Senin , 15 Juli 2024
HeadlineSerba SerbiTerpopuler

Bikin Bangga! Gitabumi Shine Voice Sabet Medali Emas di World Choir Games 2023 Korea Selatan

GITA
Selebrasi Gita Bumi Shine Harmony Choir saat menjuarai ajang World Choir Games 2023 di Korea Selatan

madingmu.com – Salah satu prestasi gemilang datang dari anak bangsa, anggota kelompok paduan suara asal Indonesia, Gitabumi Shine Voices. Grup ini berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi World Choir Games 2023 di Korea Selatan.

Gitabumi Shine Voices berhasil meraih juara pertama pada kategori Pop Choir dengan nilai 94,75. Berkat prestasi ini, Gitabumi Shine Voices membawa pulang medali emas.

Perlu diketahui bahwa kelompok ini merupakan gabungan dari dua kelompok paduan suara terbaik Indonesia, yaitu Gitabumi Voices dan Shine Harmony Choir. Kelompok ini terdiri dari 41 anggota yang dipimpin oleh Tedy Eka. Para anggota memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, hingga universitas.

Kelompok ini telah berjuang untuk mendapatkan kejuaraan selama delapan bulan terakhir. Mereka mulai mengikuti audisi pada bulan September 2022, berlatih di dua kota, melakukan konser pra-kompetisi, dan melakukan perjalanan ke Korea Selatan pada awal Juli 2023.

Sebagai konduktor dan penata vokal, Tedy bersyukur atas pencapaian ini. Ia berharap Gitabumi Shine Voices dapat menginspirasi generasi muda Indonesia.

“Keikutsertaan di kategori Jazz merupakan proyek yang cukup ambisius. Meskipun mendapatkan lawan-lawan yang tangguh dan sangat berpengalaman, Alhamdulillah bisa dapat emas juga,” ujar Tedy dalam keterangannya, Selasa (18/7/2023).

Tentang World Choir Games 2023

World Choir Games merupakan kompetisi paduan suara bergengsi yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Interkultur Foundation. Tahun ini World Choir Games akan diselenggarakan di Gangneung, Korea Selatan, 3-13 Juli 2023.

Para peserta World Choir Games berasal dari berbagai negara, antara lain Tiongkok, Korea Selatan, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Thailand, Australia, Denmark, dan Indonesia.

Keunikan dari kompetisi internasional ini adalah tidak memandang negara asal, ras, hingga genre musik yang dibawakan oleh para peserta. Motto dari World Choir Games adalah “Bernyanyi bersama menyatukan bangsa-bangsa.”

Prestasi Gitabumi Voices dan Shine Harmony Choir

Gitabumi Voices merupakan kelompok yang dipimpin oleh Tedy Eka Supriyadi dari Jakarta. Sebelumnya, Gitabumi Voices telah menorehkan beberapa prestasi, yaitu juara Grand Prox of Nation untuk kategori Pop, Jazz, dan Show Choir di Gothenburg, Swedia, pada tahun 2019.

Sementara itu, Shine Harmony Choir yang dipimpin oleh Bayu Azhairudin berasal dari Surabaya. Kelompok ini telah memenangkan berbagai kompetisi regional, nasional, dan internasional.

Perpaduan keahlian dan dedikasi para anggota kedua kelompok paduan suara ini berhasil membawa Gitabumi Shine Voices menjadi kelompok yang mencuri perhatian para juri di World Choir Games dan dunia.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.