Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

Ingin Masuk PTN dengan Jalur Rapor? Berikut Ketentuan di 7 Kampus Negeri

Syarat Kuliah di Luar Negeri

Madingmu.com –  Selain jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka penerimaan mahasiswa baru dengan berdasarkan nilai rapor melalui jalur lainnya. Dilansir dari laman masing-masing kampus, berikut ini seleksi masuk perguruan tinggi jalur rapor yang dibuka di 7 PTN :

  1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad membuka jalur rapor melalui Jalur Prestasi Unpad. Jalur Prestasi Unpad ini mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang didapat siswa. Kriteria kelulusan sendiri berdasarkan nilai gabungan dari peringkat prestasi tertinggi di level nasional atau internasional dari semua portofolio serta nilai akademik sesuai kuota.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka seleksi Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) khusus untuk siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi, tetapi berasal dari keluarga kurang mampu.

Seleksi ini mensyaratkan nilai rapor semua mata pelajaran semester 1 sampai 5 di atas KKM. Selain itu, siswa juga mendapat rekomendasi dari sekolah dan merupakan 25 persen siswa terbaik di kelasnya. Selain PBUTM, UGM juga masih membuka seleksi melalui jalur rapor bertajuk Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB).

Jalur seleksi ini dikhususkan untuk siswa pemenang lomba di bidang olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), baik tingkat provinsi, nasional, atau internasional. Siswa juga harus melampirkan rapor dari semester 1 sampai 5 dengan nilai di atas KKM untuk semua mata pelajaran.

  1. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Jalur PSSD Unggulan Unnes menjadi jalur seleksi khusus bagi yang berminat menempuh program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jalur PGSD Unnes terbuka bagi siswa lulusan tahun 2023. Seleksi berdasarkan nilai rapor semester 1-5 untuk mata pelajaran bahasa Inggris, IPA, IPS, matematika, PKn, dan bahasa Indonesia dengan nilai minimal 8. Siswa juga akan mengikuti ujian tulis dalam bahasa Inggris dan tes potensi akademik serta wawancara.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY memiliki SM (Seleksi Mandiri) Prestasi yang juga jalur rapor 2023 untuk kuliah jenjang D4 dan S1.

Persyaratannya untuk mendaftar jalur ini adalah, peserta lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat dan lulusan Paket C Tahun 2021, 2022, atau 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

  1. Universitas Diponegoro (Undip)

Jalur SBUB Undip adalah seleksi mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Jalur seleksi ini terbuka untuk lulusan tiga tahun terakhir, yaitu lulusan 2021, 2022, dan 2023 dari SMA/MA/SMK/MAK. Peserta yang mengikuti seleksi masuk Undip ini wajib memiliki nilai rata-rata rapor per semester sebesar 70 dari skala 100.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS Surabaya membuka seleksi masuk menggunakan rapor. Kamu bisa memanfaatkan jalur Mandiri Prestasi. Seleksi ini menggunakan nilai rapor, yang juga didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik. Peserta dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi. Jalur seleksi ini dibuka untuk semua program studi sarjana dan hanya menerima siswa dari jurusan eksakta (IPA). Namun, program studi Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan , menerima siswa dari jurusan non-eksakta (IPS). Biaya pendaftaran jalur rapor ini sebesar Rp 250.000.

Jika ingin mencoba jalur ini, calon mahasiswa perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

  • Nilai rapor semester 1 hingga 6
  • untuk Seleksi Mandiri Jalur Prestasi, cukup sampai semester 5 jika belum ada nilai rapor semester 6.
  • Nilai rapor adalah nilai pengetahuan. Kecuali mata pelajaran produktif pada SMK diisi nilai keterampilan.
  • Nilai matematika yang dipakai adalah matematika peminatan bagi pendaftar dari jurusan IPA dan matematika umum bagi pendaftar dari jurusan selain IPA.
  • Bukti Prestasi (bisa berupa sertifikat, piagam, atau surat rekomendasi sekolah)
  1. Universitas Brawijaya (UB)

Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non-akademik sesuai ketentuan.

Mengacu pada Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) 2023 yang terdiri dari beberapa jalur, termasuk SMUB Jalur Rapor.

Berikut ini persyaratan SMUB Jalur Rapor 2023 yang bisa menjadi acuan calon mahasiswa untuk mendaftar di tahun 2024:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, 2021 dari sekolah terakreditasi yang sudah memiliki ijazah.
  • Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022 dari sekolah terakreditasi WAJIB memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Surat Keterangan Kelas XII yang ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto). Adapun ukuran foto pada surat keterangan menyesuaikan format masing-masing sekolah. Lulusan Tahun 2022 yang nantinya dinyatakan diterima WAJIB mengunggah dokumen kelulusan (SKL/Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya.
  • Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri WAJIB memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemendikbud Ristek.
  • Memiliki NISN yang terdaftar NPSN.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Berikut ketentuan pengisian data nilai rapor pada bagian pengetahuan adalah sebagai berikut :

  1. Nilai mata pelajaran Matematika (Wajib), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (Wajib) dan rata-rata nilai mata pelajaran peminatan/jurusan/kompetensi. Matematika Minat tidak masuk dalam Perhitungan rata-rata.
  2. Nilai yang diisikan adalah nilai pada tiga semester dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Kelas reguler mengunggah berkas rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 (Diurutkan semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.
  • Kelas akselerasi 2 Tahun (4 Semester) mengunggah berkas rapor kelas X semester 1 dan 2, kelas XI semester 1 (semester 1, 2 dan 3) jika punya nilai 6 semester ketentuan sama dengan reguler yang telah dilegalisir sekolah.
  • Kelas akselerasi 6 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 3 dan kelas XI semester 1 dan 2 (semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.

Lalu peserta mengunggah bukti kelulusan berupa Ijazah atau SKL atau Surat Keterangan Kelas XII, Wajib memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 dan punya Sertifikat/piagam penghargaan prestasi bidang akademik bersifat opsional (tidak wajib). Wajib mengunggah Portofolio bagi yang memilih program studi Bidang Seni & Olahraga.

Itulah merupakan seleksi masuk perguruan tinggi jalur rapor yang bisa dicoba oleh para calon mahasiswa. Kamu bisa mengecek secara langsung di masing-masing laman kampus incaranmu untuk mengetahui jalur masuk apa saja yang dibuka pada tahun ajaran 2024/2025 mendatang. Selamat mencoba.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.