Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Ini Dia 9 Manfaat Minyak Ikan Serta Efek Samping Saat  Mengonsumsinya

008121900 1555566902 iStock 942696360

Madingmu.com – Minyak ikan kini telah menjadi perbincangan hangat dalam dunia kesehatan, dan menjadi salah satu suplemen populer di pasaran saat ini.

Tidak hanya dikenal karena kaya akan asam lemak Omega-3 yang esensial bagi kesehatan jantung, tetapi juga diakui karena berbagai manfaatnya yang luas, mulai dari mendukung fungsi otak hingga menjaga kulit tetap sehat.

Sebagai sumber nutrisi yang berlimpah, minyak ikan telah menarik minat banyak orang yang ingin meningkatkan kualitas hidup mereka dan mengurangi risiko dari berbagai penyakit kronis.

Yuk kita jelajahi secara mendalam manfaat-minfaat yang ditawarkan oleh minyak ikan, serta potensi efek samping yang perlu diperhatikan.

Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Dilansir dari laman Health, penelitian telah menemukan bahwa Omega-3 dalam minyak ikan memiliki beberapa manfaat, sebagai berikut ini:

  1. Manfaat Bagi Penderita Arthritis

Minyak ikan telah terbukti dalam membantu meredakan gejala arthritis, baik osteoarthritis (OA) maupun rheumatoid arthritis (RA). OA, yang ditandai dengan kerusakan tulang rawan di sendi, dan RA, penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan sendi, dapat dikelola dengan konsumsi minyak ikan.

Studi menunjukkan bahwa minyak ikan dapat mengurangi rasa sakit kronis dan meningkatkan kesejahteraan pada orang dengan OA, sementara beberapa bukti juga menunjukkan efektivitasnya dalam mengurangi peradangan pada orang dengan RA.

  1. Dukungan Bagi Orang Dengan Gangguan Spektrum Autisme (ASD)

Gangguan spektrum autisme (ASD) mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang, termasuk komunikasi dan interaksi sosial. Meskipun minyak ikan tidak secara langsung mempengaruhi gejala ASD, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan dapat meningkatkan perhatian dan memori kerja pada orang dewasa dengan ASD.

Selain itu, studi pada anak-anak dengan ASD menunjukkan peningkatan perilaku dan komunikasi sosial setelah mengonsumsi kapsul Omega-3 secara teratur.

  1. Perlindungan Untuk Kesehatan Mata

Tingkat yang cukup dari asam lemak Omega-3 dalam minyak ikan terkait dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa di atas 60 tahun.

AMD dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sentral, yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melihat detail lurus ke depan.

  1. Pengaruh Terhadap Tekanan Darah

Konsumsi minyak ikan dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke.

Sebuah ulasan menyatakan bahwa asupan optimal asam lemak Omega-3, seperti DHA dan EPA yang terkandung dalam minyak ikan, dapat membantu mengurangi tekanan darah secara signifikan.

  1. Perlindungan untuk Kesehatan Tulang dan Otot

Konsumsi minyak ikan terkait dengan perlambatan penurunan kepadatan tulang dan massa otot yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Ini membantu mengurangi risiko patah tulang dan kehilangan mobilitas pada orang dewasa, serta melindungi dari penyakit seperti osteoporosis.

  1. Pengurangan Peradangan

Asam lemak Omega-3 dalam minyak ikan memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan jangka panjang dalam tubuh. Mengurangi peradangan berkontribusi pada mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

  1. Potensi Manfaat untuk Penyakit Hati Berlemak Nonalkohol (NAFLD)

Orang dengan NAFLD, kondisi di mana lemak menumpuk di hati dan menyebabkan kerusakan, mungkin mendapat manfaat dari konsumsi minyak ikan.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu memperbaiki kerusakan hati yang terkait dengan NAFLD.

  1. Dukungan untuk Kesehatan Mental

Kekurangan Omega-3 dalam darah dapat meningkatkan risiko kecemasan dan depresi. Minyak ikan dapat menjadi suplemen yang bermanfaat dalam mengurangi gejala-gejala ini dan mendukung terapi tradisional untuk kondisi-kondisi kesehatan mental.

Omega-3 dapat mengurangi peradangan di otak yang sering kali menjadi penyebab kecemasan dan depresi.

  1. Dukungan untuk Kesehatan Otak

Omega-3 dalam minyak ikan telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

Ini berperan penting dalam menjaga struktur dan fungsi sel-sel otak, serta dapat membantu mencegah gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Efek Samping Mengonsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan, meskipun memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan, akan tetapi memiliki kemungkinan efek samping yang perlu diperhatikan. Berikut ini merupakan beberapa efek samping saat mengonsumsi minyak ikan:

  • Rasa tidak enak di mulut.
  • Bau mulut.
  • Luka yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menghentikan pendarahan dari biasanya.
  • Sakit kepala.
  • Gejala pencernaan ringan (misalnya, bersendawa, diare, atau mulas).
  • Mual.
  • Berkeringat dengan bau.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.