Jumat , 24 Mei 2024
Serba SerbiEditor's PickHeadlineTerpopuler

Ini Dia Hewan dengan Umur Terpendek di Dunia, Enggak Sampai 5 Menit

capung
Sumber:google/indo1

Madingmu.com – Umur penyu bisa mencapai 100 tahun. Namun, spesies ini memiliki umur yang sangat singkat. Hewan apa yang memiliki umur terpendek di Bumi?

Lalat air sekarang dianggap oleh para ahli sebagai hewan dengan umur terpendek. Serangga air ini dapat bertahan hidup di bawah air hingga dua tahun setelah keluar dari telurnya sebagai nimfa. Untuk bertahan hidup, mereka kemudian memperoleh sayap.

Banyak capung yang hanya bertahan hidup selama beberapa jam atau bahkan lima menit dalam kondisi tidak bersayap. Mayoritas capung tidak memiliki mulut dan sistem pencernaan yang berfungsi, menurut profesor biologi dan ahli capung dari Indiana University-Purdue University Columbus, Luke Jacobus.

Live Science mengutip Jacobus yang mengatakan, “Dengan tidak adanya sistem pencernaan yang besar, betina memiliki lebih banyak ruang untuk telur di dalam tubuhnya.”

Baca Juga: 9 Hewan Purba Paling Mengerikan

“Saya telah menyaksikan seseorang yang memiliki telur bahkan di dalam pikirannya. Mereka dapat memanfaatkan masa dewasa mereka yang singkat dengan baik karena mereka dapat bertelur lebih dari 10.000 telur per betina.

Lalat mayat, seperti spesies lalat mayat lain yang tumbuh cepat dan cepat mati, banyak dimangsa dan harus menghasilkan banyak anak untuk hidup sampai dewasa.

Spesies capung dengan umur terpendek

Menurut Portal Keanekaragaman Hayati Sumber Daya Alam Georgia, capung penggali pasir Amerika (Dolania americana) memiliki masa hidup dewasa terpendek di antara spesies capung lainnya.

Setelah menjadi dewasa, capung jantan dapat bertahan hidup kurang dari satu jam, sementara betina hanya memiliki waktu lima menit untuk bertelur sebelum akhirnya mati.

 

Follow Juga : Instagram madingmu

 

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6936087/ini-hewan-dengan-umur-terpendek-di-dunia-enggak-sampai-5-menit?mtype=mpc.w.A-boxccxmpcxmp-modelA

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.