Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

Ini Dia Waktu Yang Paling Efisien untuk Belajar !

bagaimana mengatur waktu1 1024x512 1

Madingmu.com –  Bukan hanya sekolah yang memiliki aturan waktu masuk dan waktu pulang ,otak kita juga memiliki aturan waktu untuk menerima dan mengeluarkan informasi yang seharusnya kita ikuti. Meski tak jarang kita menggunakan waktu sealakadarnya apalagi untuk hal-hal yang kurang di minati, namun jika hari ini kamu tau tentang aturan itu pasti kamu akan mencoba mengikuti dan membuktikan apakah cara ini benar-benar efisien untuk mengatur waktu belajarmu? Yuk simak pembagian waktu yang baik untuk belajar di kala otakmu mudah mencerna.

  1. Pukul 7-9 Pagi

Fokus memperhatikan pelajaran. Waktu ini baik digunakan untuk membangun mood dan semangat dengan memberi senyum dan menyapa orang sekitar sebelum menuju waktu siang. Jika kamu sedang sekolah maka waktu ini harus dimanfaatkan untuk benar-benar memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru, di waktu ini juga jika kamu dapat mencerna mata pelajaran yang di sampaikan maka kamu akan berfikir lebih kritis dari biasanya dan akan memberikan respon yang baik kepada gurumu.Karena saat itu hormon oksi tosim berada di tingkat tertinggi sehingga pikiran akan segardan membuat mood kamu menjadi lebih baik

  1. Pukul 9-11 Pagi

Memikirkan ide kreatif. Di waktu ini, hirmon stres keluar dari dalam tubuh kita yang akan membuat diri kita lebih fokus dan dapat berfikir dengan kreatif.  Jadi, di waktu ini sangat efektif untuk mencari ide dan inspirasi ketika kamu perlu menyelesaikan tugas dengan ide kreatif.

  1. Pukul 11-2 Siang

Mempelajari materi baru. Pada waktu ini mungkin tantangan nya akan terasa lebih mengantuk di banding waktu sebelumnya karena di jam siang ini biasanya digunakan untuk istirahat yaitu tidur siang. Padahal di waktu ini kamu dapat melakukan hal berat dan menantang misalnya mengerjakan soal yang sulit atau mempelajari suatu materi baru.

  1. Pukul 2-3 Siang

Latihan soal yang ringan atau istirahat. Berbeda dengan biasanya ternyata di waktu ini digunakan untuk istirahat atau otak kita tidak dipaksa berfikir hal-hal yang berat justru dianjurkan mengerjakan hal-hal yang mudah dan ringan karena asupan oksigen yang pindah ke otak akan kurang jika tidak dapat beristirahat di waktu ini maka kerjakanlah hal-hal yang mudah.

  1. Pukul 3-6 Sore

Belajar kelompok. Kegiatan sore alangkah baiknya digunakan untuk berkumpul bersama teman, kamu dapat melakukan kerja kelompok atau mengerjakan tugas bersama karena di waktu ini otak sedang lelah jadi usahakan untuk berkolaborasi agar dapat meringankan beban otak.

  1. Pukul 6-8 Malam

Mengerjakan tugas atau mengulang pelajaran. Waktunya untuk mengecek kembali atau menyelesaikan tugas yang telah kamu kerjakan sebelumnya.

  1. Pukul 8-10 Malam

Santai. Ini dia waktu yang paling di tunggu-tunggu yakni waktunya santai kamu bisa mengisi luang waktu ini dengan membaca buku, menonton film, mandi dan kamu akan merasa mengantuk karena hormon melatonim yang meningkat.

  1. Pukul 10 Malam keatas

Tidur. Setelah lelahnya kamu menggunakan waktu produktif kamu akan terasa tenang karna kamu dapat menyelesaikannya dengan sangat baik.

Wah, ternyata ada waktu-waktu tertentu yang dapat membantu otak kita tidak mudah lelah. Dan nyatanya tidak sembarang waktu dapat digunakan untuk belajar. Itu dia waktu yang paling efisien untuk digunakan secara konsisten agar lebih produktif dan teratur.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.