 2009 The Economist pernah menyebut Tuyuca sebagai bahasa paling sulit yang pernah ada di seluruh dunia.

Salah satu alasannya adalah, ada beberapa kosataka yang jika dijabarkan dalam bahasa lain bisa merunut ke dalam satu kalimat panjang.

  1. Rotokas

letters words text motivation wallpaper preview

Rotokas bukanlah bahasa paling susah untuk dimengerti sebenarnya. Mengingat ia hanya menggunakan beberapa abjad saja, yaitu AEGIKOPRSTUV.

Abjad-abjad tersebut dipakai dalam seluruh diksi yang ada pada Rotokas. Beberapa ahli bahasa menyebut, ketika kita mempelajari Rotokas kita seperti tengah bermain olah abjad scrabble.

  1. Silbo Gomero

2021 05 19 17 60a4ddc7d541df67ed32b282

Silbo gomera sudah digunakan sejak abad ke-15 di La Gomera, Kepulauan Kanari. Bahasa ini dikenal juga dengan istilah el silbo yang berarti siulan.

Jika berbicara soal bahasa paling aneh, bisa jadi Silbo Gomero menduduki tiga peringkat paling atas. Hal ini lantaran bahasa percakapan ini menggunakan metode siulan yang dilengkapi dengan empat konsonan saja.

Bahasa siulan memang yang digunakan di kepulauan tersebut. Mengingat antar daerah dipisah oleh jurang juga lembah.

Siulan el silbo bisa menjangkau jarak hingga 5 km jauhnya. Umumnya, bahasa singkat el silbo berisi pesan singkat soal undangan atau informasi-informasi umum

Oleh Unesco, Silbo Gomero ditetapkan sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia pada tahun 2009.

  1. Archi

59d9198185600a7f276eb390

Archi adalah bahasa komunikasi masyarakat Dagestan, Rusia. Archi dimasukkan ke dalam golongan bahasa unik karena memiliki banyak fonem dan beberapa konsonan yang kontras satu sama lain.

Secara sistematis, Archi memiliki 1.502.839 kemungkinan bentuk atau perubahan akhiran yang dapat diturunkan dari satu saja kata kerja

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.