Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

Ini Dia Profil 5 Universitas Top Korea Selatan di University War, Apa Benar ‘Rumah’ Para Jenius?

koreaguide1

Madingmu.com – Nama University War tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Reality show besutan layanan streaming Coupang Play ini menampilkan mahasiswa dari universitas top Korea Selatan.

Dalam acara ini, tim perwakilan dari setiap universitas bersaing untuk menentukan kampus mana yang tercerdas. Acara ini diramaikan dengan beragam permainan asah otak yang erat dengan logika matematika.

Kelima universitas ini merupakan universitas terbaik di negaranya. Bahkan, mereka secara konsisten berada di posisi tertinggi rangking universitas terbaik dunia. Cek Profilnya dibawah ini :

Profil Universitas Top Peserta University War

  1. Seoul National University (SNU)

Seoul National University (SNU) merupakan universitas terbaik di Korea Selatan. Berdiri sejak tahun 1946, universitas ini juga meraih ranking ke 41 di dunia dalam QS World University Ranking 2024.

Menurut laman Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar RI di Seoul, hanya 2,5% peserta yang berhasil diterima di SNU dari total pendaftar. Persaingan ketat!

Laman resmi SNU juga mengatakan jika SNU dikenal sebagai tempat belajarnya para pemimpin. Pada tahun 2017, satu dari empat CEO dari Top 100 perusahaan Korea dan 72% hakim di Mahkamah Agung adalah alumni dari SNU.

Lulusan SNU termasuk mantan Sekretaris Jenderal United Nations (UN) Ban Ki-Moon dan mantan Direktur World Health Organization (WHO) LEE Jong-wook. Bahkan Presiden ke-14 Korea Selatan Kim Young-Sam juga belajar di SNU.

Bersanding dengan SNU adalah Korea University (KU) dan Yonsei University. Ketiga universitas ini sering disingkat dengan sebutan Universitas SKY, yakni universitas terbaik dan paling selektif di Korea Selatan.

  1. Yonsei University

Yonsei University kerap kali menjadi ikon pendidikan dan pertukaran mahasiswa internasional di Asia. Sejak berdiri pada tahun 1885, Yonsei University telah bekerja sama dengan 77 negara di dunia.

Yonsei University berada di posisi 76 dalam QS World University Ranking 2024, bersaing sengit dengan kembarannya di SKY, Korea University.

Universitas ini tempat belajarnya para artis Korea Selatan. Pendiri JYP Entertainment J.Y. Park, sutradara film Parasite Bong Joon-Ho, dan artis Knowing Bros Seo Jang-Hoon merupakan alumnus Yonsei.

  1. Korea University (KU)

Berdiri pada tahun 1905, Korea University (KU) senantiasa bersaing dengan SNU dan Yonsei University. Universitas dengan maskot singa ini dikenal dengan Fakultas Hukum terfavorit di Korea Selatan.

KU berada di posisi 79 pada QS World University Ranking 2024 dan merupakan tempat belajar orang-orang berpengaruh di Korea Selatan. Alumnus KU termasuk Presiden ke-10 Korea Selatan Lee Myung-bak, atlet figure skater Kim Yu-Na, dan penyanyi Kim Yoo-jin atau Eugene.

  1. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Meski terhitung muda dibandingkan universitas yang lainnya di University War, KAIST dikenal sebagai gudangnya mahasiswa jenius. Hal ini lantaran beragam inovasi hingga peneliti ternama berkumpul di KAIST.

KAIST unggul dalam bidang fisika, matematika, teknik, bahkan ilmu sosial, bisnis dan manajemen. Universitas di Daejeon ini juga terbuka bagi mahasiswa internasional. Hampir 80% kelas yang diajarkan KAIST menggunakan bahasa Inggris.

Lulusan ternama KAIST termasuk Presiden Samsung Electronics Park Hark-Kyu, Astronot Korea Selatan Yi So-Yeon, hingga peneliti di Harvard University Kwang-Soo Kim.

  1. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

Pohang University of Science and Technology (POSTECH) merupakan rumah bagi Laboratorium Akselerator Pohang dan lebih dari 73 pusat penelitian. Universitas kini juga merupakan rumah bagi satu-satunya fasilitas radiasi sinkrotron di Korea Selatan.

Dilengkapi dengan fasilitas canggih, tak heran jika alumnus POSTECH melanjutkan berkarya di bidang sains. Beberapa alumnus POSCTECH yang kini menjadi ilmuwan yakni Kimiawan Young-Tae Chang, Matematikawan Hyung Ju Hwang, dan Profesor Himchan Ho.

Itu dia profil lima universitas top Korea Selatan peserta University War. Tertarik berkuliah dengan para jenius?

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.